Dosen Prodi Magister Kesehatan Masyarakat FIKes UNSOED, Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si, M.Kes., Ph.D. menjadi Invited Speaker pada 5th  International Conference Of Health Sciences (ICHS)

FIKes UNSOED sukses menyelenggarakan 5th International Conference of Health and Sciences (ICHS) “Strengthening Collaboration and Innovation for Better Health Care”. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 20-21 September 2023 di Hotel Java Heritage, Purwokerto. ICHS Ke-5 FIKes diselenggarakan secara hybrid sehingga peserta dapat hadir secara online maupun offline.

Kegiatan hari ke-1 tanggal 20 September 2023 adalah penyampaian materi oleh Keynote Speaker dan Invited Speaker serta presentasi hasil luaran penelitian oleh presentator dari dalam dan luar FIKes UNSOED baik dosen, mahasiswa, atau masyarakat umum.

Keynote Speaker dalam acara ini adalah Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. (Kementerian Kesehatan RI) dan Invited Speaker adalah Professor Rozzano Locsin (Florida Atlantic University, USA), dan Siwi Pramatama Mars Wijayanti,S.Si., M.Kes., PhD. (Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia). Acara dibuka oleh Dr. Sos Waluyo Handoko, S.IP., M.Sc. selaku Wakil Rektor 4 UNSOED, Dr.sc.hum. Budi Aji, S.K.M., M.Sc. selaku Dekan FIKes UNSOED, dan Rifqi Festiawan, S.Pd., M.Pd. selaku ketua panitia kegiatan. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Keynote Speaker dan Invited Speaker serta dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Moderator dalam sesi diskusi adalah Hikmi Muharromah Pratiwi, S.Kep.Ns dari Keperawatan FIKes UNSOED.

Siwi Pramatama Mars Wijayanti, Ph.D, yang juga merupakan dosen Magister Kesehatan Masyarakat menjadi Invited Speaker dan menyampaikan materi tentang “Strengthening Mosquito Control Initiatives Through Collaboration” atau penguatan kolaborasi untuk inisasi pengendalian nyamuk. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk merupakan ancaman global yang signifikan terhadap jutaan masyarakat dan menyebabkan angka kesakita serta kematian setiap tahunnya. Perubahan suhu dan pola curah hujan yang terkait dengan perubahan iklim dapat memperluas jangkauan geografis nyamuk dan penyakit yang ditularkannya. Hal ini dapat menyebabkan populasi yang sebelumnya tidak terkena dampak penyakit ini menjadi terpapar. Meningkatnya perjalanan dan perdagangan internasional memfasilitasi penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk ke wilayah-wilayah baru. Indonesia merupakan salah satu wilayah yang menjadi rumah bagi banyak spesies nyamuk. Maka dari itu, perlu adanya tindakan untuk mencegah penularan penyakit akibat nyamuk dengan berbagai pengendalian yaitu pengendalian biologi, kimia, manajemen lingkungan, dan genetik. Pengendalian penularan penyakit karena nyamuk ditujukan agar angka kesakitan dan kematian bisa dihindari.

Siwi Pramatama Mars Wijayanti, Ph.D, Dosen Magister Kesehatan Masyarakat menjadi Invited Speaker ICHS 5th

Setelah sesi diskusi dengan Invited Speaker, acara dilanjutkan dengan presentasi hasil luaran penelitian oleh presenter baik secara online maupun offline.

International Conference of Health Sciences (ICHS) merupakan konferensi ilmiah yang diselenggarakan oleh FIKes UNSOED setiap tahun, dengan mengangkat isu dan hasil penelitian terkini di bidang ilmu-ilmu kesehatan yang mencakup Keperawatan, Farmasi, Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, dan Pendidikan Jasmani. Tema yang diusung oleh ICHS ke-5 ini adalah “Strengthening Collaboration and Innovation for Better Health Care”. Tujuan konferensi ini sebagai katalisator antara ilmu pengetahuan dan keterampilan diantara para saintis, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan pemangku jabatan. Selain itu, dosen-dosen di Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan UNSOED rutin mendapatkan dana hibah penelitian dari berbagai sumber pendanaan. Untuk mendesiminasikan hasil-hasil luaran penelitian tersebut, konferensi ini dihadirkan sehingga para peneliti dapat berdiskusi dan mempresentasikan hasil riset terbaru mereka yang menawarkan berbagai inovasi-inovasi dan kolaborasi di bidang kesehatan. Inovasi dan kolaborasi tersebut dapat berkontribusi untuk meningkatkan dan menguatkan pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat global. Harapan selanjutnya, kegiatan ICHS ini akan tetap diselenggarakan oleh FIKes UNSOED.