Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Sukses Selenggarakan Kuliah Tamu Pemilihan Teknik Analisis Data

Kamis (12/10/2023) Prodi S2 Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman telah menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “ Pemilihan Teknik Analisis Data untuk Penelitian Kesehatan Masyarakat”. Kuliah tamu ini diselenggarakan secara online melalui media zoom meeting. Peserta berasal dari mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat dan S2 Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman. Adanya kuliah tamu ini diharapkan peserta dapat menentukan teknik analisis data yang tepat untuk digunakan dalam penelitian Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dibuka oleh Prof.Dr. Dwi Sarwani SR.,S.K.M.,M.Kes(Epid) selaku Koorprodi S2 Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman. Prof.Dwi menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang baru dan menarik serta berharap dengan adanya kuliah tamu ini dapat menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan mendiskusikan arah penelitian kedepannya.

Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Besral,SKM,MSc selaku Dosen Biostatistik FKM Universitas Indonesia. Dalam penyampaian materinya Prof. Besral menjelaskan tentang pemilihan teknil analisis data dengan data yang disensor secara mendalam. Selain itu, Prof. Besral juga menjelaskan cara pengaplikasiannya dalam contoh soal dan studi kasus.

Pada kuliah tamu kali ini dipandu oleh Leni Maryati,S.Si.T.,M.Kes. sebagai MC dan Dian Anandari, S.K.M., M.K.M. sebagai moderator. Panitia yang mengatur jalannya kegiatan ini merupakan Dosen-dosen prodi Kesehatan Masyarakat. Selain diadakan dengan media zoom meeting, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui youtube KESMAS FIKES UNSOED.