Deskripsi Umum | Visi dan Misi | Tujuan Pembelajaran | Kurikulum | Modul

Sambutan Ketua Jurusan Keperawatan

Ns. Mekar Dwi Anggraeni, S.Kep, M.Kep, PhD

Selamat datang di Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman. Saat ini Jurusan Keperawatan memiliki Program studi sarjana Keperawatan dan profesi Ners. Proses pendidikan di Jurusan ini berupaya mencetak lulusan keperawatan yang berkompeten dalam pengetahuan, keterampilan, leadership dan praktik klinik keperawatan. Dalam beberapa tahun ini, Jurusan Keperawatan menempati peringkat pertama terbaik nasional dalam Ujian Kompetensi Ners Indonesia. Tahun ini merupakan awal periode kepemimpinan saya sebagai Ketua Jurusan, bersama dengan Asep Iskandar, MKep, Sp.Kep.Kom sebagai Sekretaris Jurusan. Bersama dengan semua elemen, banyak program pengembangan yang akan Jurusan laksanakan pada tahun-tahun mendatang. Pada tahun 2019 ini, Jurusan Keperawatan membuka program Kelas Internasional dan Program magister yang menjadi jawaban atas tantangan bidang kesehatan di dunia. Saat ini Jurusan Keperawatan telah meluluskan lebih dari 1000 alumni yang telah bekerja di berbagai institusi kesehatan di Indonesia dan luar negeri dengan masa tunggu 3 bulan.

Peran semua civitas akademik termasuk mahasiswa, komitmen untuk menuju lebih baik, dan kebersamaan yang erat menjadi penentu untuk keberhasilan proses pendidikan. Silahkan meluangkan waktu untuk melihat isi website untuk mengetahui lebih dalam tentang Jurusan dan kegiatan yang telah kami lakukan, dan kami berharap anda dapat bergabung dengan Jurusan Keperawatan.

Program Studi Ilmu Keperawatan didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 598/D/T/2005 tanggal 02 Maret 2005.
Pada saat awal berdirinya Program Studi Ilmu Ilmu Keperawatan menginduk pada Fakultas Biologi dan menerima mahasiswa baru untuk pertama kali pada tahun akademik 2005/2006.

Terimakasih

Sejarah Berdirinya Program Studi Keperawatan dan Perkembangan Sampai Saat ini

Sejarah

Program Studi Ilmu Keperawatan didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 598/D/T/2005 tanggal 02 Maret 2005. Pada saat awal berdirinya Program Studi Ilmu Ilmu Keperawatan menginduk pada Fakultas Biologi dan menerima mahasiswa baru untuk pertama kali pada tahun akademik 2005/2006, yang pelaksanaan perkuliahan pada bulan September 2005 menempati gedung di karangwangkal, Program Studi Ilmu Keperawatan saat itu hanya memiliki dua ruang perkuliahan dengan kapasitas masing-masing ruang 80 mahasiswa. seiringnya perjalanan waktu Program Studi Ilmu Keperawatan sekarang sudah memiliki 4 ( empat ) ruang perkuliahan dengan luas masing-masing ruangan 90 m2.

Perkembangan Sekarang

Saat ini Program Studi Keperawatan telah menjadi Jurusan Keperawatan yang memiliki Program Studi S1 Keperawatan, Program Profesi Ners, Program Studi S1 Keperawatan Kelas Internasional. Program alih jenjang dari D3 keperawatan juga dilaksanakan dengan bekerjasama dengan BPPSDM DepKes.