FIKES UNSOED Sukses Melaksanakan Pelatihan ISO 17025, Verifikasi dan Validasi Metode Pengujian Fisik

Prof. Riyanto, Ph.D selaku narasumber bersama dengan Dekan FIKES, Kepala Laboratorium Riset Terpadu, Kepala Laboratorium FIKES dan laboran FIKES UNSOED

Pemaparan Materi ISO 17025, Verifikasi dan Validasi Metode Pengujian Fisik oleh Prof. Riyanto, Ph.D.

FIKES UNSOED sukses melaksanakan kegiatan in house training ISO 17025, Verifikasi dan Validasi Metode Pengujian Fisik pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2023 di Aula Dekanat FIKES UNSOED. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FIKES UNSOED, Dr.Sc.hum Budi Aji, S.K.M., M.Sc, Prof. Dra. Endang Srimurni Kusmintarsih, S.U., Ph.Dkepala laboratorium, dan laboran FIKES UNSOED. Narasumber kegiatan adalah Prof. Riyanto, Ph.D. yang merupakan Manajer Mutu Laboratorium Terpadu dan Dekan FMIPA Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. In House Training dibuka oleh Dr. Sc. Hum Budi Aji, S.K.M., M.Sc. dan Ketua Tim Penyelenggara In House Training yaitu Nur Ulfah, S.K.M., M.Sc. In House Training diisi dengan pemaparan materi ISO 17025, Metode, dan Validasi Pengujian Fisik oleh Prof. Riyanto, Ph.D serta sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Damairia Hayu Parmasari, S.Kp.G., M.P.H. dan Suryanto, S.K.M., M.Sc.

In House Training ISO 17025, Verifikasi dan Validasi Metode Pengujian Fisik merupakan persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi laboratorium pengujian dan kalibrasi dalam ISO 17025 adalah standar prosedur personil, prosedur kalibrasi alat, prosedur persyaratan bahan, prosedur persyaratan sumberdaya, program pelatihan, dan proses requirement. Selain itu, dalam verifikasi dan validasi metode pengujian fisik dibahas tentang prosedur meninjau permintaan tender dan kontrak, metode baku, metode non baku, validasi metode uji, verifikasi metode uji, dan evaluasi ketidakpastian. Kedua topik in house training tersebut merupakan persyaratan dari laboratorium yang akan berproses menuju akreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) nantinya. FIKES UNSOED berkomitmen untuk berproses agar laboratorium FIKES kedepan bisa terakreditasi KAN sehingga menjadi laboratorium yang berkualitas unggul dalam memberikan pelayanan bagi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholder (mitra) di luar UNSOED. Kualitas unggul laboratorium diwujudkan dalam analisis hasil pengukuran uji bahan, alat, lingkungan, kimia yang valid dan reliabel. Validitas dan reliabilitas hasil pengukuran ini dapat diwujudkan dengan langkah awal melakukan akreditasi pada laboratorium. Jaya selalu FIKES UNSOED, Merdeka, Maju, Mendunia!!