Jurusan Kesmas Unsoed Selenggarakan Workshop Visi Misi Tujuan dan Sasaran

Dalam rangka mendukung kurikulum dan mutu tridharma perguruan tinggi, Jurusan Kesmas berupaya untuk menetapkan visi, misi dan tujuan yang jelas, serta sasaran yang terukur. Oleh karena itu, Jurusan Kesmas menyelenggarakan kegiatan Workshop Visi Misi Tujuan dan Sasaran (VMTS) yang bertujuan untuk merumuskan dan menetapkan VMTS untuk tahun 2023-2026.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 26 Juli 2023 di Aula Dekanat Fikes yang dimulai Pukul 09.00, dan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed, Dr.Sc.hum Budi Aji, SKM., MSc. Acara ini dihadiri oleh para pimpinan, dosen, dan mahasiswa Jurusan Kesmas, serta pemangku kepentingan dan pihak di luar Prodi, antara lain alumni, pengguna lulusan, organisasi profesi IAKMI dan PERSAKMI, AIPTKMI, Dinkes Kabupaten Banyumas dan Bappeda Kabupaten Banyumas.

Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti telah ditetapkannya visi, misi, tujuan dan sasaran FIKes Tahun 2023-2026. Jurusan Kesmas yang terdiri dari Prodi S1 Kesmas dan Prodi S2 Kesmas, telah merumuskan VMTS Tahun 2023-2026, yang mendasarkan pada VMTS fakultas. Dekan Fikes dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini penting dilakukan agar fakultas dan jurusan mempunyai VMTS yang berkesesuaian sehingga dapat mencapai impian bersama.

Dokumen VMTS Prodi S1 yang telah dirumuskan dipaparkan oleh Ketua Jurusan Kesmas, Suratman, SKM., M.Kes., Ph.D, sementara untuk rumusan VMTS Prodi S2 Kesmas dipresentasikan oleh Kaprodi S2, Prof. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM., M.Kes (Epid). Pembicara yang diundang pada kegiatan tersebut yakni Dr. Setya Haksama, drg., M.Kes dari Universitas Airlangga, memaparkan langkah-langkah dan strategi perumusan VMTS serta memberikan masukan dan mengkritisi pada dokumen VMTS yang telah disusun oleh Prodi S1 dan S2 Kesmas.

Diskusi berlangsung lancar yang berisi masukan-masukan dari para undangan yang hadir pada acara tersebut. Masukan dan saran terkait VMTS yang telah disusun sangat bermanfaat bagi perbaikan dokumen dan telah sebelum nantinya akan ditetapkan. VMTS yang jelas dan terarah diharapkan dapat memberikan arah langkah Jurusan Kesmas dalam menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ke depannya. *