FIKES UNSOED dan Forum Dosen K3 Jateng DIY Selenggarakan “Kuliah Umum Produk Paten dan K3 Pariwisata”

FIKES UNSOED dan Forum Dosen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (FDK3) Jateng-DIY menyelenggarakan kegiatan “Kuliah Umum Produk Paten dan K3 Pariwisata” pada tanggal 8 Agustus 2023 di Aula Dekanat FIKES UNSOED. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen K3 dan Mahasiswa K3 se-Jateng DIY. Kegiatan dibuka dan disambut oleh Dekan FIKES UNSOED, Dr. Sc.hum Budi Aji, S.K.M., M.Sc dan Dr. Evi Widowati, S.K.M., M.Kes selaku Ketua Forum Dosen K3 Jateng DIY . Selain itu, hadir sebagai Narasumber Kuliah Umum Produk Paten yaitu Prof. Dr. Eng.Ir. Retno Supriyanti, S.T.M.T. dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNSOED, Narasumber Pengelolaan Jurnal yaitu Dr. Evi Widowati, S.K.M., M.Kes. dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Narasumber K3 Pariwisata yaitu Dr. Yuliani Setyaningsih, S.K.M., M.Sc. dari Universitas Diponegoro (UNDIP). Acara juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang I, II, dan III FIKES UNSOED.

Kuliah umum membahas tentang tips untuk menghasilkan produk paten seperti produk yang harus memiliki nilai baru, dapat diterapkan di industri, mengandung langkah inventif, jelas (dapat dilaksanakan oleh orang yang ahli dalam bidangnya), dan satu kesatuan invensi. Produk paten merupakan bukti atau wujud nyata output dari kegiatan penelitian dosen yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh industri dan masyarakat karena memiliki manfaat praktis dalam kehidupan.  

Selain itu dalam Kuliah Umum juga dibahas tentang penerapan K3 pariwisata dan tata kelola jurnal bagi karir dosen.  Penerapan K3 di industri pariwisata akan sangat membantu meningkatkan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya. Bukan hanya setiap karyawan atau pelaku pariwisata. Melainkan juga wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata. Terkait dengan keterlibatan dosen dalam tata kelola jurnal dapat menunjang keilmuan dosen dalam penyusunan proposal dan pelaksanaan penelitian.

Kegiatan Kuliah Umum dan Pertemuan Forum Dosen K3 Jateng DIY merupakan pertemuan rutin yang dilakukan di Universitas Jateng DIY setiap setahun sekali. Kegiatan ini diharapkan terus berjalan kontinu agar menambah keilmuan dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bermanfaat bagi Masyarakat. Sukses dan Jaya untuk Forum Dosen K3 Jateng DIY!