Dukung Program MBKM, HEDU FIKES UNSOED Adakan Sosialisasi MBKM

Dalam meningkatkan pemahaman dosen terkait Program MBKM, Health Education Development Unit (HEDU) FIKES mengadakan sosialisasi MBKM yang diselenggarakan pada Hari Senin, 20 Maret 2023 di Aula Dekanat Lantai 2 Fikes pukul 08.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Koordinator Program Studi S2, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Subbag Akademik dan Kemahasiswaan, dan Tim Pengembang Kurikulum Jurusan. Di awal acara, Dian Anandari, S.K.M., M.K.M. selaku Ketua HEDU dan perwakilan Panitia Sosialisasi MBKM menyampaikan laporan kegiatan dan urgensi dari sosialisasi tersebut kepada seluruh tamu undangan. Setelah itu, Dekan Fikes Unsoed, Dr.Sc.Hum. Budi Aji, S.K.M., M.Sc. menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber, yaitu Dr. Wisnu Widjanarko, S.Sos., M.Psi. yang menyampaikan tentang “Gambaran umum Program MBKM” dan Dr. Hendro Pramono, M.S. yang berbagi pengalaman mengenai “Best practice MBKM di Program Studi Biologi Unsoed” dengan dimoderatori oleh Heny Ekowati, S.Si., M.Sc., Apt., Ph.D. yang juga merupakan perwakilan HEDU. Dalam kegiatan tersebut, peserta banyak menyampaikan pengalaman dan dinamika yang dihadapi selama mencoba melibatkan mahasiswanya dalam kegiatan MBKM. Kedua narasumber banyak memberikan saran yang membangun bagi pelaksanaan MBKM di Fikes Unsoed.

Dari kiri ke kanan: Wakil Dekan Akademik dan Dekan Bersama 2 orang Narasumber dan Moderator Hadir dalam Kegiatan Sosialisasi MBKM

Setelah kegiatan sosialisasi MBKM, seluruh tim pengembang kurikulum diharapkan mulai bergerak untuk mengambil peran komisi MBKM sehingga dapat meningkatkan suasana akademik di Prodi-Prodi yang berada di lingkungan Fikes Unsoed. Pada dasarnya Program MBKM memberikan peluang bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), institusi pendidikan tinggi lain, serta lembaga pemerintah. Progaram MBKM juga memberikan kesempatan belajar yang lebih kaya bagi mahasiswa dengan memperoleh pembelajaran dari praktisi langsung dan merasakan perannya di dunia kerja atau pun mendapatkan bentuk pembelajaran lain yang dapat meningkatkan hard dan soft skill mereka.

Sosialisasi MBKM Fikes Unsoed 20 Maret 2023

Oleh : Dian Anandari