Dorong Kualitas Penelitian Dosen, Fikes Adakan Workshop Hibah Penelitian Internasional dan DRTPM

Sebagai upaya mendorong para dosen mempunyai kemampuan berkompetisi dalam meraih hibah-hibah penelitian, FIkes Unsoed menyelenggarakan Workshop dan Pendampingan Hibah Pendanaan Internasional dan DRTPM (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) pada  Rabu, 29 Maret 2023 di Aula Dekanat FIKes

Materi pertama yang dipaparkan dalam workshop ini yakni tips mendapatkan hibah pendanaan penelitian berskala internasional yang disampaikan oleh Dr.sc.hum. Budi Aji, S.KM. M.Sc. Disampaikan dalam paparannya, bahwa ada banyak peluang hibah-hibah Internasional misalnya dari WHO, UNICEF, Medical Research Council-UK ataupun lembaga-lembaga seperti the Royal Society of Tropical Medicine and Hygiene yang sangat berpeluang untuk didapatkan para dosen Unsoed.

Menurut beliau, ada beberapa kelebihan dari hibah pendanaan Internasional misalnya proposal yang disyaratkan biasanya singkat dan pelaporan administrasi keuangan yang lebih sederhana. Dengan memperoleh hibah internasional juga akan meningkatkan kepercayaan diri dan rekognisi peneliti di kancah internasional.

Selanjutnya, materi disampaikan oleh Prof. Dr.-Ing. R. Wahyu Widanarto, S.Si., M.Si dengan topik sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DRTPM 2023. Berbagai skema penelitian dan pengabdian dengan sejumlah pendanaan dapat diajukan oleh para dosen, sesuai dengan minatnya masing-masing.

Narasumber ketiga yakni Prof. Dr.Eng.Ir. Retno Supriyanti juga turut membagikan tips dan kiat-kiat bagi para dosen agar proposal lolos hibah pendanaan. Beliau merupakan reviewer hibah Dikti, LPDP dan beberapa sumber hibah lainnya, sehingga sangat tepat untuk memberikan kiat-kiat dalam menulis proposal penelitian yang dapat didanai.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan suntikan semangat bagi segenap dosen. Dengan begitu, dosen lebih terampil dalam menyusun proposal penelitian yang berkualitas sehingga mampu mendapatkan hibah pendanaan baik nasional maupun tingkat internasional.