Jurusan Ilmu Gizi FIKes UNSOED Selenggarakan Rangkaian Kegiatan Peringati Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional merupakan kegiatan sosial berupa edukasi gizi dan pengabdian masyarakat terhadap masyarakat umum. Kegiatan ini diadakan oleh HIMAGI FIKES Unsoed dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-63 dengan tema “Penuhi Gizi Seimbang Dengan Protein Hewani Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Untuk Generasi Sehat”. Rangkaian acara dimulai dengan mengikuti campaign yang akan dilaksanakan melalui media sosial instagram sebagai syarat untuk mengikuti acara berikutnya, yaitu Webinar Nasional. Minggu berikutnya dilaksanakan kegiatan donor darah, konsultasi gizi, dan rangkaian acara ditutup dengan kegiatan senam dan games yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa Ilmu Gizi Fikes Unsoed.

Webinar Gizi Nasional

Webinar merupakan rangkaian acara pertama pada kegiatan peringatan Hari Gizi Nasional ke-63 tahun 2023 yang diadakan oleh jurusan Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman pada hari Sabtu, 11 Februari 2023. Kegiatan ini mengangkat topik utama mengenai pencegahan stunting melalui protein hewani. Webinar diusung dengan konsep seminar dan menghadirkan tiga pembicara berkompeten dengan latar belakang gizi. Webinar diawali dengan penyampaian materi tentang “Isi Piringku Kaya Protein Hewani pada Ibu Hamil dalam Upaya Pencegahan Stunting” oleh Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, Ms selaku ketua AIPGI. Selanjutnya, penyampaian materi dilanjutkan oleh Ibu Hesti Permata Sari, S.Gz., M.Gizi selaku Dosen Ilmu Gizi Unsoed mengenai “Isi Piringku Kaya Protein Hewani pada Ibu Menyusui dalam Upaya Pencegahan Stunting”. Kemudian, sesi webinar di akhiri dengan penyampaian materi “Isi Piringku Kaya Protein Hewani pada Balita dalam Upaya Pencegahan Stunting” oleh Ibu Erna Kusumawati,  S.KM, M.Si selaku Dosen Ilmu Gizi Unsoed.

Donor Darah

Rangkaian acara yang kedua yaitu Kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-63 memiliki tema “Sumbang Darah Sumbang Generasi Sehat” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Februari 2023 di Pendopo PKM Unsoed. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan bekerja sama dengan pihak PMI Kabupaten Banyumas. Rangkaian acara yang ketiga yaitu Kegiatan konsultasi gizi dengan konsultan yang berasal dari dosen dan alumni Jurusan Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Februari 2023 yang bertempat di GOR Soesilo Soedarman.  merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Gizi Nasional Ke-63 yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman dengan tema “Meraih Keluarga Sehat Bebas Stunting dengan Konsumsi Isi Piringku Kaya Protein Hewani”.

Senam Sehat dan Fun Games

 Senam sehat bersama dan fun games Gizi Unsoed yang bertemakan “Get Fit Together, Get Fun Experience” merupakan kegiatan penutup dari rangkaian acara Hari Gizi Nasional ke-63 yang diselenggarakan oleh HIMAGI Fikes Unsoed. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023 di Halaman Ilmu Gizi Unsoed yang diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2020, 2021, dan 2022 serta Dosen Ilmu Gizi Unsoed. Kegiatan senam berlangsung dengan penuh semangat dan dibersamai oleh Ibu Aning selaku instruktur senam. . Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mempererat kekeluargaan antar seluruh mahasiswa dan dosen di Ilmu Gizi Unsoed.