Informasi PKL Jurusan Kesehatan Masyarakat Tahun Ajaran 2021/2022

Senin, 25 Oktober 2021, seluruh mahasiswa angkatan 2018 Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED mengikuti pembekalan umum kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Tahun 2021/2022. Pembekalan ini diselenggarakan oleh Panitia PKL Kesmas yang telah menyusun buku panduan kegiatan PKL termasuk protokol kesehatan selama mengikuti kegiatan PKL. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan kegiatan PKL Tahun 2021/2022. Total 114 mahasiswa mengikuti kegiatan pembekalan yang diadakan menggunakan media daring Google Meet. Pemaparan terkait ketentuan umum, alur, sistematika, dan penjelasannya lainnya tentang PKL disampaikan oleh Ibu Sri Nurlaela, SKM., M.Epid selalu Ketua Panitia PKL.

Tujuan umum kegiatan PKL ini adalah agar mahasiswa mampu melaksanakan latihan kerja di institusi atau instansi tempat PKL untuk meningkatkan pengetahuan dan membentuk sikap serta keterampilan kerja. Kegiatan PKL ini dilaksanakan selama 1 – 3 bulan di instansi yang dipilih oleh mahasiswa yang sesuai dengan kajian bidang ilmunya. Terdapat beberapa ketentuan umum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa peserta PKL antara lain:

  • Telah menempuh beban studi minimal 90 SKS dengan IPK minimal 2,75; atau
  • Telah menempuh beban studi 110 SKS dengan IPK minimal 2,00; dan
  • Telah lulus mata kuliah Praktik Belajar Lapangan (PBL) I
  • PKL berlangsung 1-3bulan (khusus K3 minimal 2 bulan)
  • Pelaksaan PKL tidak menganggu perkuliahan
  • PKL berlangsung di bulan Januari – April 2022
  • Lokasi PKL boleh di puskesmas kecuali K3
  • Seminar/responsi bersifat wajib baik dilakukan di instansi magang atau di kampus
  • Wajib menerapkan protokol kesehatan terkait pandemic covid 19

Dalam menentukan topik PKL dan mengajukan usulan proposal, mahasiswa harus melaksanakan bimbingan atau konsultasi minimal 3 kali dengan Dosen Pembimbing yang telah ditunjuk oleh Panitia PKL. Mahasiswa kemudian melaksanakan kegiatan PKL setelah mendapatkan persetujuan dari instansi tempat PKL dengan mengikuti arahan dari Pembimbing Lapangan. Adapun proses penyusunan laporan PKL dilaksanakan dengan menjalani proses bimbingan bersama Pembimbing Lapangan dan kemudian dikonsultasikan juga ke Dosen Pembimbing Akademik setelah mahasiswa kembali ke kampus. Selama mengikuti kegiatan PKL, mahasiswa wajib menyusun logbook harian dan mematuhi protokol kesehatan baik saat di rumah, saat di perjalanan, saat di tempat PKL, dan setelah pulang dari tempat PKL. Proses bimbingan dengan Dosen Pembimbing dilaksanakan secara daring menggunakan media tertentu yang telah disepakati bersama.

Ketentuan lain yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Surat pengantar ijin ke lokasi PKL jadi 3 hari
  2. Pengajuan PKL 1 lokasi maksimal 2 orang  untuk 1 bidang
  3. Mahasiswa hanya boleh mengajukan 1 lokasi PKL
  4. Untuk pengajuan ijin PKL di institusi maksimal ditunggu 1 bulan, apabila tidak ada jawaban segera untuk mengganti lokasi PKL (Di follow up per mingguan)
  5. Seminar /responsi wajib baik di lokasi PKL/kampus (melibatkan pembimbing akademik dan PL)
  6. Nilai dan e sertifikat akan diberikan apabila mahasiswa sudah mengumpulkan 5 berkas : 1) surat jawaban ijin PKL, 2) surat penunjukan PL, 3) proposal, 4) laporan, 5) nilai PKL dari PL

 

Berikut timeline PKL Periode 2021/2022

No Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1 Sosialisasi PKL 2021 + Pembagian Pembimbing PA PKL Senin, 25 Oktober via Google Meet
2 Pembekalan Per Bidang Ilmu Selasa– Jumat 26 – 29 Oktober 2021
3 Survey dan Pengajuan Lokasi November 2021
4 Bimbingan Proposal PKL November  – Desember 2021
5 Pengumpulan Proposal PKL Akhir Desember 2021
6 Pelaksanaan PKL Gelombang 1 Januari-April 2022
7 Penyusunan Draft Laporan Mei 2022
8 Seminar Hasil PKL Juni 2022
9 Pengumpulan Laporan Juni 2022
10 Pengumpulan Laporan dan Nilai PKL Akhir Juni 2022

 

Semua jenis informasi dan ketentuan PKL Jurusan Kesehatan Masyarakat dapat dilihat pada buku pedoman PKL Tahun 2020-2021. STL Result Today

  1. BUKU PKL TAHUN 2021
  2. Materi Sosialisasi PKL
  3. Link Pengajuan Surat Pengantar PKL  https://bit.ly/PKL_kesmas