Konsinyering Finalisasi Kurikulum dan Spesifikasi Prodi untuk Persiapan Registrasi Akreditasi ASIIN Prodi Ners FIKES Universitas Jenderal Soedirman

Persiapan akreditasi internasional ASIIN oleh Prodi Ners Fikes Universitas Jenderal Soedirman terus digencarkan. Era globalisasi dan keterbukaan yang berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan tinggi menuntut untuk lebih sigap dan siap menghadapi persaingan secara global. Diperlukan langkah yang nyata bagi lembaga tinggi setingkat universitas melalui program studi untuk bisa bersaing dan mendapatkan kesetaraan dengan universitas lain yang ada di seluruh dunia melalui pengakuan akreditasi internasional.

Prodi Ners Fakultas ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman saat ini telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes sehingga sudah layak untuk meningkatkan mutunya untuk mendapatkan pengakuan dari dunia internasional serta mendapat predikat unggul, oleh sebab itu maka diperlukan proses mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga yang kredibel dan diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Rangkaian kegiatan proses akreditasi internasional ASIIN direncanakan dalam kurun waktu 1 tahun yang tertuang dalam roadmap dan strategi pencapaian dan telah terpasang di hall fakultas dan prodi. Rangkaian kegiatan pada akhir Oktober 2021 adalah persiapan registrasi dan submit dokumen ke lembaga ASIIN, namun sebelumnya diperlukan finalisasi kurikulum dan spesifikasi prodi. Pada tanggal 20-21 Oktober 2021 telah dilaksanakan kegiatan konsinyering, selanjutnya tanggal 25 Oktober akan dilakukan review eksternal dokumen final didampingi oleh LP3M dan pendamping selanjutnya dilakukan translasi serta proofread dokumen.

Ketua tim Task Force akreditasi  Prodi Ners yaitu bapak Dr. Sidik Awaludin, M.Kep., Ns., Sp.Kep.MB dalam sambutannya pada kegiatan konsinyering yang bertempat di Hotel Luminor Purwokerto menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus permohonan dukungan kepada pimpinan Universitas, LP3M, dan Fikes. Ketua tim task force ASIIN juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada dr. Retno Sri Haswati selaku Ka.Bid Diklat dan Rekam Medik RSUD Goeteng Tarunadibrata atas kehadiran dan menjadi narasumber yang memberikan dukungan kepada Prodi Ners Fikes Unsoed untuk kelancaran proses akreditasi internasional.

Pelaksanaan kegiatan konsinyering secara penuh selama 2 hari diharapkan dapat menghasilkan kurikum final dan spesifikasi prodi yang sesuai arahan dan masukan dari berbagai pihak serta dapat dilanjutkan kepada tahapan-tahapan selanjutnya hingga dilakukan registrasi dan submit pada lembaga ASIIN. Dukungan dari berbagai pihak juga diharapkan dapat meningkatkan semangat tim task force dalam menyelesaikan seluruh rangkain kegiatan dan mendapatkan hasil ter-akreditasi internasional oleh lembaga ASIIN.