Prodi Magister Kesmas UNSOED Sukses Selenggarakan Workshop Analisis Bibliometrik Bidang Kesehatan

Menjadi sebuah standar kelulusan bagi mahasiswa Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman untuk menghasilkan artikel publikasi di jurnal. Oleh sebab itu, menjadi penting bagi para mahasiswa Pascasarjana untuk dibekali pelatihan agar kemampuan dalam menulis dapat meningkat, namun tidak hanya itu, sseorang peneliti juga harus memiliki kemampuan memilah, memilih dan menggunakan tliteratur dalam penelitian maupun kajian keilmuan. Salah satu model penyusunan artikel yang sedang berkembang saat ini adalah Bibliometrik. Bibliometrik atau sering disebut juga scientometrics merupakan bagian dari metodologi evaluasi penelitian. Bibliometrik sebai upaya untuk menilai kualitas akademik jurnal atau penulis secara kuantitatif dengan metode statistik seperti tingkat kutipan. Bibliometrik menjadi alat komunikasi ilmiah serta teknik mengukur kualitas dan mutu publikasi ilmiah seperti jurnal, buku dan sumber literatur pada penelitian ilmuan menggunakan data statistic, dengan kata lain ia menjadi pedoman sebelum melakukan penelitian.

Melihat besarnya kebermanfaatan dari metode bibliometric, dan perlunya sebagai akademisi memiliki keterampilan ini, maka Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) UNSOED melaksanakan suatu lokakarya Bibliometrik bagi mahasiswa Magister Kesehaan Masyarakats serta para dosen. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Desember 2022 pukul 09:00 – 15:00 WIB secara online melalui media zoom meeting dengan para narasumber Dr. Sulkhan Chakim, S.Ag., MM dan Dr. Fajar Hardoyono, S.Si., M.Sc serta Ketua Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat FIKES UNSOED Ibu Dr. Dwi Sarwani sebagai moderator.

Karena antusiasme yang besar dari sivitas akademika Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, maka loakkarya daring ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat yang berjumlah 15 mahasiswa, namun juga oleh para dosen lintas jurusan. Peserta yang turut dalam lokakarya tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru tetapi juga pengalaman dan tentu keterampilan baru dalam penggunaaan softwere bibliometric. Luaran yang diharapkan dari lokakarya ini, tidak hanya berupa keterampilan metode biblliometrik bagi para peserta, namun juga menghasilkan daft artikel penelitian yang siap di submit ke jurnal