Bechmarking Jurusan Keperawan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Unsoed dan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

NERS NEWS- Jurusan Keperawan Fakultas Ilmu- Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman menerima kunjungan benchmarking dari Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Sumatra Barat dengan tujuan studi banding terkait Akreditasi International (ASIIN) pada tanggal 9 – 10 November 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Prof. Hema Malini, S.Kp., MN., Ph.D selaku Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, Dr. Ns. Dwi Novrianda, S.Kep., M.Kep. (Ka Prodi Ners), Dr. Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep., Sp.Kep.J (Ka Prodi S1 Keperawatan) dan Ns. Esthika Ariany Maisa, S.Kep., M.Kep. dari Ketua tim GPM Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Acara pembukaan bertempat di ruang Aula Dekanat Fikes Unsoed. Turut menyabut dalam acara tersebut, yaitu Dekan Fikes Unsoed Prof. Dr.sc.hum. Budi Aji, S.KM., M.Sc. Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Yunita Sari, S.Kep., Ns., M.H.S., Ph.D.  Ketua Jurusan Keperawatan Dr. Endang Triyanto, S.Kep.Ners. M.Kep. Sekretaris Jurusan Keperawatan Dian Ramawati, S.Kep., Ns., M.Kep., Ph.D.  Ka Prodi Profesi Ners Dr. Arif Setyo Upoyo, S.Kp.Ns., M.Kep. dan Ka Prodi S2 Keperawatan Dr. Sidik Awaludin, S.Kep.,M.Kep.,Ns., Sp.Kep.MB.

Pertemuan ini membuka ruang bagi tim benchmarking Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dan tim Jurusan Keperawatan Fikes Unsoed untuk saling bertukar pengalaman dalam penyusunan Standar Akreditasi Internasional (SAR) ASIIN. Kegiatan benchmarking merupakan suatu kegiatan dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal. Tujuannya untuk membandingkan sistem SPMI, terhadap dokumen (kebijakan mutu, manual mutu dan standar mutu), implementasi dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah mendapatkan gambaran kinerja organisasi lain sehingga dapat mengadopsi best practice untuk meraih sasaran yang diinginkan. Serangkaian kegiatan ini meliputi  presentasi seputar rangkaian dan persiapan akreditasi ASIIN di hari pertama dan dilanjutkan kunjungan laboratorium, sarpras dan Rumah Sakit pada hari kedua.