Benchmarking GPM FIKES ke GPM FISIP UNSOED

Jajaran Dekanat serta Tim Gugus Penjaminan Mutu (GPM) FIKES dan FISIP UNSOED

Paparan Pelaksanaan Penjaminan Mutu di FISIP UNSOED dan Sesi Diskusi Tanya Jawab bersama GPM FIKES UNSOED

Selasa, 16 Mei 2023 bertempat di Ruang Rapat 2 Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNSOED, berlangsung benchmarking Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) UNSOED ke GPM FISIP UNSOED. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Dekan I,II, III, dan Tim GPM FIKES dan FISIP UNSOED. Wakil Dekan I dan Ketua GPM FISIP UNSOED, Luthfi Makhasin, S.IP., M.A., Ph.D. dan Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si. mengatakan bahwa sangat senang menerima kunjungan dari GPM FIKES.

Kegiatan benchmarking penjaminan mutu ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penjaminan mutu di FISIP demi mengembangkan penjaminan mutu di FIKES. Kegiatan ini diawali dengan paparan pelaksanaan penjaminan mutu di FISIP UNSOED oleh Ketua GPM FISIP Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si. Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si mengatakan bahwa pelaksanaan penjaminan mutu di FISIP UNSOED dilaksanakan oleh semua sivitas di lingkungan FISIP UNSOED (jajaran dekanat, dosen, tenaga kependidikan) dan GPM FISIP berperan sebagai sarana untuk melakukan koordinasi dan pemantauan pelaksanaan penjaminan mutu agar sesuai dengan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan Standar DIKTI) sesuai dengan standar DIKTI dan standar-standar yang ditetapkan oleh FISIP UNSOED. Pelaksanaan penjaminan mutu di FISIP UNSOED dilakukan dalam aspek akademik dan non akademik. Pengukuran ketercapaian penjaminan mutu dilakukan melalui instrumen dan penetapan target capaian. Data yang didapatkan dalam aspek akademik dan non akademik dibahas bersama Tim GPM FISIP dan jajaran dekanat FISIP UNSOED secara rutin agar mendapatkan feedback. Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen juga dilakukan secara rutin setiap tahunnya di FISIP UNSOED.  Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si  juga menjelaskan bahwa Laporan Rapat Tinjauan Manajemen dan Audit Mutu Internal (AMI) saat ini sudah dapat diakses di website FISIP UNSOED.

Setelah paparan pelaksanaan penjaminan mutu di FISIP UNSOED oleh Ketua GPM FISIP UNSOED, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi. GPM FIKES berdiskusi dengan GPM FISIP terkait instrumen dan indikator capaian mutu akademik dan non akademik di FISIP UNSOED. GPM FISIP memberikan feedback yang jelas terkait hal tersebut. Setelah sesi diskusi, kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama. Kegiatan benchmarking GPM FIKES ke GPM FISIP UNSOED merupakan agenda untuk mengembangkan penjaminan mutu di lingkungan FIKES agar terwujud penjaminan mutu yang baik demi pelayanan yang unggul kepada sivitas FIKES, mahasiswa, dan masyarakat.