Workshop Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah

Dekan FIKES UNSOED sedang memberikan sambutan
Para pengelola jurnal sedang bekerja bersama

Sejumlah pengelola Jurnal Ilmiah yang diterbitkan di lingkungan FIKES UNSOED, sedang melakukan workshop untuk meningkatkan kualitas terbitannya, Jumat 14 Mei 2023, kemarin. Sejak Jurnal Keperawatan Soedirman (JKS) memenuhi kualifikasi sebagai jurnal terindeks Scopus, Dekan FIKES sangat mendorong para pengelola terbitan ilmiah di lingkungan FIKES untuk berkembang lebih maju. Delapan Jurnal yang baru maupun yang akan meningkatkan level akreditasinya berpartisipasi dalam workshop kali ini, yaitu: Insight in Public Health Journal, Jurnal Kesmas Indonesia, Acta Pharmaciae Indonesia, Jurnal Pangan dan Gizi Soedirman, Physical Activity Journal (PAJU), International Journal of Biomedical Nursing Review (IJBNR), Journal of Community Health Development (JCHD) dan Journal of Bionursing.

Ketua penyelenggara workshop Ns. Eni Rahmawati, M.Kep. menjelaskan dalam sambutannya, bahwa ekspektasi pimpinan sangat tinggi terhadap pengelolaan Jurnal Ilmiah di Lingkungan FIKES. Diharapkan tahun ini setidaknya ada dua jurnal yang diharapkan dapat mencapai level SINTA 2 Jurnal Nasional. Tentu saja harapan tersebut tidak akan tercapai jika tidak diikuti dengan kerja keras pengelola dalam menjalankan proses editorial naskah yang berkualitas. Oleh karena itu Fakultas akan mendukung sepenuhnya kegiatan workshop yang akan berlangsung dengan metode inhouse training dengan pendampingan selama satu semester penuh, atau setara dengan 82 jam kurang lebih nya.

Sementara itu, bulan April kemarin Journal of Biounursing baru saja memperoleh penetapan sebagai Jurnal level SINTA 4 untuk terbitan volume 2 no 3 sampai volume 7 nomor 2 berikutnya. Level akreditasi ini adalah hasil dari akreditasi pertama. Hasil workshop kali ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas proses dan naskah ilmiah yang diterbitkan Journal of Bionursing dan jurnal-jurnal lainnya.