Penandatanganan Perjanjian Kerjasama FIKES UNSOED dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam Program Pembinaan SDM di Bidang K3

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama FIKES UNSOED dan Kementerian Ketengakerjaan RI dalam Pembinaan SDM di Bidang K3

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek yang sangat penting di tempat kerja. Penerapan K3 di tempat kerja tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja didalamnya. Salah satu upaya pengembangan SDM agar menjadi SDM yang sadar dan berbudaya K3 adalah melalui pembinaan SDM di bidang K3. Pada Hari Rabu, 1 Februari 2023 pukul 10.00 sd 11.30 WIB bertempat di Ruang Aula Dekanat FIKES UNSOED, dilakukan penandatanganan Kerjasama antara FIKES UNSOED dan Kementerian Ketenagakerjaan  RI melalui Direktorat Bina Kelembagaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan RI. Hal ini merupakan salah satu upaya agar SDM di lingkungan FIKES meliputi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dapat menjadi SDM yang sadar dan berbudaya K3. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) secara tertulis dilakukan oleh Dr.Sc.hum. Budi Aji, S.K.M., M.Sc. selaku Dekan FIKES UNSOED dan Bapak Hery Sutanto selaku Direktur Bina Kelembagaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan  RI. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh sivitas akademika FIKES UNSOED yaitu Yunita Sari, S.Kep., Ns. MHS., Ph.D selaku Wakil Dekan I FIKES UNSOED, Suratman, S.K.M., M.Kes., Ph.D. selaku Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED, Arrum Firda Ayu Maghfiroch selaku Sekretaris Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED, dan Dosen-Dosen dari Peminatan K3 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNSOED yaitu Nur Ulfah, S.K.M., M.Sc., Siti Harwanti, S.Kp., M.Kes., dan Suryanto, S.K.M., M.Sc. serta Kepala Tata Usaha dari FIKES UNSOED yaitu Sulistyo Ekowati, S.Si., M.M. dan Budi Saptana, S.E. selaku Koordinator Bagian Akademik FIKES UNSOED.  Pihak Kementerian Ketenagakerjaan  RI dihadiri oleh Muchlis Prasetyo, Sonya Ermina, Yakobus Sastrowijoyo B, dan Dwi Ferthasari . Perjanjian Kerjasama tersebut nantinya diwujudkan dalam penyelenggaraan program pembinaan SDM dalam bidang K3 kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa FIKES melalui program pembinaan Ahli K3 Umum (AK3U) serta pengkajian terhadap pengembangan bidang K3. SDM yang lulus dalam program pembinaan AK3U nantinya akan mendapatkan sertifikat AK3U yang diterbitkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan  RI. FIKES UNSOED dan Kementerian Ketenagakerjaan  RI terlibat dalam perjanjian kerjasama ini sangat antusias dan senang karena yakin kerjasama di bidang K3 akan bermanfaat bagi semua sivitas dan mahasiswa FIKES UNSOED kedepannya. 

Kerjasama FIKES UNSOED dan Kementerian Ketenagakerjaan  RI dalam pembinaan SDM melalui program pembinaan Ahli K3 Umum (AK3U) dan pengkajian pengembangan bidang K3 kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa FIKES diharapkan dapat membentuk karakter SDM berbudaya K3 sehingga dapat menciptakan tempat kerja aman dan sehat sehingga menciptakan SDM yang unggul, produktif, dan berdaya saing tinggi di tempat kerja.