Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Fikes Selenggarakan Workshop Penyusunan RPS dan Portofolio Berbasis Outcome Based Education (OBE)

Dalam upaya untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan portofolio berbasis Outcome Based Education (OBE) pada Kamis, 19 Januari 2023. Acara tersebut dibuka oleh Dekan Fikes, Dr.Sc.hum Budi Aji, SKM., M.Sc yang dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan workshop ini dilakukan sebagai upaya Fikes untuk terus meningkatkan kualitas mutu pembelajaran sehingga pada akhirnya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Sidik Awaludin, M.Kep.,Ns. Sp.Kep.MB ini dihadiri oleh seluruh dosen di lingkup Fikes, dengan mengundang beberapa narasumber untuk memberikan materi dan pengalamannya. Para narasumber pada kegiatan tersebut yakni Tiyas Kusumaningrum, Ns.,M.Kep dan Dr. Riesta Primaharinastiti, S.Si.,M.Si., Apt. dari Universitas Airlangga serta Tri Nugroho Adi,S.Sos.,M.Si dari LP3M Universitas Jenderal Soedirman.

Berbagai materi disampaikan dengan jelas dan mendetail oleh para narasumber, mencakup kurikulum dan penyusunan RPS berbasis OBE, teknik menyederhanakan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), evaluasi ketercapaian CPMK, review RPS serta contoh portofolio berbasis OBE. Dr Riesta dari Unair, menjelaskan bahwa kurikulum berbasis OBE berfokus pada sistem pembelajaran yang berfokus pada outcome/hasil akhir. OBE mengevaluasi performa mahasiswa berdasarkan kualitas, keterampilan, dan pengetahuan mahasiswa sebagai hasil akhir. Outcome/hasil akhir dari pembelajaran harus ditetapkan terlebih dahulu yang kemudian didetailkan melalui bentuk, metode dan evaluasi pembelajaran pada masing-masing mata kuliah.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB ini berlangsung dengan lancar dan banyak diskusi-diskusi menarik. Para peserta memanfaatkan kesempatan acara tersebut untuk dapat belajar dan berdiskusi dengan narasumber terkait bagaimana mendesain proses pembelajaran berbasis OBE tersebut. Sebagai follow up dari kegiatan ini, ketua Gugus Penjaminan Mutu Fikes, Dr. Iwan Purnawan, S.Kep.,Ns. M.Kep menyampaikan rencana dan tugas ke depan kepada para dosen sebagai langkah nyata upaya untuk dapat menerapkan penyusunan RPS dan portofolio berbasis OBE. Fikes terus bergerak maju untuk dapat menjadikan lulusan-lulusannya mempunyai kemampuan, sikap dan ketrampilan yang unggul ***