Sosialisasi dan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan Jurusan Kesehatan Masyarakat Tahun 2022

Rabu, 6 Juli 2022, seluruh mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED mengikuti sosialisasi dan pembekalan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Tahun 2022. Pembekalan ini diselenggarakan oleh Panitia PKL Kesmas yang telah menyusun buku panduan kegiatan PKL termasuk protokol kesehatan selama mengikuti kegiatan PKL. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi mahasiswa mengenai pelaksanaan kegiatan PKL Tahun 2022. Total 114 mahasiswa mengikuti kegiatan pembekalan yang diadakan menggunakan media daring Google Meet. Pemaparan terkait ketentuan umum, alur, sistematika, dan penjelasannya lainnya tentang PKL disampaikan oleh Ibu Agnes Fitria Widiyanto, S.K.M.,M.Sc selalu Ketua Panitia PKL.

Kegiatan PKL merupakan sarana latihan kerja bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan dan keterampilan di bidang keilmuan kesehatan masyarakat. Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam ilmu pengetahuan dan upaya untuk membentuk sikap dan keterampilan profesional dalam bekerja. Kegiatan PKL berarti melaksanakan apa yang menjadi fungsi, tugas, kewajiban dan pekerjaan pokok dari institusi tempat PKL yang relevan dengan keilmuan kesehatan masyarakat. Mahasiswa peserta PKL diharapkan dapat membantu memecahkan masalah kesehatan yang mungkin sedang dihadapi oleh institusi atau instansi tempat PKL tersebut.

Peserta PKL adalah mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu- ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan untuk mengikuti PKL sebagai berikut:

  1. Telah menempuh beban studi minimal 90 SKS dengan IPK minimal 2,75; atau
  2. Telah menempuh beban studi 100 SKS dengan IPK minimal 2,00; dan
  3. Telah lulus mata kuliah Praktik Belajar Lapangan (PBL) I dan II

Secara umum tahap kegiatan PKL dilaksanakan sebagai berikut :

  1. Tahap persiapan meliputi sosialisasi, pencarian tempat PKL, pembekalan umum dan pembekalan bidang ilmu.
  2. Tahap pelaksanaan PKL di institusi/instansi/perusahaan: 4-12 minggu atau disesuaikan dengan tempat PKL, selama waktu pelaksanaannya tidak mengganggu jadwal perkuliahan. PKL dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan Ujian Akhir Semester VI. Pada tahap ini mahasiswa melakukan PKL dan pada akhir PKL dievaluasi oleh pembimbing lapangan.
  3. Evaluasi (seminar hasil) PKL dilakukan oleh dosen pembimbing dan pembimbing lapangan. Apabila pembimbing lapangan tidak memungkinkan, cukup responsi dengan dosen pembimbing

Dalam menentukan topik PKL dan mengajukan usulan proposal, mahasiswa harus melaksanakan bimbingan atau konsultasi minimal 3 kali dengan Dosen Pembimbing yang telah ditunjuk oleh Panitia PKL. Proposal yang telah disetujui oleh dosen pembimbing akademik kemudian harus disahkan oleh Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat. Mahasiswa kemudian melaksanakan kegiatan PKL setelah mendapatkan persetujuan dari instansi tempat PKL dengan mengikuti arahan dari Pembimbing Lapangan selama 4 minggu penuh (menyesuaikan instansi) dibuktikan dengan daftar kegiatan harian mahasiswa di lokasi PKL yang diisi setiap hari.

Adapun proses penyusunan laporan PKL dilaksanakan dengan menjalani proses bimbingan bersama Pembimbing Lapangan dan kemudian dikonsultasikan juga ke Dosen Pembimbing Akademik setelah mahasiswa kembali ke kampus. Konsultasi untuk penyusunan proposal PKL dengan pembimbing akademik PKL minimal 3 kali. Konsultasi penyusunan laporan PKL dengan pembimbing akademik PKL dan pembimbing lapangan masing-masing minimal 3 kali, dibuktikan dengan mengisi formulir konsultasi. Selama mengikuti kegiatan PKL, mahasiswa wajib menyusun logbook harian dan mematuhi protokol kesehatan baik saat di rumah, saat di perjalanan, saat di tempat PKL, dan setelah pulang dari tempat PKL. Laporan yang telah disusun harus disetujui oleh pembimbing akademik PKL dan pembimbing lapangan kemudian disahkan oleh institusi tempat PKL dan Jurusan Kesmas.

Berikut timeline PKL Tahun 2022

NoKegiatanWaktu Pelaksanaan
1Sosialisasi dan pembekalan PKL 2022 dan
Pembagian Pembimbing PKL
6 Juli 2022
2Pembekalan Per Bidang IlmuKondisional bidang ilmu
APKL Gelombang 1 
1Survey dan Pengajuan LokasiJuli 2022
2Bimbingan Proposal PKLJuli 2022
3Pengumpulan Proposal PKLAkhir Juli 2022
4Pelaksanaan PKL Gelombang 1Agustus 2022
5Penyusunan Draft LaporanSeptember 2022
6Seminar Hasil PKLOktober – November 2022
7Batas Pengumpulan Laporan dan Nilai PKLDesember 2022
BPKL Gelombang II 
1Survey dan Pengajuan LokasiAgustus – Oktober 2022
2Bimbingan Proposal PKLNovember – Desember 2022
3Pengumpulan Proposal PKLDesember 2022
4Pelaksanaan PKL Gelombang IIJanuari – Maret 2023
5Penyusunan Draft Laporan PKLFebruari – April 2023
6Seminar Hasil PKLMaret – Mei 2023
7Batas Pengumpulan Laporan dan Nilai PKLMei 2023

Semua jenis informasi dan ketentuan PKL Jurusan Kesehatan Masyarakat dapat dilihat pada buku pedoman PKL Tahun 2020-2021