Pembekalan PBL Terintegrasi Kesmas UNSOED Tahun 2022

Jum’at 4 Februari 2022 telah diselenggarakan Pembekalan PBL Terintegrasi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. PBL Terintegrasi ini terdiri dari dua kegiatan yaitu PBL I dan PBL II yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa angkatan 2019 dan diselenggarakan secara luring di semester VI. Pembekalan dilaksanakan secara online melalui platform google meet yang dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dibuka langsung oleh Sekretaris Jurusan Kesehatan Masyarakat, Bu Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si, M.Sc, PhD. Mahasiswa yang hadir dalam pembekalan ini sejumlah 100 mahasiswa yang terdiri dari berbagai peminatan yang ada di Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED.

Acara pembekalan selanjutnya adalah penyampaian materi pertama mengenai Kebijakan Kabupaten Dalam Bidang Kesehatan yang disampaikan langsung oleh Kabid SDK Dinkes Kab Banyumas, Bpk Dwi Mulyanto, S.KM., M.Si selama 45 menit. Pada sesi ini disampaikan beberapa hal terkait komitmen pembangunan kesehatan di Kabupaten Banyumas, kinerja pembangunan kesehatan, arah dan kebijakan pembangunan, profil dinas kesehatan banyumas, dan terkait penanganan COVID-19. Beliau juga menyampaikan terkait diperbolehkannya pelaksanaan kegiatan secara luring dan mengharapkan mahasiswa dapat berkontribusi dan membantu pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Kabupaten Banyumas, baik yang terkait dengan COVID-19 atau masalah lainnya.

Selanjutnya materi kedua mengenai Teknis Praktek Lapangan Mahasiswa yang disampaikan oleh Kasie SDK Dinkes Kab Banyumas Ibu Misti Rahayu, S.KM., MPH selama 30 menit. Pada sesi kali ini Bu Misti menyampaikan beberapa hal terkait teknis praktek lapangan mahasiswa yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Banyumas dan menekankan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan memperhatikan serta mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

Semoga kegiatan PBL terintegrasi berjalan dengan lancar, semuanya diberikan kesehatan, dan bersama-sama memberikan dampak dan berpartisipasi dalam pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia, utamanya di wilayah Kabupaten Banyumas.

 

Materi pembekalan dapat diunduh pada link berikut: Materi Pembekalan