Sosialisasi dan Diskusi Peminatan di Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan ahli kesehatan masyarakat dengan kualifikasi Sarjana Kesehatan Masyarakat (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap kelestarian lingkungan sosial-budaya. Dalam mencetak Sarjana Kesehatan Masyarakat, prodi ini mempunyai 7 peminatan / konsentrasi keahlian yaitu Epidemiologi, Kajian di bidang Promosi Kesehatan, Kajian di bidang Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Kajian di bidang Kesehatan Lingkungan, Kajian di bidang Kesehatan Kerja, Kajian di bidang Bisotatistika, dan Kajian di bidang Kesehatan Reproduksi.

Salah satu langkah yang dapat diambil Divisi Kesejahteraan Himpunan Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMA KBMKM) untuk memfasilitasi para mahasiswa khususnya angkatam 2018 adalah dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi diskusi dan peminatan. Bentuk kegiatan kegiatan ini yaitu, penyampaian materi pengantar 7 bidang peminatan yang ada di Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed oleh masing – masing dosen pengampu dan sharing dengan alumni mengenai prospek kerja serta pengalaman kerja di ketujuh bidang tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2020 secara online melaui platform Google Meet ini dihadiri oleh 86 mahasiswa aktif semester 5 Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan Sosialisasi dan Diskusi Peminanatan secara simbolis oleh Ibu Dr. Arih Diyaning Intiasari, S.KM., M.P.H. selaku ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman. Kemudian dilanjutkan secara berurutan penyampaian materi dari masing – masing pengampu 7 bidang peminatan yang disampaikan oleh Ibu Damairia Hayu Parmasari, S.Kp.G., M.P.H. (Peminatan K3), Ibu Siti Masfiah, S.KM, M.Kes (Peminatan Promkes), Bapak Arif Kurniawan, S.KM, M.Kes (Peminatan AKK), Bapak Kuswanto S., S.KM, M.Kes (Peminatan Kesling), Ibu Eri Wahyuning, S.Ked., M.Kes (Peminatan Kespro), Ibu Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM, M.Kes (Peminatan Epid), dan Ibu Aisyah Apriliciciliana Aryani, S.KM., M.K.M. (Peminatan Biostat).

Kegiatan selanjutnya adalah sharing dengan alumni Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed mengenai profesi yang dijalani sekarang serta pengalaman saat bekerja oleh lima orang alumni yaitu Reny Yuliani, S.KM. yang bekerja sebagai Staf Pengelola Program Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja di Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Bidang Kesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Nur Utomo, S.KM., M.D yang bekerja sebagai First Medical Entomology in Port Health Office Class II of Banten, Mundihartini Rahayu Praptiningtyas, S.KM. yang bekerja sebagai Kasubbag tu Balai Rehabilitasi BNN Baddoka, Supriyatna, SKM, MPH. yang bekerja sebagai Kepala Subbidang Bina Kesertaan KB jalur pemerintah dan swasta Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, dan Anita Firstiana Nemesis S.KM. yang bekerja sebagai Safety Officer Restricted Area such as Jetty, Tank BBM, Control Room, and Panel Room – TBBM Tanjung Uban PT Indopelita Aircraft Services.

Kegiatan selanjutnya adalah sharing dengan mahasiswa aktif pemintan Jurusan Kesehatan Masyarakat Unsoed mengenai mata kuliah peminatan yang sedang dijalanai sekarang, mulai dari pertimbangan dalam memilih jurusan, strategi belajar baik sebelum dan sesudah menjalani peminitan, dan suka serta duka ketika menjalani peminatan oleh mahasiswa aktif peminatan dari masing-masing peminatan. Semoga kegiatan ini membantu mahasiswa kesmas dalam menentukan pilihan peminatannya dan dapat mempersiapkannya dengan baik. Sukses selalu. (Dilaporkan oleh Divisi Kesejahteraan Mahasiswa KBMKM).