Guru Besar Keperewatan Fikes UNSOED Jadi Pembicara Kuliah Pakar di Faculty of Nursing, Princess of Naradhiwas University, Thailand.

PNU — Thailand, Faculty of Nursing, Princess of Naradhiwas University mengadakan Kuliah Pakar yang dilakukan pada tanggal 27 s.d. 30 November 2023 dengan mengundang pembicara Prof. Mekar Dwi Anggraeni, S.Kep., Ners., M.Kep., Ph.D Guru Besar Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu- Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian bentuk kerjasama antara UNSOED Indonesia dengan PNU Tahiland. Prof. Mekar hadir guna memenuhi undangan kerja sama akademik sebagai dosen tamu untuk memberikan kuliah pakar terkait Simulation Based Learning dan sekaligus sebagai narasumber dalam acara workshop penulisan ilmiah di Faculty of Nursing, Princess of Naradhiwas University.

Hadir dalam acara pembukaan untuk menyambut secara langsung yaitu Dekan, Wakil Dekan, serta sejumlah dosen dari Faculty of Nursing, PNU, setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan diskusi rencana tindak lanjut kolaborasi antara Unsoed dan PNU yang dihadiri langsung oleh Rektor, Chairman, International Relation Office, Dekan Faculty of Nursing, Dekan faculty of Science, Wakil Dekan serta dosen dari Faculty of Nursing, dan faculty of Science Princess of Naradhiwas University. Kemudian dilanjutkan dengan acara Simulation Based Learning (SBL) 1 dengan materi terkait asuhan keperawatan pada ibu hamil dengan pre-eklampsia. Diskusi bersama dengan dosen dan mahasiswa tentang kebijakan dan standar operasional prosedur penanganan ibu hamil dengan pre-eklampsia. Sharing pengalaman pelaksanaan SBL di Unsoed yang melakukan review materi kuliah terkait topik SBL sebelum pelaksanaan SBL. Pada hari ke dua, acara dilanjutkan dengan mengunjungi sarana prasarana pembelajaran di kelas, laboratorium, perpustakaan, child care, dan ruang hasil karya inovasi dosen. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan SBL 2 dan SBL 3 pada hari berikutnya dengan materi terkait asuhan keperawatan pada ibu hamil dengan perdarahan post-partum, dan asuhan keperawatan pada ibu hamil dengan bayi prematur. Mahasiswa telah membuat mind mapping di white board dalam bentuk Bahasa Inggris dialnjutkan dengan review materi, diskusi kasus, dan praktek tindakan. Selesai SBL dilanjutkan dengan kunjungan kembali ke ruang hasil karya inovasi dosen.

Pada hari terakhir dalam rangkaian kegiatan tersebut, Prof Mekar memberikan materi terkait penulisan artikel ilmiah dan submit di jurnal internasional bereputasi bagi para dosen di PNU dan dilanjutkan dengan diskusi akademik bersama pihak International Office PNU, dekan dan perwakilan Faculty of Nursing PNU terkait rencana pelaksanaan kegiatan pertukaran mahasiswa, dosen tamu, penelitian dan publikasi bersama.