Tim PPK Ormawa Himagi Unsoed Luncurkan  Program Pembagian Tablet Tambah Darah Untuk Wujudukan Remaja Unggul Cegah Stunting Di Desa Datar, Kecamatan Sumbang, Banyumas

Tim Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK) Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (Himagi) FIKES Universitas Jenderal Soedirman melurcurkan program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup remaja di Desa Datar, Kecamatan Sumbang, Banyumas. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pembagian “Tablet Tambah  Darah” untuk remaja di desa Datar.

            Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program unggulan dari PPK Ormawa Himagi Unsoed yang dikenal sebagai “Pemberdayaan Remaja”. Tujuannya tidak hanya memberikan dukungan untuk meningkatkan pengetahuan remaja, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya konsumsi tablet tambah darah sebagai upaya pencegahan stunting. Ketua PPK Ormawa Himagi Unsoed menyampaikan bahwa adanya program kerja pembagian Tablet Tambah Darah (TTD) dapat memberikan hal positif yang mendukung pengetahuan dan kesehatan remaja Desa Datar sebagai pencegah stunting.

“Saya selaku ketua PPK Ormawa Himagi Unsoed berharap adanya program pembagian Tablet Tambah Darah (TTD) dapat diikuti oleh mas mba Desa Datar tidak hanya untuk memberikan kelancaran pada program kerja kami, tetapi hal ini tentunya juga memberikan dampak yang positif untuk mendukung pengetahuan dan kesehatan remaja Desa Datar sebagai generasi muda pencegah stunting”, ujar Citra.

Sebelum kegiatan pembagian Tablet Tambah Darah, dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada remaja Desa Datar yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2023 Di Balai Desa Datar. Kegiatan soisaliasi diikuti tidak hanya oleh remaja putri, tetapi remaja putra juga turut berpartisipasi didalamnya. Dalam acara sosialisasi juga diberikan materi terkait PHBS dan Pentingnya Tablet Tambah Darah (TTD) oleh Wishal Rifki Ramadhan mahasiswa ilmu gizi 2022 yang meraih urutan ke empat Top 5 Duta Genre Unsoed 2023. Sebelum acara sosialisasi dimulai, remaja diminta untuk mengerjakan pre-test yang terdiri dari 10 soal untuk mengukur pengetahuan remaja sebelum materi disampaikan. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Pada saat pemberian materi berlangsung ini mendapatkan antusias dari remaja. Hal ini dibuktikan dengan remaja yang menyimak materi dan aktif bertanya. Selesai penyampaian materi, dilanjutkan dengan mengerjakan post- test yang terdiri dari 10 soal

Kegiatan dilanjutkan kembali dengan sosialisasi terkait pembagian Tablet Tambah Darah (TTD) yang akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Kegiatan pembagian tablet tambah darah dilaksanakan dari Bulan Agusutus-Oktober 2023. Pembagian pertama kali dilaksanakan saat sosialiasi program tablet tambah darah yang kegiatannya dengan mengonsumsi secara bersama-sama tablet tambah darah. Mengonsumsi TTD secara bersama-sama dilaksanakan tidak hanya sekali tetapi sudah dua kali yaitu yang kedua berlokasi di TK Pertiwi Desa Datar. Pada saat dilaksanakan di TK Pertiwi kegiatannya tidak hanya pembagian TTD saja tetapi ada juga kegiatan bermain bersama dan lomba-lomba yang bertujuan untuk membentuk bonding antara Tim PPK Ormawa Himagi Unsoed dengan remaja Desa Datar. Kegiatan pembagian TTD selanjutnya dilaksanakan secara door to door atau mendatangi secara langsung kerumah remaja Desa Datar setiap satu minggu sekali.

            Antusiasme yang begitu besar dari remaja Desa Datar menjadi dorongan bagi Tim PPK Ormawa Himagi Unsoed untuk terus berkomitmen dalam mendukung perkembangan pengetahuan terkait pentingnya konsumsi tablet tambah darah. Semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang tercermin dalam kegiatan ini menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat dapat membentuk masa depan yang lebih cerah untuk generasi muda.