Sambut Pimpinan Baru, Fikes Siap Melaju Unggul Mendunia

Transisi kepemimpinan menjadi hal yang pasti terjadi, demikian pula dengan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Unsoed. Seiring dengan berakhirnya masa kepemimpinan Dekan Fikes Periode 2018-2022, Prof. Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes, maka telah digelar proses pemilihan Dekan Fikes untuk periode 2022-2026. Ketua panitia pemilihan Dekan Fikes Moh. Nanang Himawan Kusuma, SPd, M.Sc.Sport Med. Menyampaikan, sampai berakhirnya masa pendaftaran calon dekan, hanya ada satu kandidat yang mendaftar dan dinyatakan memenuhi persyaratan yakni Dr.Sc.hum Budi Aji, S.KM., MSc , beliau adalah Wakil Dekan  Bidang Akademik periode sebelumnya. Sebagai puncak acara, pada Rabu, 28 September 2022 telah diselenggarakan paparan visi misi  dan program kerja oleh calon dekan Fikes. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jenderal Soedirman, Dr. Ir. Noor Farid, MSi, jajaran senat Fikes, para pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan serta perwakilan dari mahasiswa.

Dr.sc.hum. Budi Aji, S.KM. M.Sc sebagai calon dekan tunggal Fikes dalam paparannya menyampaikan visi-nya yakni “Mewujudkan visi pencapaian UNSOED dengan mengakselerasi FIKes yang unggul diakui dunia sebagai pusat pengembangan ilmu-ilmu kesehatan berkearifan lokal pada Tahun 2030”. Kemudian beliau juga menyampaikan motto kepemimpinannya yakni “Maju Bersama Menuju FIKes Unggul Mendunia”, serta nilai-nilai yang diusungnya yakni akselerasi, kolaborasi, integritas, inovatif dan kualitas. Beliau menyampaikan untuk menuju Fikes Unggul Mendunia dibutuhkan kolaborasi untuk maju bersama-sama dalam gerak langkah yang harmonis semua pihak. Selanjutnya beliau juga memaparkan strategi-strateginya antara lain Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, infrastruktur yang kondusif, organisasi yang bertumbuh dan akselerasi kinerja.

Agenda tanya jawab dari semua elemen baik perwakilan dosen dari semua Prodi di Fikes, tenaga kependidikan, serta unsur mahasiswa. Diskusi berjalan hangat dan lancar,  dipandu oleh  Teguh Jati Prasetyo, S.Gz., M.Si. dan Ajeng Dian Purnamasari, S.Pd., M.Or. Pertanyaan, masukan dan doa-doa mengalir dari perwakilan penanya yang menyampaikan  aspirasinya.  Usai agenda diskusi, rangkaian acara pemilihan dekan diakhiri dengan rapat senat tertutup di Ruang Rapat Dekanat Fikes yang pada akhirnya menetapkan Dr.sc.hum. Budi Aji, S.KM. M.Sc. sebagai dekan terpilih periode Tahun 2022-2026. Pemimpin baru FIKes telah terpilih, harapan baru telah dihembuskan sebagai motor penggerak kerja semua sivitas akademika untuk bersama-bersama mewujudkan FIKes Maju Unggul Mendunia! ***