Press release: Workshop pendidikan klinis perawat: metode preceptorship

Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan kegiatan pelatihan “Pendidik Klinis Perawat: Metode Preceptorship” secara virtual melalui Zoom pada hari Rabu dan Kamis tanggal 4-5 Agustus 2021. Pelatihan yang dilaksanakan bertujuan untuk menjawab tuntutan terhadap semakin tingginya perawat yang kompeten. Pendidikkan dan pengembangan keperawatan perlu diarahkan untuk dapat menghasilkan generasi perawat Soedirman yang memiliki ilmu pengetahuan dan ilmu keperawatan mendalam disertai dengan penguasaan metode ilmiah.

Ketua kegiatan yaitu bapak Annas Sumeru, M.Kep., Ns., Sp.Kep.MB menyebutkan bahwa peserta yang diundang dalam pelatihan tersebut sebanyak 133 orang yang terdiri dari 36 dosen jurusan keperawatan dan 97 pembimbing wahana praktik baik klinik maupun komunitas. Kegiatan dimulai pada tanggal 4 Agustus dimulai dengan laporan ketua panitia, sambutan ketua program pendidikan profesi ners ibu Yunita Sari, S.Kep., Ns., MHS., Ph.D, selanjutnya sambutan sekaligus pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan bapak Prof. Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes.

Pembicara yang dihadirkan mengombinasikan dua institusi besar keperawatan yaitu Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair). Pembicara dari Unair yaitu Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons) dan dari UI adalah Dr. I Made Kariasa, S.Kp., MM., M.Kep., Sp.KMB. Pada pelaksanaan pelatihan tersebut peserta antusias dalam merespon dengan aktif bertanya maupun aktif saat sesi diskusi di dalam masing-masing kelompok keilmuan. Among Us Download PC

Penerapan metode preceptorship menuntut peran pembimbing klinik untuk bisa lebih mengenal mahasiswa ners dan mengimplementasikan berbagai metode bimbingan maupun assessment diawali dengan pembuatan kontrak bimbingan dan jadwal sehingga intensitas antara pembimbing klinik dan mahasiswa akan lebih tinggi. Para peserta juga mengharapkan bahwa pelatihan-pelatihan kepada pembimbing klinik dapat lebih sering dilakukan terutama untuk meningkatkan keterampilan dalam peran sebagai pendidik bagi mahasiswa ners.

Free Fire Download for PC KineMaster for PC Ludo King for PC