Ciptakan Permainan Edukatif untuk Cegah Stunting, Tim Mahasiswa Kesmas Raih Medali Emas di Kompetisi Internasional

Prestasi gemilang ditorehkan oleh para mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan UNSOED.  Tim mahasiswa Prodi Kesmas yang terdiri dari  Reza Nur A’idah, Faiza Tsurayya dan Tuhfa Raziya Ahmad berhasil meraih medali emas dalam kategori “Innovative Science” dalam kompetisi International Science Project Competition (ISPC) yang diadakan di Universitas Muhamadiyah Malang (UMM Malang) Tanggal 30 Agustus-2 September 2024. Karya Inovasi mereka juga mendapat tambahan penghargaan berupa IYSA/Indonesian Young Scientist Association Grand Prize. Mereka memenangkan kompetisi tersebut dengan menciptakan inovasi yang berjudul “ MRAK: Empower Calon Pengantin (Catin) through Ladder and Slider Education Game as Stunting Prevention in Indonesia. Tim tersebut menciptakan inovasi permainan edukatif berupa ular tangga yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja untuk pencegahan stunting.

            Inovasi ini diciptakan menggunakan permainan papan tradisional untuk mengedukasi khususnya remaja atau calon pengantin (calon pengantin/catin) tentang stunting dan gaya hidup sehat. Permainan yang menggabungkan unsur-unsur permainan ular tangga “ladder and slider” klasik ini menyediakan cara yang interaktif dan menyenangkan untuk mempelajari tentang pencegahan stunting dan kebiasaan hidup sehat. Inovasi ini diciptakan dalam beberapa tahap, dari pengembangan, sosialiasi, serta uji coba di kelompok kecil yakni di Posyandu Remaja Bantarsoka, Purwokerto. Tim yang dibimbing oleh Lu’lu Nafisah SKM., M.PH ini mampu memukau dewan juri dalam pameran booth yang memamerkan inovasinya serta proses tanya jawab.

            Inovasi ini juga dilengkapi juga dengan website https://mrak.my.canva.site/mrak-stunting-edu yang berisi pengantar dan tujuan permainan edukatif ini. Selain itu, terdapat petunjuk tentang cara bermain dan topik tentang pencegahan stunting yang dapat membantu para pemain menyelesaikan tantangan. Selain website, mereka juga mempromosikan inovasinya melalui Instagram : https://www.instagram.com/mrakmlati. Keikutsertakan mahasiswa Prodi Kesmas ini juga sebagai bagian dari program PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) dengan luaran raihan prestasi mahasiswa di tingkat internasional. Dosen Jurusan Kesmas juga berkesempatkan melakukan supervisi pada ajang kompetisi tersebut, yakni Siwi Pramatama MW., Ph.D., Arrum Firda Ayu, Maqfiroch, SKM., M.Kes dan Rosita Dwi Jayanti, SKM., M.PH. Semoga karya inovasi anak bangsa ini terus bisa dikembangkan dan dapat turut serta dalam upaya pencegahan permasalahan stunting di Indonesia.*