Program Kreativitas Mahasiswa atau yang lebih sering dikenal dengan PKM merupakan kompetisi ilmiah tahunan tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. acara ini diawali dengan tahap penyeleksian proposal, pendanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi, selanjutnya ditutup dengan acara PIMNAS atau Pekan Ilmiah Nasional. Guna meningkatkan peluang Universitas Jenderal Soedirman menuju PIMNAS 2021, maka diadakan acara Pelatihan dan sosialisasi PKM 5 Bidang pada Hari Rabu, 10 Februari 2021 dengan tema “Meniti Jalan Menuju PIMNAS 2021”.

Acara ini dilakukan secara daring melalui zoom dan youtube selama kurang lebih tiga jam yaitu dari pukul 08.30 s/d 11.30 WIB. Acara yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman diharapkan dapat meningkatkan komitmen, motivasi dan semangat mereka untuk berkolaborasi secara optimal dalam menyusun proposal PKM yang layak didanai. Wakil Rektor III Universitas Jenderal Soedirman memberikan sambutannya sekaligus membuka acara ini. Selanjutnya Dr. Nur Choirul Afif, M.Si (Dosen FEB UNSOED) selaku moderator mengenalkan pembicara utama dalam acara ini yaitu Suherman, M.Sc. Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada yang juga merupakan Reviewer PKM Nasional dan pembicara kedua yaitu Eko Setiyono, S.Pd., M.Sci yang merupakan fasilitator PKM Unsoed).

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Suherman yang menjelaskan berbagai hal berkaitan dengan PKM mulai dari alasan mengapa harus ikut berkompetisi, karakteristik proposal PKM, modal yang harus dimiliki mahasiswa dan dosen, juga langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum memulai menyusun proposal. Beliau menyampaikan bahwa sebelum menulis proposal PKM, mahasiswa harus memahami syarat pengusulan, format penulisan, perbedaaan karakteristik masing-masing PKM, dan larangan dalam penulisan serta konsekuensi pelanggaran aturan.

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Bapak Eko. Beliau mengingatkan kembali tujuan dari diadakannya PKM yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila. Mahasiswa yang mengikuti PKM diharapkan dapat menjadi pribadi yang : Tahu dan taat aturan, Kreatif dan inovatif, Objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Selanjutnya beliau menyampaikan informasi pelaksanaan PKM di Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman yang terbagi menjadi dua gelombang dengan jadwal yang tertera pada tabel berikut:

Jadwal Gelombang 1

10 – 16 Februari 2021 Revisi proposal sesuai panduan 2021
17 Februari 2021 Mengirim File Ke Tim SATGAS Universitas
18-19 Februari 2021 Cek Administasi oleh SATGAS
20-21 Februari 2021 Final Chek oleh TIM Dosen Universitas Jenderal Soedirman
17-22 Februari 2021 Buat Akun untuk mahasiswa dan Dosen Pendamping
22-23 Februari 2021 Upload Proposal ke PKM Simbelmawa

 

Jadwal Gelombang 2

13 Februari 2021 Batas Akhir Unggah Proposal PKM di Tingkat Univ.
14 Februari 2021 Review Tingkat Univ
15 Februari 2021 Pengumunan Proposal yang layak untuk di unggah ke sisbel mawa
15 – 18 Februari 2021 Revisi Proposal sesuai panduan 2021,
19 Februari 2021 Mengirim File Ke Tim SATGAS Universitas
20-21 Februari 2021 Cek Administasi SATGAS
22-23 Februari 2021 Final Chek
19-23 Februari 2021 Buat Akun
23-24 Februari 2021 Upload Proposal ke PKM Simbelmawa

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana peserta menanyakan berbagai hal yang masih belum dipahami. Besar harapan fakultas, mahasiswa FIKes dapat mengikuti kompetisi ini dengan penuh semangat dan ada target ke PIMNAS 2021. Ayo Semangat Generasi Soedirman, Sampai Bertemu di PIMNAS 2021. Maju Terus Pantang Mundur!!!

Bagi yang ingin menyaksikan ulang acara ini dapat mengakses link berikut https://youtu.be/LPrazB3MzS4 (UKMPR Unsoed)

Materi:

Sosialisasi Schedule PKM Unsoed