Perkuliahan semester genap tahun ini sudah di depan mata, dan para dosen Farmasi UNSEOD pun sedang sibuk mempersiapkannya. Salah satu persiapan penting sebelum perkuliahan yaitu penyusunan RPS atau Rencana Pembelajaran Semester.

Mengingat pentingnya penyusunan RPS, sebagai bagian penting dalam keberhasilan perkuliahan, jurusan Farmasi UNSOED mengadakan Workshop Penyusunan RPS Kamis lalu. Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki RPS terhadap materi-materi kuliah yang akan dijalankan semester depan.

Pada kesempatan tersebut, panitia mengundang pembicara dari LP3M, Tri Nugroho Adi, S.Sos, M.Si. “RPS tidak hanya berisi daftar materi kuliah, tetapi mencakup semua informasi termasuk detil penugasan dan capaian pembelajaran,” papar beliau dalam presentasinya.

Pembicara yang juga merupakan dosen Ilmu Komunikasi UNSOED ini sangat apik mengarahkan peserta workshop dalam penyusunan RPS yang baik. Dengan sangat energik dan bersemangat, materi yang disampaikan dari pukul sembilan pagi hingga siang itu, sama sekali tak membosankan. Ini dikarenakan materi disampaikan seperti cerita, yang diselipi dengan banyak humor dan guyonan menyegarkan.

Berikutnya pada sesi siang, perwakilan dari tiap laboratorium mempresentasikan rencana materi. Pada sesi tersebut, para peserta mengkritisi dan memberikan masukan jika ada materi yang tumpang tindih atau memerlukan pemutakhiran informasi.

Selanjutnya, para peserta dosen mendapat tugas untuk menyelesaikan RPS sesuai masukan dari teman sejawat, juga masukan-masukan berharga dari pembicara workshop. Target dari acara ini yaitu diselesaikannya RPS yang informatif, sebagai acuan dalam menjalankan kuliah.

Salam semangat!!