Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan acara Angkat Sumpah Ahli Kesehatan Masyarakat bagi para lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat sebanyak 55 orang yang akan menjadi tenaga ahli kesehatan masyarakat, pada hari Jum’at (20/09) di Aula Dekanat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Kampus Karangwangkal. Acara yang dimulai pukul 8 pagi dan dihadiri oleh Ketua Pengurus Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Ketua Alumni Kesehatan Masyarakat, Pimpinan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes), serta para dosen ini berlangsung khidmat dan meriah.

Bapak Taufik Kurachman, S.KM., M.Kes selaku Ketua Pengurus Daerah IAKMI Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan bahwa sampai saat ini masih terdapat berbagai masalah kesehatan khususnya di Provinsi Jawa Tengah, seperti masih tingginya angka kematian ibu dan bayi, rendahnya pemberian ASI Eksklusif, stunting, obesitas, serta masalah kesehatan lingkungan seperti rendahnya pengelolaan sampah plastik dan limbah makanan. Oleh karena itu, Beliau menghimbau agar para ahli kesehatan masyarakat yang baru diangkat sumpah ini dapat terus meningkatkan pengetahuannya terutama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 sehingga mereka dapat berkontribusi untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang ada. Beliau juga berpesan agar para ahli kesehatan masyarakat ini dapat selalu menguatkan promotif dan preventif serta menjadi teladan bagi masyarakat dengan terus berupaya untuk selalu menjaga kesehatan seperti tidak merokok dan menjaga pola hidup yang sehat. Dengan demikian, Beliau berharap kedepannya akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang saat lanjut usia tetap sehat, bugar, dan produktif, karena menjadi tua adalah sebuah keniscayaan, namun menjadi tua dalam keadaan sehat, bugar, dan produktif adalah pilihan.

Bapak Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes selaku Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed menyatakan harapannya agar para ahli kesehatan masyarakat yang telah diangkat sumpah ini dapat terus meningkatkan pengetahuannya serta selalu memiliki keinginan untuk belajar agar nantinya dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah kesehatan masyarakat di negeri ini (Aisyah Apriliciciliana Aryani).

Leave a Reply