Palu – Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) merupakan salah satu agenda ISMKMI yang dihadiri oleh seluruh perwakilan BEM/HIMA Kesehatan Masyarakat yang tercantum sebagai  anggota ISMKMI dan Pengurus ISMKMI dari tingkat Nasional, Wilayah maupun Daerah. Fakultas Ilmu ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman mengirimkan 4 orang delegasi yaitu :

  1. Rendy Manuhutu             (Pengurus Nasional ISMKMI)
  2. Rizky Dhahifa Wahyuni    (Pengurus Nasional ISMKMI)
  3. Raden Ayu Zakiyyah       (Ketua HIMA KBMKM)
  4. Sintya Chairunisa             (Kepala Divisi Pokja ISMKMI)

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas hasil kerja Sekretaris Jenderal selama setengah periode kepengurusan, membahas dan menetapkan berbagai hal untuk kemajuan ISMKMI. RAPIMNAS XIV ISMKMI ini dilaksanakan di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah pada tanggal 28 Maret-2 April 2016.

Kegiatan RAPIMNAS kali ini diawali dengan Seminar Nasional yang bertema “Dialektika Keprofesian Kesehatan Masyarakat Indonesia” dengan dua pemateri yaitu  Bapak Dr. Ridwan M. Thaha, M.Sc selaku Ketua terpilih IAKMI dan Prof. Dr. Ridwan A, S.KM.,M.Kes.,M.Sc.,PH  I selaku Wakil Ketua 1 PERSAKMI. Kesimpulan dari Seminar Nasional tersebut adalah Kurikulum Nasional, Uji Kompetensi, dan Surat Tanda Registrasi merupakan suatu rangkaian proses untuk menghasilkan lulusan Ilmu Kesehatan Masyarakat  yang berkualitas dan berkompeten. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang saling berpengaruh serta memerlukan peran stakeholder juga sinergitas yang baik dari pihak-pihak terkait untk mewujudkannya.

Setelah seminar, agenda acara dilanjutkan dengan pemaparan dan pembahasan LPJ tengah tahun kepengurusan Sekjend dan Pengurus Nasional ISMKMI tahun 2015-2017 yang dibacakan oleh A. Ikram Rifqi selaku Sekjend ISMKMI dibantu oleh Atik Q selaku Wasekjend dan perwakilan dari setiap direktorat. Kemudian dilanjutkan dengan Pleno membahas tentang Rencana Strategis ISMKMI tahun 2015-2019 yang terdiri dari 9 Komisi dengan topik berbeda dan sudah ditetapkan saat Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XIV ISMKMI di FKM Universitas Indonesia, Depok. Pembahasan Rencana Strategis ini bertujuan untuk mengumpulkan rekomendasi atau saran dari peserta pleno dalam rangka membantu merealisasikan isi rencana strategis tersebut sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

Agenda dilanjutkan dengan analisis SWOT ISMKMI dengan tujuan untuk mengetahui posisi organisasi sehingga dapat mengubah arah gerak serta mendapatkan sistem yang lebih baik demi kemajuan dan  perkembangan ISMKMI. Selanjutnya ialah Pleno pembahasan rekomendasi PTO (Petunjuk Teknis Organisasi) ISMKMI. PTO merupakan pedoman bagi seluruh anggota ISMKMI yang berisi teknis administrasi, keuangan, keanggotaan, pemilihan pejabat struktur (DPN, Sekjend, Korwil, Korda), pengenalan ISMKMI, sistem kerja, manajemen SDM pengurus, penyelenggaraan kegiatan ISMKMI, sanksi-sanksi dan perangkat tambahan. Tujuannya diadakannya PTO adalah untuk memperjelas panduan mekanisme kerja dalam ISMKMI untuk menghindari adanya perbedaan persepsi. Rekomendasi diberikan oleh para peserta pleno mengenai hal-hal yang belum diatur atau belum sesuai dengan keadaan organisasi saat ini. Hasil kajian PTO yang berupa rekomendasi ini nantinya akan dibahas dan ditetapkan saat Musyawarah Nasional (MUNAS) di Universitas Airlangga, Surabaya tahun 2017.

Pada RAPIMNAS XIV ISMKMI terpilihlah Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah HUT ISMKMI ke-25. (sc/unsoed)

Leave a Reply