Info Detail

Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan

  • Pendaftaran Doktor Keperawatan Periode 2025/2026

    • 31,Jul 2025
    • Posted By : Galih Alivian
    • 0 Comments

    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Doktor Keperawatan

    Tahun Akademik 2025/2026

        Persyaratan Program Doktor Keperawatan (S3):
    1. Cetak Formulir Pendaftaran Online rangkap 2 (dua)
    2. Cetak Check List Berkas Pendaftaran rangkap 2 (dua)
    3. Cetak Kartu Ujian 1 lembar
    4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dengan skala 4
    5. Lulusan magister dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Luar Negeri. PT dalam negeri harus terakreditasi B/setara dibuktikan dengan SK atau Sertifikat Akreditasi. Fotocopy sertifikat akreditasi program studi terbaru Rangkap 2 (dua), dengan ketentuan sebagai berikut:
    6. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
    7. Jika Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, maka dibuktikan dengan Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan bahwa Prodi tersebut sedang dalam proses perpanjangan akreditasi;
    8. Bagi WNI lulusan jenjang magister yang setara dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemendiktisaintek
    9. Memiliki STR Aktif (beri keterangan jika sedang mengurus)
    10. Memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun di bidang keperawatan (pendidikan, klinik, Puskesmas, tempat kerja lainnya di bidang kesehatan)
    11. Pernah melakukan publikasi di jurnal nasional terakreditasi atau internasional bereputasi yang diterbitkan bukan dari universitas/ lembaga asal (lebih diutamakan)
    12. Pernah mengerjakan skripsi dan thesis pada jenjang pendidikan sebelumnya
    13. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,- yang disetorkan melalui Bank MANDIRI / BRI / BNI / BTN / BANK JATENG dengan Nomor Virtual (Nomor Pendaftaran online).
    14. Bukti pembayaran biaya pendaftaran rangkap 2 (dua)
    15. Fotocopy ijazah dan transkrip akademik yang telah dilegalisir dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 dan S2) masing-masing rangkap 2 (dua)
    16. Surat pernyataan mengenai jaminan biaya pendidikan (Format terlampir, silahkan login di web spmb.pasca.unsoed.ac.id atau download di http://pasca.unsoed.ac.id/alur-pendaftaran-spmb-pascasarjana-unsoed/) rangkap 2 (dua)
    17. Rekomendasi akademik yang bersifat rahasia dari orang yang mengenal peserta pada jenjang pendidikan sebelumnya, misalnya Dosen Pembimbing Akademik atau Tesis dan rekomendasi dari calon promotor.
    18. Pas foto setengah badan berwarna (latar belakang warna merah, menggunakan hem panjang putih, dasi hitam) ukuran 4 x 6 = dua lembar
    19. Fotocopy KTP Indonesia (Warga Negara Indonesia)
    20. Fotocopy Sertifikat hasil tes potensi akademik (TPA) dengan syarat skor minimal 450 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Rangkap 2 (dua). Sertifikat bisa didapat dari lembaga resmi manapun. Pascasarjana Unsoed menyelenggarakan Tes Potensi akademik secara berkala, info dan pendaftaran di laman : upap.unsoed.ac.id
    21. Fotocopy sertifikat tes kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lama 2 tahun sebelumnya, Rangkap 2 (dua) dengan ketentuan sebagai berikut :
    22. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) dengan skor minimal 500 untuk TOEFL ITP (Institutional Testing Program), atau skor minimal 65 untuk IBT (Internet Based Test);
    23. Sertifikat kemampuan bahasa inggris IELTS (International English Language Testing System) dengan skor minimal 5,5;
    24. Sertifikasi kemampuan bahasa inggris (English Proficiency Test/TOEFL Prediction/dll) yang dikeluarkan oleh Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan Lembaga Bahasa Swasta lainnya dengan skala penilaian menyerupai/sama dengan/dapat disetarakan dengan skala penilaian pada huruf a) dan b) di atas.
    25. Rencana penelitian disertasi rangkap 2 (dua) dari hasil Pra Doktoral
    26. Karya ilmiah/ publikasi ilmiah 1 judul dari hasil Pra Doktoral
    27. Surat Ijin Belajar dari Atasan (Bagi yang Sudah Bekerja)
      Tahapan Seleksi
    Kegiatan Waktu
    Bootcamp Pra Doktoral 5-8 Agustus 2025
    Wawancara dan Presentasi 13 Agustus 2025
    Submit pendaftaran 14-15 Agustus 2025
    Verifikasi berkas 18 Agustus 2025
    Pengumuman hasil seleksi 19 Agustus 2025
    Registrasi ulang 20-21 Agustus 2025
    PKKMB dan Pengisian KRS 22 Agustus 2025
    Perkuliahan TA 2025/2026 25 Agust-26 Des 2025 (18 mgu termasuk UTS dan UAS)

    Proses pendftaran lebih lanjut klik disini

Leave A Comment