The Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman, successfully held...
Read More![]() |
Prof. Mekar Dwi Anggraeni, S.Kep., Ners., M.Kep., Ph.D. Ketua Program Studi |
Sambutan Ketua Program Studi Doktor Keperawatan
Selamat datang di Program Studi Doktor Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Jenderal Soedirman. Prodi Doktor Keperawatan FIKES Universitas Jenderal Soedirman merupakan Prodi Doktor Keperawatan pertama di Wilayah Jawa Tengah Bagian Selatan Barat. Pembukaan Pogram Studi Doktor Keperawatan sejak bulan Agustus 2025 sesuai SK Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Nomor 601/B/O/2025. Pogram Studi Doktor Keperawatan berencana mengajukan akreditasi minimal pada bulan Oktober 2025 ke LAMPTKES. Sebagai program pendidikan tertinggi di bidang keperawatan, kami memiliki komitmen yang kuat untuk mencetak lulusan yang tidak hanya unggul dalam keilmuan, tetapi juga memiliki kontribusi nyata dalam pengembangan keperawatan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Program ini dirancang untuk melahirkan pemimpin, inovator, dan peneliti di bidang keperawatan yang mampu memberikan solusi atas berbagai tantangan di dunia kesehatan.
Melalui kurikulum yang berbasis penelitian, kami memadukan nilai-nilai keilmuan, etika, dan teknologi terkini untuk mendukung mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, kami terus berupaya menjalin kemitraan dengan berbagai institusi, baik dalam maupun luar negeri, untuk memperluas jaringan kerja sama yang mendukung kegiatan akademik dan penelitian.
Kami menyambut para calon mahasiswa, mitra kerja, dan semua pihak yang ingin berkolaborasi dengan Program Studi Doktor Keperawatan Universitas Universitas Jenderal Soedirman. Mari bersama-sama mewujudkan visi kami dalam menciptakan masa depan keperawatan yang lebih baik, bermartabat, dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.
Terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Anda kepada Program Studi Doktor Keperawatan. Kami berharap, melalui website ini, Anda dapat menemukan berbagai informasi yang bermanfaat mengenai program studi kami.
“Unggul secara global dalam IPTEKS Keperawatan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan karya inovasi teknologi bidang keperawatan yang orisinal dan teruji berbasis kearifan lokal pada tahun 2034”.
Tujuan Pembelajaran
1. Peneliti / Researcher
Lulusan Program Studi Doktor Keperawatan UNSOED adalah lulusan yang mampu menguasai metode penelitian dan prinsip etik untuk menghasilkan karya inovasi teknologi bidang keperawatan berbasis kearifan lokal melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner yang orisinal dan teruji serta mendapat pengakuan secara nasional dan internasional.
2. Pendidik / Educator
Lulusan Program Studi Doktor Keperawatan UNSOED adalah lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan program edukasi /pembelajaran klinis dan komunitas yang kreatif dan inovatif berbasis kearifan lokal untuk pengembangan kinerja profesional dan peningkatan pelayanan keperawatan/kesehatan pada masyarakat.
3. Agen Perubahan/Agent of Change.
Lulusan Program Studi Doktor Keperawatan UNSOED adalah seorang doktor yang mampu mengintegrasikan ilmu keperawatan dan kearifan lokal dalam mengelola, memimpin, menghasilkan karya ilmiah dan seni terkini untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan kualitas layanan keperawatan.
Capaian Pembelajaran
No | Ranah | Capaian Pembelajaran Lulusan |
1 | Sikap (S) | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, etik, etika, prinsip, legal, dan peka budaya dalam menjalankan peran sebagai peneliti, pendidik, dan agen perubahan yang berwawasan global. |
2 | Pengetahuan (P) | Mengintegrasikan teori dan konsep dalam mengembangkan keilmuan keperawatan. |
3 | Keterampilan umum (KU) | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, berwawasan global, dan berbasis kearifan lokal melalui penelitian ilmiah, argumen saintifik, dan hasil kajian serta mendiseminasikan hasil pemikiran yang orisinil dan teruji kepada masyarakat. |
4 | Keterampilan khusus (KK1) | Mampu mengembangkan penelitian ilmiah keperawatan untuk menghasilkan inovasi teknologi yang teruji dan berbasis kearifan lokal dalam memecahkan masalah keperawatan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. |
5 | Keterampilan Khusus (KK2) | Mampu mengembangkan program pembelajaran di klinis dan komunitas yang kreatif, inovatif, berwawasan global, dan berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan. |
6 | Keterampilan Khusus (KK3) | Mampu menunjukkan kepemimpinan dan kerja sama dalam menyelesaikan masalah keperawatan yang bermanfaat bagi masyarakat secara nasional dan internasional. |
Mata kuliah, bobot sks, dan sebarannya tiap semester
Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) adalah 90. Adapun sebaran mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut:
Semester I
No | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | NSA257101 | Falsafah Keperawatan Lanjut | 3 |
2 | NSA257102 | Pengembangan Teori Keperawatan | 3 |
3 | NSA257103 | Kepemimpinan Inovatif | 3 |
4 | NSA257104 | Kebijakan Kesehatan dan Keperawatan | 3 |
5 | NSA257105 | Inovasi Teknologi dalam Keperawatan Lanjut | 3 |
6 | NSA257106 | Sistem Informasi Keperawatan Lanjut | 3 |
Jumlah | 18 |
Semester II
No | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | NSA257207 | Riset Kuantitatif Lanjut | 4 |
2 | NSA257208 | Riset Kualitatif Lanjut | 3 |
3 | NSA257209 | Pemberdayaan Masyarakat dan Kearifan Lokal Lanjut | 4 |
4 | NSA257210 | Teknologi dan Inovasi dalam Pendidikan Keperawatan | 3 |
5 | NSA257211 | Statistik Lanjut | 4 (3-1) |
Jumlah | 18 |
Semester III
No | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | NSA257312 | Seminar Pra-proposal Disertasi | 5 |
2 | NSA257313 | Seminar Proposal Disertasi | 5 |
3 | NSA257314 | Penulisan Publikasi Ilmiah | 5 |
Jumlah | 15 |
Semester IV
No | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | NSA257415 | Seminar Hasil Awal Penelitian | 6 |
2 | NSA257416 | Seminar Pengembangan Model | 5 |
3 | NSA257417 | Seminar Pengembangan Instrumen | 4 |
Jumlah | 15 |
Semester V
No | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | NSA257518 | Seminar Hasil Disertasi | 6 |
2 | NSA257519 | Penulisan Publikasi Internasional | 6 |
Jumlah | 12 |
Semester VI
No | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | NSA258620 | Promosi Doktor | 6 |
2 | NSA257621 | Penulisan Publikasi Internasional Bereputasi | 6 |
Jumlah | 12 |
The Faculty of Health Sciences, Universitas Jenderal Soedirman, successfully held...
Read MorePurwokerto, September 9, 2025 – The Faculty of Health Sciences,...
Read MorePurwokerto, 30 Agustus 2025 – Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas...
Read MoreSeleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Doktor Keperawatan Tahun Akademik...
Read MoreLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan
We firmly believe that the internet should be available and accessible to anyone, and are committed to providing a website that is accessible to the widest possible audience, regardless of circumstance and ability.
To fulfill this, we aim to adhere as strictly as possible to the World Wide Web Consortium’s (W3C) Web Content Accessibility Guidelines 2.1 (WCAG 2.1) at the AA level. These guidelines explain how to make web content accessible to people with a wide array of disabilities. Complying with those guidelines helps us ensure that the website is accessible to all people: blind people, people with motor impairments, visual impairment, cognitive disabilities, and more.
This website utilizes various technologies that are meant to make it as accessible as possible at all times. We utilize an accessibility interface that allows persons with specific disabilities to adjust the website’s UI (user interface) and design it to their personal needs.
Additionally, the website utilizes an AI-based application that runs in the background and optimizes its accessibility level constantly. This application remediates the website’s HTML, adapts Its functionality and behavior for screen-readers used by the blind users, and for keyboard functions used by individuals with motor impairments.
If you’ve found a malfunction or have ideas for improvement, we’ll be happy to hear from you. You can reach out to the website’s operators by using the following email
Our website implements the ARIA attributes (Accessible Rich Internet Applications) technique, alongside various different behavioral changes, to ensure blind users visiting with screen-readers are able to read, comprehend, and enjoy the website’s functions. As soon as a user with a screen-reader enters your site, they immediately receive a prompt to enter the Screen-Reader Profile so they can browse and operate your site effectively. Here’s how our website covers some of the most important screen-reader requirements, alongside console screenshots of code examples:
Screen-reader optimization: we run a background process that learns the website’s components from top to bottom, to ensure ongoing compliance even when updating the website. In this process, we provide screen-readers with meaningful data using the ARIA set of attributes. For example, we provide accurate form labels; descriptions for actionable icons (social media icons, search icons, cart icons, etc.); validation guidance for form inputs; element roles such as buttons, menus, modal dialogues (popups), and others. Additionally, the background process scans all of the website’s images and provides an accurate and meaningful image-object-recognition-based description as an ALT (alternate text) tag for images that are not described. It will also extract texts that are embedded within the image, using an OCR (optical character recognition) technology. To turn on screen-reader adjustments at any time, users need only to press the Alt+1 keyboard combination. Screen-reader users also get automatic announcements to turn the Screen-reader mode on as soon as they enter the website.
These adjustments are compatible with all popular screen readers, including JAWS and NVDA.
Keyboard navigation optimization: The background process also adjusts the website’s HTML, and adds various behaviors using JavaScript code to make the website operable by the keyboard. This includes the ability to navigate the website using the Tab and Shift+Tab keys, operate dropdowns with the arrow keys, close them with Esc, trigger buttons and links using the Enter key, navigate between radio and checkbox elements using the arrow keys, and fill them in with the Spacebar or Enter key.Additionally, keyboard users will find quick-navigation and content-skip menus, available at any time by clicking Alt+1, or as the first elements of the site while navigating with the keyboard. The background process also handles triggered popups by moving the keyboard focus towards them as soon as they appear, and not allow the focus drift outside of it.
Users can also use shortcuts such as “M” (menus), “H” (headings), “F” (forms), “B” (buttons), and “G” (graphics) to jump to specific elements.
We aim to support the widest array of browsers and assistive technologies as possible, so our users can choose the best fitting tools for them, with as few limitations as possible. Therefore, we have worked very hard to be able to support all major systems that comprise over 95% of the user market share including Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, Opera and Microsoft Edge, JAWS and NVDA (screen readers), both for Windows and for MAC users.
Despite our very best efforts to allow anybody to adjust the website to their needs, there may still be pages or sections that are not fully accessible, are in the process of becoming accessible, or are lacking an adequate technological solution to make them accessible. Still, we are continually improving our accessibility, adding, updating and improving its options and features, and developing and adopting new technologies. All this is meant to reach the optimal level of accessibility, following technological advancements. For any assistance, please reach out to