![]() |
Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM, M.Kes (Epid) Ketua Program Studi |
Sambutan Ketua Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Selamat datang di Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Jenderal Soedirman. Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat mulai didirikan pada September 2021 dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 389/E/O/2021. Prodi ini memiliki keunggulan dalam pengembangan ilmu kesehatan masyarakat perdesaan berbasis pemberdayaan dan kearifan lokal. Sehingga program studi ini menjadi pioneer dalam menghasilkan lulusan yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga berkontribusi nyata dalam menghadapi tantangan permasalahan kesehatan di masyarakat.
Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FIKES UNSOED memiliki sumber daya tenaga pendidik kompeten dan professional yang semuanya bergelar Doktor atau Doctor of Philosophy dengan jabatan fungsional Profesor atau Lektor Kepala. Keunggulan dan Kompetensi tenaga pendidik dapat ditunjukan dengan publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi internasional, buku, hak kekayaan intelektual (HKI), sertifikasi nasional/internasional dan sebagainya yang telah dihasilkan. Selanjutnya, Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat juga didukung dengan tenaga kependidikan yang professional dalam mendukung proses pembelajaran dan administrasi pendidikan.
Kurikulum yang terdapat di Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FIKES UNSOED didesain untuk mendukung mahasiswa dapat lulus tiga (3) semester dengan mendorong mahasiswa untuk menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal terindeks Sinta atau Scopus, karya teknologi bidang kesehatan masyarakat yang aplikatif dan luaran HKI. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FIKES UNSOED juga memiliki sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yang lengkap dan menggunakan basis teknologi dan digital sesuai dengan visi-misi program studi. Program studi Magister Kesehatan Masyarakat ini juga memiliki keunggulan secara global, meliputi visiting professor dari luar negeri di setiap semester, dan student outbond dan inbound dengan institusi luar negeri.
Kami memahami dan mendorong adanya peran aktif serta dukungan semua civitas akademika, termasuk komitmen untuk mendapatkan pengakuan global (global recognition) dalam mencapai keberhasilan proses Pendidikan di Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FIKES Universitas Jenderal Soedirman. Kami menyambut saudara dengan hanget untuk dapat meluangkan waktu untuk melihat isi website untuk mengetahui lebih dalam tentang Prodi ini dan kegiatan yang telah kami lakukan. Kami berharap anda dapat bergabung dan menjadi bagian dari civitas akademika Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jederal Soedirman.
Salam hangat,
Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM, M.Kes (Epid)
Keunggulan Prodi
Kerjasama Internasional
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, program studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FIKES Universitas Jenderal Soedirman bekerja sama dengan institusi nasional dan internasional. Adapun Kerjasama internasional telah dilakukan dengan Heilderberg University, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Sains Malaysia.
Tenaga Pendidik
Profil Tenaga Pendidik
No | Nama Dosen | Sinta | Scopus | Google Scholar |
---|---|---|---|---|
1 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM., M.Kes (Epid) | Sinta | Scopus | Google Scholar |
2 | Prof. Dr. sc. hum. Budi Aji, SKM., M.Sc. | Sinta | Scopus | Google Scholar |
3 | Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si., M.Kes., Ph.D | Sinta | Scopus | Google Scholar |
4 | Suratman, S.KM., M.Kes., Ph.D | Sinta | Scopus | Google Scholar |
5 | Dr. Arih Diyaning Intiasari, SKM., MPH | Sinta | Scopus | Google Scholar |
6 | Dr. Eri Wahyuningsih, S.Ked., MPH | Sinta | – | Google Scholar |
7 | Dr. Joko Mulyanto, M.Sc., Ph.D | Sinta | Scopus | Google Scholar |
8 | Dr. dr. Lantip Rujito, M.Si.Med | Sinta | Scopus | Google Scholar |
9 | Dr. Elviera Gamelia, S.KM., M.Kes | Sinta | Scopus | Google Scholar |
10 | Dr. Erna Kusuma Wati, S.KM., M.Si | Sinta | Scopus | Google Scholar |
11 | Dr. Dyah Umiyarni Purnamasari, S.KM., M.Si | Sinta | Scopus | Google Scholar |
Tenaga Kependidikan
Dokumen Akreditasi
Video Profil
Visi
“Unggul di tingkat global dalam pengembangan ilmu kesehatan masyarakat perdesaan berbasis pemberdayaan dan kearifan lokal tahun 2030”
Misi
Tujuan Pembelajaran
Tabel Profil Lulusan Magister Kesehatan Masyarakat FIKes UNSOED
No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 | Manager | Menjadi manager pada layanan kesehatan primer-sekunder, , middle dan Top Manajer |
PL2 | Leader | Mampu berkolaborasi/koalisi/membangun tim dengan berbagai stakeholder (lintas sektor), multidisiplin |
PL3 | Researcher | Mampu merancang penelitian , peneliti madya, peneliti yang mampu menemukan faktor penyebab masalah |
PL4 | Educator | Mampu merancang program pendidikan kesehatan di tingkat Kabupaten/Provinsi, multidisiplin, pedagogi |
PL5 | Communicator | Mampu menjadi penyampai pesan kesehatan yang efektif berdasarkan bukti di tingkat kabupaten/provinsi advokasi, influensi, negosiasi |
PL6 | Entrepreneur | Mampu merancang kegiatan kewirausahaan, mengembangkan/mengevaluasi program kemasyarakatn yang kreatif dan inovatif sesuai kondisi setempat |
PL7 | Consultant | Menjadi konsultan pratama dan madya (nasional/internasional) memimpin kegiatan konsultasi secara mandiri |
Tabel 4. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
No | CPL | Deskripsi CPL |
1 | CPL-1 | Menguasai ilmu kesehatan masyarakat (tools dan area) pada tingkat evaluasi (C5) untuk melakukan penilaian (P) situasi kesehatan masyarakat, menelaah (C), dan merancang (P) kebijakan, regulasi, sistem, program kesehatan dan sumberdaya dengan menerapkan Digital Public Health (DiPH) dalam rangka pengembangan sistem kesehatan pada tingkat program pelayanan kesehatan sekunder dengan pendekatan interdisiplin dan multidisiplin dengan penuh tanggung jawab, mandiri, dan berintegritas (S) |
2 | CPL-2 | Menguasai ilmu kesehatan masyarakat (tools dan area) pada tingkat evaluasi (C5) untuk melakukan implementasi program (P) dengan menerapkan komunikasi efektif (Communication skill) (P), berpikir sistem (system thinking) (P) dan kepemimpinan strategis (leadership) (P), dan pemberdayaan masyarakat (community dimensions of practice) (P) menggunakan pendekatan budaya setempat (local wisdom) (P) dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada tingkat program pelayanan kesehatan sekunder dengan pendekatan interdisiplin dan multidisiplin dengan penuh tanggung jawab dan mandiri (S) |
3 | CPL-3 | Menguasai ilmu kesehatan masyarakat (tools dan area) pada tingkat evaluasi (C5) untuk mengimplementasikan penjaminan mutu berkelanjutan (P) dalam peningkatan kinerja sistem kesehatan (Continuous Quality Improvement in Health System), mengembangkan kewirausahaan kesehatan masyarakat (Public Health Entrepreneurship) (P) pada tingkat program pelayanan kesehatan sekunder dengan pendekatan interdisiplin dan multidisiplin, kreatif, percaya diri, dan berintegritas (S) |
4 | CPL-4 | Menguasai ilmu kesehatan masyarakat (tools dan area) pada tingkat evaluasi (C5) untuk melakukan riset dan publikasi (P) dalam bidang kesehatan masyarakat yang berasaskan disiplin, etika, dan integritas (S). |
Penentuan Bahan Kajian
Gambaran Body of Knowledge
Tabel Bahan Kajian Berdasarkan CPL Program Studi
CPL 1 | CPL 2 | CPL 3 | CPL 4 | Bahan Kajian | Nama Mata Kuliah | Beban SKS | Semester |
v | 1. Organisasi Manajemen Kesehatan | Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Intermediet | 2 | I | |||
v | 2. Manajemen Strategik Kesehatan | ||||||
v | 3. Manajemen Sumber Daya Kesehatan | ||||||
v | 4. Kebijakan Kesehatan | ||||||
v | 5. Analisis Kebijakan | ||||||
v | 1. Menilai masalah kesehatan masyarakat (berbasis fasilitas, komunitas, dan web) | Biostatistika Intermediet | 3 | I | |||
v | 2. Analisis data perbandingan dan kecenderungan | ||||||
v | 3. Penalaran statistik (statistical reasoning) untuk pengambilan keputusan |
| |||||
v | 4. Pengenalan aplikasi statistik open source | ||||||
v | 5. Analisis data multivariabel | ||||||
v | 6. Pemanfaatan data | ||||||
v | 1. Konsep Promosi Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan | Promosi Kesehatan Intermediet | 2 | I | |||
v | 2. Health literacy dalam Promosi Kesehatan |
| |||||
v | 3. Strategi Promosi Kesehatan |
| |||||
v | 4. Metode Promosi Kesehatan |
| |||||
v | 5. Media Promkes |
| |||||
v | 6. Teori Perilaku Kesehatan |
| |||||
v | 7. Best Practice Program Promosi Kesehatan |
| |||||
v | 8. Kualitas hidup dan gaya hidup sehat |
| |||||
| |||||||
v | 1. Konsep Pendekatan Epidemiologi | Epidemiologi Intermediet | 2 | I | |||
v | 2. Desain Studi | ||||||
v | 3. Skrining dan Surveilance Kesmas | ||||||
v | 4. Aplikasi Epidemiologi | ||||||
v | 5. Quality Control and Good Epidemiological Practice | ||||||
v | 1. Gizi Kesehatan Masyarakat | Gizi Kesehatan Masyarakat Dan Kesehatan Reproduksi | 3 | I | |||
v | 2. Gizi Daur Hidup | ||||||
v | 3. Penilaian Status Gizi | ||||||
v | 4. Ekologi Pangan dan Gizi | ||||||
v | 5. KIE dan aspek sosial budaya Gizi | ||||||
v | 6. Kesehatan Seksual dan reproduksi | ||||||
v | 7. Isu Terkini Kesehatan Seksual dan Reproduksi | ||||||
v | 8. Aspek Psikososial Kesehatan Reproduksi | ||||||
v | 1. Kesehata Kerja | Keselamata Dan Kesehatan Kerja Dan Kesehatan Lingkungan Intermediet | 2 | I | |||
v | 2. Keselamatan Kerja | ||||||
v | 3. Sistem Manajemen K3 | ||||||
v | 4. Aplikasi K3 Sektoral | ||||||
v | 5. Higiene industri | ||||||
v | 6. Ergonomi Lingkungan kerja | ||||||
v | 7. Toksikologi industri | ||||||
v | 8. Kesehatan Lingkungan Sebagai Paradigma | ||||||
v | 9. Isu Global Kesling | ||||||
v | 10. Penyakit Berbasis Lingkungan | ||||||
v | 11. Sistem Manajemen Lingkungan | ||||||
| |||||||
v | 1. The principle and goals of global health | Kesehatan Global | 2 | I | |||
v | 2. Measure of health and disease in population | ||||||
v | 3. Global health human right and etic | ||||||
v | 4. Communicable diseases | ||||||
v | 5. Chronic diseases and risk | ||||||
v | 6. Environmental and occupational health | ||||||
v | 7. Public health infrastructure | ||||||
v | 8. Environment climate change and migration | ||||||
v | 9. Culture behavior and health | ||||||
v | 10. Health system and value for money in health | ||||||
v | 11. Actor in global health | ||||||
v | 12. One health | ||||||
v | 13. Management and planning for global health | ||||||
v | 14. Global health governance and diplomacy | ||||||
v | 1. Paradigma penelitian kuantitatif | Metode Penelitian Kuantitatif | 2 | I | |||
v | 2. Siklus penelitian kuantitatif |
| |||||
v | 3. Etika penelitian kuantitatif |
| |||||
v | 4. Pengumpulan data dan analisis data kuantitatif |
| |||||
v | 5. Desain dalam penelitian kuantitatif |
| |||||
v | 6. Menyusun proposal kuantitatif |
| |||||
v | 1. Penelitian Kualitatif | Metode Penelitian Kualitatif Dan Mix Method | 2 | I | |||
v | 2. Penelitian campuran (mixed) kualitatif dan kuantitatif | ||||||
v | 3. Triangulasi Data Penelitian | ||||||
v | 4. Etika Penelitian kualitatif | ||||||
v | 5. Pengumpulan data dan analisis penelitian kualitatif | ||||||
v | 6. Menyusun proposal kualitatif | ||||||
v | 1. Permasalahan kesehatan perdesaan | Kesehatan Masyarakat Perdesaan Intermediet | 2 | I | |||
v | 2. Kearifan lokal dan modal sosial | ||||||
v | 3. Model pendekatan individu, kelompok dan massal | ||||||
v | 4. Strategi pemberdayaan masyarakat perdesaan | ||||||
v | 5. Model intervensi permasalahan kesehatan perdesaan | ||||||
v | 1. Introduction to learning organization | Kepemimpinan Berpikir Sistem | 2 | II | |||
v | 2. Mental model and spiritual resources | ||||||
v | 3. Personal mastery dan visi bersama | ||||||
v | 4. Team learning | ||||||
v | 5. Visi pribadi | ||||||
v | 6. Berfikir sistem | ||||||
v | 7. Pembuatan RCA (Root Cause Analysis) | ||||||
v | 8. Leadership dalam bidang kesehatan masyarakat | ||||||
v | 9. Rencana Strategis | ||||||
v | 10. Pembuatan Rencana Strategis | ||||||
v | 1. Urgensi Gerakan sosial | Model Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan | 2 | II | |||
v | 2. Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan | ||||||
v | 3. Mobilisasi Sosial | ||||||
v | 4. Model pemberdayaan kesehatan | ||||||
v | 5. Evaluasi Model Pemberdayaan | ||||||
v | 6. Peluang Pemberdayaan Masyarakat di Pedesaan | ||||||
v | 1. Konsep Digital Public Health | Intermediet Digital Public Health | 2 | II | |||
v | 2. Analisis Big data | ||||||
v | 3. Digital Helath Promotion | ||||||
v | 4. Skrining dan Surveilens Kesmas | ||||||
v | 5. Digital Public Health and Nutrition | ||||||
v | 6. Digital Public Health dan Kesehatan Lingkungan | ||||||
v | 7. Digital Public Health Kesehatan Kerja | ||||||
v | 8. Studi Kasus Masalah Kesmas | ||||||
v | 1. How to write the introduction | Penulisan Ilmiah Dan Publikasi | 2 | II | |||
v | 2. Writing method and result section | ||||||
v | 3. Writing discussion conclusion and abstract section | ||||||
v | 4. Systematic review | ||||||
v | 5. Penulisan Tesis Proposal | ||||||
v | 1. Problem solving cycle | Resisdensi | 3 | III | |||
v | 2. Analisis situasi masalah di pelayanan kesehatan |
| |||||
v | 3. Penentuan prioritas masalah |
| |||||
v | 4. Identifikasi pemecahan masalah |
| |||||
v | 5. Pelaksanaan intervensi |
| |||||
v | 6. Evaluasi |
| |||||
v | 1. Menulis latarbelakang , tujuan dan manfaat penelitian | Seminar Proposal | 2 | III | |||
v | 2. Menuliskan landasan teori | ||||||
v | 3. Menentukan metode penelitian | ||||||
v | 4. Menyusun instrumen penelitian | ||||||
v | 1. Menulis hasil penelitian | Seminar Hasil | 2 | III | |||
v | 2. Menuliskan pembahasan | ||||||
v | 3. Mempresentasikan hasil penelitian | ||||||
v | 1. Kemampuan komprehensip di bidang kesehatan masyarakat sesuai yang diteliti | Ujian Tesis | 3 | III | |||
v | 2. Kemampuan evaluasi riset | ||||||
v | 1. Menyusun artikel publikasi | Publikasi | 3 | III | |||
v | 2. Mengirimkan ke jurnal yang sesuai | ||||||
v | 3. Memperbaiki sesuai masukan reviewer |
| |||||
Peminatan Epidemiologi | |||||||
v | 1. Konsep surveilans respon | Surveilans Intermediet | 3 | II | |||
v | 2. Analisis dan interpretasi data surveilans | ||||||
v | 3. Diseminasi hasil surveilans | ||||||
v | 4. Pengembangan program hasil surveilans | ||||||
v | 5. Spasial epidemiologi dalam surveilans | ||||||
v | 6. Evaluasi sistem surveilans | ||||||
v | 7. Pemanfaatan spasial epidemiologi dalam pengendalian penyakit | ||||||
v | 1. Transmisi penyakit | Epidemiologi Penyakit Menular Intermediet dan KLB | 3 | II | |||
v | 2. Penyakit menular utama di Indonesia | ||||||
v | 3. New emerging disease, re emerging disease | ||||||
v | 4. Neglected diseases | ||||||
v | 5. Vektor borne diseases | ||||||
v | 6. Program pengendalian | ||||||
v | 7. Tantangan pengendalian | ||||||
v | 8. Inovasi program pengendalian | ||||||
v | 9. Investigasi wabah/KLB | ||||||
v | 10. Kurva epidemiologi dan interpretasinya | ||||||
v | 11. Penyusunan rencana pengendalian KLB | ||||||
v | 12. Evaluasi KLB | ||||||
v | 1. Konsep dan lingkup pengendalian vektor dan zoonosis | Pengendalian Vector Penyakit Dan Zoonosis | 3 | II | |||
v | 2. Distribusi vektor dan zoonosis | ||||||
v | 3. Pengendalian vektor (fisik mekanik, biologi, kimia, dan lingkungan) | ||||||
v | 4. Resistensi insektisida dan pengendaliannya | ||||||
v | 5. Zoonosis di Indonesia | ||||||
v | 6. Integratif pest management | ||||||
v | 7. One health dalam pengendalian zoonosis | ||||||
v | 8. Health effects of climate change | ||||||
v | 9. The effects of environmental change on vectorborne diseases | ||||||
v | 1. Beban Penyakit PTM | Epidemiologi Penyakit Tidak Menular Intermediet | 2 | II | |||
v | 2. Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular | ||||||
v | 3. Program pengendalian PTM di Indonesia | ||||||
v | 4. Penyakit tidak menular utama di Indonesia | ||||||
v | 5. Tantangan pengendalian PTM di Indonesia | ||||||
v | 6. Inovasi pengendalian PTM | ||||||
v | 7. The effects of social environment on noncommunicable diseases | ||||||
v | Siklus pemecahan masalah | Epidemiologi Lapangan Dan Bencana | 2 | II | |||
v | Prioritas masalah | ||||||
v | Survei epidemiologi lapangan dan investigasi | ||||||
v | Pengembangan kuesioner | ||||||
v | Pengumpulan epidemiologi lapangan | ||||||
v | Siklus kebencanaan di Indonesia | ||||||
v | Penyakit dan masalah kebencanaan | ||||||
v | Pengendalian vektor saat bencana | ||||||
v | Evaluasi pengendalian bencana | ||||||
Peminatan Administarsi Kebijakan Kesehatan | |||||||
v | 1. Konsep Advokasi Kebijakan Kesehatan | Advokasi Kebijakan Kesehatan | 2 | II | |||
v | 2. Pendekatan Advokasi dalam Kebijakan Kesehatan | ||||||
v | 3. Manajemen Program Advokasi dalam Kebijakan Kesehatan | ||||||
v | 4. Analisis Kebijakan Kesehatan tahap lanjut | ||||||
v | 1. Teori Politik dalam Kebijakan Kesehatan | Politik Kebijakan Kesehatan | 2 | II | |||
v | 2. Proses Politik Kebijakan Kesehatan | ||||||
v | v | 3. Globalisasi dalam Politik Kebijakan Kesehatan | |||||
v | v | 4. Politik dalam Isu Kesehatan Global | |||||
v | 1. Konsep Efisiensi dalam ekonomi Kesehatan | Ekonomi Kesehatan | 2 | II | |||
v | 2. Metode Evaluasi ekonomi kesehatan | ||||||
v | 3. Pendanaan Kesehatan | ||||||
v | 4. Konsep Ekuitas dalam Pelayanan Kesehatan | ||||||
v | 5. Dasar Pengembangan jaminan dan asuransi kesehatan | ||||||
v | 6. JKN dan Asuransi Kesehatan Sosial | ||||||
v | 7. Konsep Managed Care | ||||||
v | 8. Metode Pembayaran Dokter | ||||||
v | 9. Isu Jaminan Kesehatan Nasional | ||||||
v | 1. Prinsip dasar manajemen Mutu | Mutu Pelayanan Kesehatan | 3 | II | |||
v | 2. Teori dan Konsep Manajemen Mutu Organisasi pelayanan kesehatan | ||||||
v | 3. Konsep kepemimpinan Mutu | ||||||
v | 4. Konsep Penjaminan Mutu | ||||||
v | 5. Nilai Kepuasan Pelanggan |
| |||||
v | 1. Konsep Pembiayaan Kesehatan | Pembiayaan Kesehatan Daerah | 2 | II | |||
v | 2. Teori Pembiayaan Kesehatan | ||||||
v | 3. Seting Prioritas dalam Pembiayaan Kesehatan | ||||||
v | 4. Implementasi Pembiayaan Kesehatan di Berbagai Wilayah | ||||||
v | 1. Konsep Sistem Kesehatan | Sistem Kesehatan | 2 | II | |||
v | 2. Ruang Lingkup Sistem Kesehatan | ||||||
v | 3. Sistem Kesehatan di berbagai Wilayah | ||||||
v | 4. Berpikir Sistem dalam Pengorganisasian Kesehatan Masyarakat | ||||||
v | 5. Model Mental Kepemimpinan dalam Sistem Kesehatan | ||||||
Peminatan Gizi | |||||||
v | 1. Konsep public health nutrition | Gizi Masyarakat Perdesaan | 2 | II | |||
v | 2. Permasalahan Gizi Makro dan intervensinya (preventif dan prmotifnya) | ||||||
v | 3. Permasalahan Gizi Mikro dan intervensinya (preventif dan prmotifnya) | ||||||
v | 4. Faktor-faktor budaya dan lingkungan yang mempengaruhi pemilihan makan seseorang, kaitan zat gizi | ||||||
v | 5. Pemecahan masalah gizi di masyarakat perdesaan, serta identifikasi peran dan fungsi tokoh masyarakat dan kebijakan dan program dengan berdasarkan kepada kearifan lokal | ||||||
v | 6. Gizi kesehatan kerja | ||||||
v | 1. Konsep Penilaian Status gizi | Analisis Status Gizi | 3 | II | |||
v | 2. Interpretasikan cara penilaian dan deteksi dini status gizi secara antropometri | ||||||
v | 3. Interpretasikan cara penilaian dan deteksi dini status gizi secara Biokimia | ||||||
v | 4. Interpretasikan cara penilaian dan deteksi dini status gizi secara Klinis | ||||||
v | 5. Interpretasikan cara penilaian dan deteksi dini status gizi secara Survey Konsumsi | ||||||
v | 6. Interpretasikan cara penilaian dan deteksi dini status gizi secara statistik vital dan ekologi | ||||||
v | 1. Prinsip dasar epidemiologi gizi | Epidemiologi Gizi | 2 | II | |||
v | 2. Epidemiologi deskriptif termasuk surveilens Gizi (mengidentifika si variable mediator, effect modifier, dan interaksi) | ||||||
v | 3. Epidemiologi analitik | ||||||
v | 4. Causal inference dan aplikasinya | ||||||
v | 5. Critical review dalam penelitian gizi klinik | ||||||
v | 1. Tahapan perencanaan program gizi | Kebijakan Dan Program Gizi Kesehatan Masyarakat | 2 | II | |||
v | 2. Studi Kasus Rancangan Program Gizi | ||||||
v | 3. Analisis data Evaluasi program | ||||||
v | 4. Kebijakan Gizi, Analisis Kebijakan | ||||||
v | 5. Informatika gizi , Evaluasi program makan bergizi | ||||||
v | 6. Aplikasi teknologi informatika untuk pengambilan keputusan dan evaluasi program penanganan masalah gizi di tingkat keluarga dan masyarakat perdesaan | ||||||
v | 1. Gizi pada ibu hamil dan menyusui (deteksi dini, faktor, riwayat diit/pola konsumsi, pengasuhan dan solusi dan intervensi permasalahan) | Gizi Kesehatan Ibu Dan Anak | 2 | II | |||
v | 2. Deteksi dini status gizi pada bayi dan balita (deteksi dini, faktor, riwayat diit/pola konsumsi, pengasuhan dan solusi dan intervensi permasalahan) | ||||||
v | 3. Deteksi dini status gizi pada anak dan remaja (deteksi dini, faktor, riwayat diit/pola konsumsi, pengasuhan dan solusi dan intervensi permasalahan) | ||||||
v | 4. Deteksi dini status gizi pada anak dan remaja (deteksi dini, faktor, riwayat diit/pola konsumsi, pengasuhan dan solusi dan intervensi permasalahan) | ||||||
v | 1. Isu global gizi dan kesehatan reproduksi | Isu Terkini Gizi dan Kesehatan Reproduksi | 2 | II | |||
v | 2. Isu terkini gizi dan penyakit tidak menular dan kesehatan reproduksi | ||||||
v | 3. Isu gender dan kesehatan reproduksi | ||||||
v | 4. Perkembangan diit untuk kesehatan reproduksi (remaja, dewasa/ Wanita usia subur, menopause/andrepouse) | ||||||
v | 5. Telaah kritis penelitian bidang gizi dan kesehatan reproduksi | ||||||
Peminatan Promosi Kesehatan | |||||||
v | 1. Prinsip promosi kesehatan di berbagai institusi (rumah sakit, sekolah, tempat kerja) | Promosi Kesehatan Institusi Intermediet | 3 | II | |||
v | 2. Rasionalisasi promosi kesehatan di berbagai institusi (rumah sakit, sekolah, tempat kerja) | ||||||
v | 3. Pendekatan epidemiologi dan komunitas pada pelayanan kesehatan | ||||||
v | 4. Implementasi serta metode dan media promosi kesehatan rumah sakit sampai dengan penilaian atau evaluasi promosi kesehatannya | ||||||
v | 5. Konsep perubahan perilaku secara individu, kelompok, dan masyarakat | ||||||
v | 6. Kaitan antara perubahan perilaku dengan promosi kesehatan | ||||||
v | 7. Teknik dalam perubahan perilaku sehingga dapat digunakan dalam perencanaan dan implemenasi perubahan perilaku baik secara individual, kelompok, maupun masyarakat. | ||||||
v | 8. Masalah-masalah kesehatan di tempat kerja, strategi asesmen risiko kesehatan di tempat kerja, manajemen risiko, | ||||||
v | 9. Perencanaan program promosi kesehatan di tempat kerja, strategi melakukan promosi kesehatan di tempat kerja, metode dan media promosi kesehatan di tempat kerja, serta evaluasi program promosi kesehatan di tempat kerja. | ||||||
v | 10. Strategi promosi kesehatan institusi (advokasi, kemitraan, bina suasana, pemberdayaan) | ||||||
v | 1. Determinan psikososial pada kesehatan dan penyakit | Teori Perilaku dan Determinan Sosial Kesehatan | 2 | II | |||
v | 2. Aspek sosial budaya dan perilaku pencarian pelayanan kesehatan | ||||||
v | 3. Teori perubahan perilaku individu dan komunitas | ||||||
v | 4. Pengukuran perilaku kesehatan di masyarakat | ||||||
v | 5. Model determinan sosial kesehatan | ||||||
v | 6. Determinan sosial dalam berbagai aspek | ||||||
v | 1. Teori komunikasi kesehatan | Strategi Komunikasi Dalam Promosi Kesehatan | 2 | II | |||
v | 2. Segmentasi audiens | ||||||
v | 3. Saluran komunikasi | ||||||
v | 4. Penyusunan pesan | ||||||
v | 5. Kolaborasi dengan stakeholder (advokasi) | ||||||
v | 6. Partisipasi masyarakat (bina suasana, dan pemberdayaan masyarakat) | ||||||
v | 7. Kreativitas dan inovasi program komunikasi kesehatan | ||||||
v | 1. Konsep media promosi kesehatan | Desain Media Promosi Kesehatan | 2 | II | |||
v | 2. Jenis media promosi kesehatan | ||||||
v | 3. Rencana pengembangan Media Promosi Kesehatan | ||||||
v | 4. Riset Media | ||||||
v | 5. Evaluasi Media promosi Kesehatan | ||||||
v | 6. Best practice media berdasarkan kearifan lokal | ||||||
v | 1. Konsep promosi kesehatan perdesaan dan Permasalahan | Aplikasi Promosi Kesehatan Perdesaan | 2 | II | |||
v | 2. Desain promkes perdesaan (need & resources assessment yankes perdesaan) | ||||||
v | 3. Review Evidence Based Program Promosi Kesehatan Perdesaan | ||||||
v | 4. Perencanaan pembiayaan promosi kesehatan perdesaan | ||||||
v | 5. Implementasi promosi kesehatan perdesaan | ||||||
v | 6. Evaluasi dan Challenge promosi kesehatan perdesaan | ||||||
v | 7. Pemanfaatan sosio-support network, partnership dan kearifan lokal dalam promosi kesehatan perdesaan | ||||||
v | 8. Aplikasi Program Promosi Kesehatan Perdesaan | ||||||
v | Konsep pemasaran sosial | Pemasaran Sosial Dalam Promosi Kesehatan | 2 | II | |||
v | Manajemen pemasaran sosial | ||||||
v | Riset pemasaran | ||||||
v | Periaku pembeli, peran dan determinan pemasaran sosial | ||||||
v | Komunikasi pemasaran sosial | ||||||
v | Evaluasi program pemasaran sosial | ||||||
v | Pengembangan program pemasaran sosial |
A. Konsentrasi:
B. Kurikulum:
Daftar Mata Kuliah :
Tabel 1. Daftar Mata Kuliah per Semester-I
SEMESTER I | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot sks | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | KMB2251101 | Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Intermediet | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 | KMB2251102 | Biostatistika Intermediet | 3 | 0 | 0 | 3 |
3 | KMB2251103 | Promosi Kesehatan Intermediet | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | KMB2251104 | Epidemiologi Intermediet | 2 | 0 | 0 | 2 |
5 | KMB2251105 | Gizi Kesehatan masyarakat dan Kesehatan reproduksi | 3 | 0 | 0 | 3 |
6 | KMB2251106 | Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan Intermediet | 2 | 0 | 0 | 2 |
7 | KMB2251107 | Kesehatan Global | 2 | 0 | 0 | 2 |
8 | KMB2251108 | Metode Penelitian Kuantitatif | 2 | 0 | 0 | 2 |
9 | KMB2251109 | Metode Penelitian Kualitatif dan Mix Method | 2 | 0 | 0 | 2 |
10 | KMB2251110 | Kesehatan Masyarakat Perdesaan Intermediet | 2 | 0 | 0 | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester I | 22 | 0 | 0 | 22 |
Tabel 1. Daftar Mata Kuliah per Semester-II
SEMESTER II | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot sks | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | KMB2251211 | Kepemimpinan Berpikir Sistem | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 | KMB2251212 | Model Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan | 2 | 0 | 0 | 2 |
3 | KMB2251213 | Intermediet Digital Public Health | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | KMB2252114 | Penulisan Ilmiah dan Publikasi | 2 | 0 | 0 | 2 |
Peminatan | 13 | 13 | ||||
Jumlah Beban Studi Semester II | 21 | 0 | 0 | 21 |
Tabel 1. Daftar Mata Kuliah per Semester-III
SEMESTER III | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot sks | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | KMB2251338 | Residensi | 3 | 0 | 0 | 3 |
2 | KMB2251339 | Seminar Proposal | 2 | 0 | 0 | 2 |
3 | KMB2251340 | Seminar Hasil | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | KMB2251341 | Ujian Tesis | 3 | 0 | 0 | 3 |
5 | KMB2251342 | Publikasi | 3 | 0 | 0 | 3 |
Jumlah Beban Studi Semester III | 13 | 0 | 0 | 13 |
Mata Kuliah Pilihan Peminatan
a. Peminatan Epidemiologi
No | Semester | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot sks | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | ||||
1 | II | KMB2251215 | Surveilans intermediet | 3 | 0 | 0 | 3 |
2 | II | KMB2251216 | Epidemiologi penyakit menular intermediet | 3 | 0 | 0 | 3 |
3 | II | KMB2251217 | Pengendalian vector penyakit dan zoonosis | 3 | 0 | 0 | 3 |
4 | II | KMB2251218 | Epidemiologi Penyakit Tidak Menular Intermediet | 2 | 0 | 0 | 2 |
5 | II | KMB2251219 | Epidemiologi Lapangan dan Bencana | 2 | 0 | 0 | 2 |
Jumlah Beban Studi | 13 | 0 | 0 | 13 |
b. Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)
No | Semester | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot sks | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | ||||
1 | II | KMB2251220 | Advokasi kebijakan kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 | II | KMB2251221 | Politik Kebijakan Kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
3 | II | KMB2251222 | Ekonomi kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | II | KMB2251223 | Mutu Pelayanan Kesehatan | 3 | 0 | 0 | 3 |
5 | II | KMB2251224 | Pembiayaan Kesehatan Daerah | 2 | 0 | 0 | 2 |
6 | II | KMB2251225 | Sistem Kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
Jumlah Beban Studi | 13 | 0 | 0 | 13 |
c. Peminatan Gizi Masyarakat
No | Semester | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot sks | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | ||||
1 | II | KMB2251226 | Gizi Masyarakat Pedesaan | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 | II | KMB2251227 | Analisis Status Gizi | 3 | 0 | 0 | 3 |
3 | II | KMB2251228 | Epidemiologi Gizi | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | II | KMB2251229 | Kebijakan Program Gizi Masyarakat | 2 | 0 | 0 | 2 |
5 | II | KMB2251230 | Gizi Kesehatan Ibu dan Anak | 2 | 0 | 0 | 2 |
6 | II | KMB2251231 | Isu Terkini Gizi dan Kesehatan reproduksi | 2 | 0 | 0 | 2 |
Jumlah Beban Studi | 13 | 0 | 0 | 13 |
d. Peminatan Promosi Kesehatan
No | Semester | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot sks | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | ||||
1 | II | KMB2251232 | Promosi Kesehatan institusi Intermediet | 3 | 0 | 0 | 3 |
2 | II | KMB2251233 | Teori Perilaku dan Determinan Sosial Kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
3 | II | KMB2251234 | Strategi komunikasi dalam promosi Kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | II | KMB2251235 | Desain media promosi Kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
5 | II | KMB2251236 | Aplikasi Promosi Kesehatan Perdesaan | 2 | 0 | 0 | 2 |
6 | II | KMB2251237 | Pemasaran Sosial dalam Promosi Kesehatan | 2 | 0 | 0 | 2 |
Jumlah Beban Studi | 13 | 0 | 0 | 13 |
C. Kegiatan Akademik Lainnya
Berikut ini kegiatan yang sudah dilakukan untuk mendukung suasana akademik yang sudah dilakukan:
Kemahasiswaan
Prestasi Mahasiswa
Mahasiswa FIKes UNSOED aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ilmiah dan kompetisi, menunjukkan semangat inovatif dan kontribusi nyata di bidang kesehatan masyarakat.
Beberapa prestasi membanggakan di antaranya:
🏆 Best Oral Presenter dalam International Conference on Health Science (ICHS) 2023 atas nama Suzina Yatapya dan Imah Nur Chasanah.
🥈 Medali Perak dan 🥉 Medali Perunggu dalam Penulisan Ilmiah Nasional – The 2nd IPHO 2023.
🥈 Juara 2 dalam Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah 2023.
🎤 Berbagai presentasi ilmiah dalam konferensi internasional oleh mahasiswa seperti Teguh Purnomo, Qonitah Fitri Prathiwi, Nadya Elsa Cahyaningrum, dan lainnya.
Prestasi ini menjadi bukti komitmen mahasiswa FIKes UNSOED dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, serta kontribusi nyata terhadap masyarakat.
Berikut adalah pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik (misalnya prestasi dalam penelitian, lomba karya ilmiah, olahraga dan seni).
No | Nama Kegiatan | Waktu Penyelenggaraan | Tingkat Provinsi/Wilayah | Tingkat Nasional | Tingkat Internasional | Prestasi yang Dicapai |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Best Oral Presenter a.n. Suzina Yatapya |
2 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Best Oral Presenter a.n. Imah Nur Chasanah |
3 | PIN (Penulisan Ilmiah Nasional) – The 2nd IPHO 2023 | Sep–Nov 2023 | – | √ | – | Medali Perunggu Lomba Poster a.n. Intan Henda Ardiani, Firdaus Wulan, Salsa Adi Aldila |
4 | PIN (Penulisan Ilmiah Nasional) – The 2nd IPHO 2023 | Sep–Nov 2023 | – | √ | – | Medali Perak Lomba Poster a.n. Fauzia Annafatun Nisa, Ananda Bella Yustisia, Nagita Vicilya Utami |
5 | Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah | 12–18 April 2023 | – | √ | – | Juara 2 a.n. dr. Emma Puspita Kartikasari |
6 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Presenter a.n. Teguh Purnomo |
7 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Presenter a.n. Qonitah Fitri Prathiwi |
8 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Presenter a.n. Nichola Noelle Kotale |
9 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Presenter a.n. Nadya Elsa Cahyaningrum, Ali Taqwim |
10 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Presenter a.n. Farras Arlinda Rachmawati |
11 | ICHS | 20–21 September 2023 | – | √ | – | Presenter a.n. Eni Widhiyaastuti |
Tabel Rekognisi / Prestasi Dosen Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat FIKes UNSOED (2021–2023)
No. | Nama Dosen | Rekognisi / Prestasi yang Dicapai | Lembaga | Waktu Pencapaian | Tingkat |
---|---|---|---|---|---|
1 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM., M.Kes (Epid) | Visiting Professor S2 Unjani | Univ. Ahmad Yani | 2023 | Nasional |
Hibah Penelitian LPDP (Riset Desa) | LPDP | 2022 | Nasional | ||
Pengurus PP IAKMI (Bansus Diklat) | IAKMI | 2022–2025 | Nasional | ||
Anggota Kolegium Kesmas Indonesia | IAKMI | 2023–sekarang | Nasional | ||
Mentor FETP Frontline | BBPK Ciloto | 2023 | Nasional | ||
Tenaga Ahli AMDAL Bid. Kesehatan | DLH Banyumas | 2020–sekarang | Nasional | ||
Editor & Reviewer berbagai jurnal nasional | Berbagai instansi | 2020–sekarang | Nasional | ||
Asesor LamPTKes | LamPTKes | 2022–sekarang | Nasional | ||
Pembahas RPJPD Jateng 2025–2045 | Bappeda Jateng | 2023 | Nasional | ||
Supervisor Global Competition for Life Sciences | GlocoLis, IYSA, IPB | 2022 | Internasional | ||
Best Poster ICHS 2023 | Unsoed | 2023 | Internasional | ||
Dosen terbaik & prestasi olahraga | FIKes / Unsoed | 2023 | Lokal | ||
2 | Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si., M.Kes., Ph.D | Pembicara ICHS 2023 | Unsoed | 2023 | Internasional |
Editor Bunga Rampai BRIN | BRIN | 2023 | Nasional | ||
Reviewer jurnal internasional (BMC, IJPHSc) | Springer, IPMU | 2023 | Internasional | ||
Reviewer jurnal nasional (Sinta 2–4) | UM Gombong, Balaba | 2019–2023 | Nasional | ||
Best Oral Presenter MIPHM | UM Jakarta | 2021 | Internasional | ||
Juara 1 Book Chapter & penghargaan H-index tertinggi | FIKes UNSOED | 2021–2023 | Lokal | ||
Hibah Penelitian BRIN & Kemendikbud | BRIN, Kemendikbud | 2021–2023 | Nasional | ||
3 | Prof. Dr.Sc.hum Budi Aji, SKM., M.Sc | Pembicara & narasumber berbagai diskusi dan webinar | UNDIP, IJL, FTIK UIN | 2021–2023 | Nasional |
4 | Suratman, SKM., M.Kes., Ph.D | Reviewer berbagai jurnal kesehatan nasional | UNDIP, UNAIR, UNS | 2020–sekarang | Nasional |
Asesor LAMPTKes & Pengurus IAKMI Pusat | LAMPTKes, IAKMI | 2017–sekarang | Nasional | ||
5 | Dr. Arih Diyaning Intiasari, SKM., M.PH | Pengurus IAKMI & PERSAKMI | IAKMI, PERSAKMI | 2022–2023 | Nasional |
Kontributor World Justice Project | WJP | 2022–2023 | Internasional | ||
6 | dr. Joko Mulyanto, M.Sc, Ph.D | Invited Speaker International Conference on NCDs | Univ. Panca Sakti | 2023 | Internasional |
Reviewer PKKM & Matching Fund | DIKTI Kemendikbud | 2023 | Nasional | ||
Academic Editor PLOS One & Reviewer jurnal Scopus | PLOS, Springer, BMJ | 2021–2023 | Internasional | ||
7 | Dr. dr. Lantip Rujito, M.Si. Med | Asesor LamPTKes & Tenaga Ahli Thalassemia | LamPTKes, Pemda Banyumas | 2020–sekarang | Nasional |
Reviewer Jurnal Clinical Laboratory Analysis | Wiley | 2021–sekarang | Internasional |
No. | Nama Dosen | Jenis Kegiatan | Institusi & Tempat | Waktu | Sebagai Penyaji | Sebagai Peserta |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM., M.Kes (Epid) | Seminar Nasional “Pengembangan Sumber Daya Perdesaan XII” | LPPM Unsoed, Hotel Java Heritage Purwokerto | 4–5 Okt 2022 | ✅ | |
ICMA-SURE 2022 | LPPM Unsoed, Hotel Java Heritage Purwokerto | 8–9 Nov 2022 | ✅ | |||
Seminar Nasional XIII & ICMA-SURE 2023 | LPPM Unsoed | 17–20 Okt 2023 | ✅ | |||
Seminar Epidemiologi Series: Omicron | BBPK Ciloto | 10 Maret 2022 | ✅ | |||
Webinar “Wujudkan Indonesia Bebas Dengue” | Kemenkes RI – PAEI | 25 Juli 2023 | ✅ | |||
Kagama Telekonseling 17 | Kagama UGM | 5 Nov 2022 | ✅ | |||
Epid Mini Course | Komunitas Penggiat Epidemiologi | 15 Jan 2023 | ✅ | |||
Seminar Nasional IAKMI Banyumas | IAKMI – Hotel Surya Yudha | 23 Juli 2022 | ✅ | |||
Webinar Epidemiolog Tangguh | Kemenkes, KTKI, PAEI | 16 Agustus 2022 | ✅ | |||
Webinar Strategi Pencegahan Dengue | Pusat Kedokteran Tropis UGM | 17 Juni 2022 | ✅ | |||
2 | Prof. Dr.sc.hum. Budi Aji, SKM., M.Sc. | Seminar Nasional Pengembangan SD Perdesaan XII | LPPM Unsoed, Hotel Java Heritage Purwokerto | 4–5 Okt 2022 | ✅ | |
ICMA-SURE 2023 | LPPM Unsoed, Hotel Java Heritage Purwokerto | 19–20 Okt 2023 | ✅ | |||
Workshop Literature Review | STIKES Indramayu | 1 Juni 2020 | ✅ | |||
Diskusi ISMKMI FKM Undip | FKM Undip | 30 Okt 2021 | ✅ | |||
Webinar Publikasi Ilmiah | International Journal Labs | 19 Feb 2022 | ✅ | |||
Diskusi Rutin Dosen | FTIK UIN Saizu Purwokerto | 7 Feb 2023 | ✅ | |||
Workshop Analisis Bibliometri | FIKes Unsoed | 3 Des 2022 | ✅ | |||
English for Specific Purpose Class | Unsoed Language Service | 1 Ags – 13 Sep 2022 | ✅ | |||
Workshop Systematic Review | FIKes Unsoed | 4 Maret 2023 | ✅ | |||
Pelatihan Strategi Tembus Jurnal | UIN Saizu Purwokerto | 7 Feb 2023 | ✅ | |||
3 | Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si., M.Kes., Ph.D | Seminar Nasional SD Perdesaan XII | Hotel Java Heritage Purwokerto | 4 Okt 2022 | ✅ | |
ICMA-SURE 2022 | Hotel Java Heritage Purwokerto | 8–9 Nov 2022 | ✅ | |||
ICMA-SURE 2023 | Hotel Java Heritage Purwokerto | 19 Okt 2023 | ✅ | |||
The 5th ICHS | Hotel Java Heritage Purwokerto | 20 Sep 2023 | ✅ | |||
4 | Suratman, S.KM., M.Kes., Ph.D | Seminar Nasional SD Perdesaan XII | Hotel Java Heritage Purwokerto | 4–5 Okt 2022 | ✅ | |
ICMA-SURE 2023 | Hotel Java Heritage Purwokerto | 19–20 Okt 2023 | ✅ | |||
5 | Dr. Arih Diyaning Intiasari, SKM., MPH | ICMA-SURE 2023 | Hotel Java Heritage Purwokerto | 19–20 Okt 2023 | ✅ | |
Forum Diskusi Denpasar 12 | Jakarta | 8 Feb 2023 | ✅ | |||
Workshop MBKM | FIKes Unsoed | 20 Des 2022 | ✅ | |||
Scientific Writing Workshop | LPPM Unsoed | 4 Jan 2023 | ✅ | |||
Webinar Layanan Hipertensi & Jantung | Adinkes Jakarta | 28 Maret 2023 | ✅ | |||
ToT TB Prevention Agent | FIKes Unsoed | 16 Okt 2023 | ✅ | |||
6 | Dr. dr. Lantip Rujito, MSi.Med | 3rd Annual Meeting INASHG | Surabaya | 22 Sep 2022 | ✅ | |
7 | Dr. Eri Wahyuningsih, S.Ked., M.Kes | Seminar Nasional SD Perdesaan XII | Hotel Java Heritage Purwokerto | 4–5 Okt 2022 | ✅ | |
ICMA-SURE 2023 | Hotel Java Heritage Purwokerto | 19–20 Okt 2023 | ✅ | |||
8 | dr. Joko Mulyanto, M.Sc., Ph.D | Pelatihan Etik Penelitian | Unsoed | 1–2 Des 2023 | ✅ | |
Workshop Graphpad Prism | Unsoed | 31 Ags – 1 Sep 2023 | ✅ | |||
Workshop CBT | Unsoed | 17–18 Juli 2023 | ✅ | |||
Kongres PD3KMI & Munas BKSIKMIKKIKP | FK Unair | 24–25 Juni 2023 | ✅ | |||
Workshop Etik Dasar Penelitian | Unsoed | 21–22 Agustus 2022 | ✅ |
Tabel Data Penelitian Dosen Prodi S2 Kesehatan Masyarakat FIKes UNSOED
No | Nama Dosen | Judul Penelitian | Mata Kuliah | Bentuk Integrasi | Tahun Penelitian |
---|---|---|---|---|---|
1 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki | Pengembangan model surveilans migrasi malaria berbasis kearifan lokal di Kab. Banyumas (Tahun I) | Surveilans Epidemiologi | Memperkaya bahan ajar berupa contoh penerapan surveilans | 2021 |
2 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki | Pengembangan model surveilans migrasi malaria berbasis kearifan lokal di Kab. Banyumas (Tahun II) | Surveilans Epidemiologi | Memperkaya bahan ajar berupa contoh penerapan surveilans | 2022 |
3 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki | Pengembangan model surveilans migrasi malaria berbasis kearifan lokal di Kab. Banyumas (Tahun III) | Surveilans Epidemiologi | Memperkaya bahan ajar berupa contoh penerapan surveilans | 2023 |
4 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki | Evaluasi Pelaksanaan Vaksin Covid-19 dan Kepuasan Pengguna | Epidemiologi Penyakit Menular | Tambahan bahan ajar & studi kasus | 2023 |
5 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki | Pola peran keluarga dalam pendampingan pengobatan penderita TB | Epidemiologi Penyakit Menular | Tambahan bahan ajar & studi kasus | 2021 |
6 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki | Desa tangguh pandemi Covid-19 berbasis petani sehat dan berdaya | Model Pemberdayaan Masyarakat | Tambahan bahan ajar | 2022 |
7 | Siwi Pramatama M.W. | Developing COVID-19 Dashboard for Supporting Surveillance | Surveilans Epidemiologi | Tambahan bahan ajar | 2021 |
8 | Siwi Pramatama M.W. | Pemberdayaan Lansia Keluarga Migran | Model Pemberdayaan Masyarakat | Pengayaan materi & slide kuliah | 2021 |
9 | Siwi Pramatama M.W. | Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 | Epidemiologi | Pengayaan materi & studi kasus | 2022 |
10 | Siwi Pramatama M.W. | Kajian Integratif Vaksinasi Covid-19 | Epidemiologi Penyakit Menular | Tambahan bahan ajar | 2023 |
11 | Siwi Pramatama M.W. | Need Assessment dan Pemetaan Permasalahan Kesehatan | Epidemiologi Lapangan | Contoh kasus kajian mahasiswa | 2023 |
12 | Siwi Pramatama M.W. | Pengembangan Surveilans dan Deteksi Dengue | Surveilans Epidemiologi | Pengayaan studi kasus | 2023 |
13 | Dr. Arih Diyaning Intiasari | Perluasan kepesertaan BPJS dan akses pelayanan kesehatan sektor informal | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Referensi diskusi analisis kebijakan | 2022 |
14 | Dr. Arih Diyaning Intiasari | Procedural and Distributive Justice in Indonesia’s Healthcare System | Advokasi & Politik Kebijakan | Referensi kebijakan pembiayaan kesehatan | 2022 |
15 | Dr. Arih Diyaning Intiasari | Model Kepatuhan Pembayaran Iuran JKN | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Referensi diskusi analisis kebijakan | 2023 |
16 | Prof. Dr.sc.hum. Budi Aji | Perluasan kepesertaan BPJS sektor informal melalui koperasi | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Pengayaan materi kuliah | 2021 |
17 | Prof. Dr.sc.hum. Budi Aji | Global Burden of 369 Diseases and Injuries | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Pengayaan analisis kebijakan | 2021 |
18 | Suratman | Aplikasi Teknologi Pengelolaan Sampah Covid-19 (Tahun I) | Kesehatan Lingkungan dan K3 | Pengayaan materi kuliah | 2021 |
19 | Suratman | Aplikasi Teknologi Pengelolaan Sampah Covid-19 (Tahun II) | Kesehatan Lingkungan dan K3 | Pengayaan materi kuliah | 2022 |
20 | Suratman | Model Teknologi Higiene dan Sanitasi | Kesehatan Lingkungan dan K3 | Pengayaan materi kuliah | 2023 |
21 | Dr. Eri Wahyuningsih | Survei Kepuasan Pengguna Layanan Pandemi Covid-19 | Kesehatan Masyarakat Perdesaan | Pengayaan materi kuliah | 2021 |
22 | Dr. Eri Wahyuningsih | Pola Asuh Anak Pekerja Migran | Kesehatan Masyarakat Perdesaan | Pengayaan materi kuliah | 2022 |
23 | Dr. Eri Wahyuningsih | Kajian Kebijakan PPKS di Perguruan Tinggi | Kesehatan Masyarakat Perdesaan | Pengayaan materi kuliah | 2022 |
24 | Dr. Eri Wahyuningsih | Penguatan Jejaring Pencegahan KBG | Kesehatan Masyarakat Perdesaan | Pengayaan materi kuliah | 2023 |
25 | Dr. Joko Mulyanto | Analisis Aksesibilitas Program PROLANIS | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Pengayaan materi kuliah | 2021 |
26 | Dr. Joko Mulyanto | Studi Pengetahuan & Kebutuhan Layanan Mental | Mutu Pelayanan Kesehatan | Pengayaan materi kuliah | 2021 |
27 | Dr. Joko Mulyanto | Peningkatan Akses PROLANIS untuk Diabetes | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Pengayaan materi kuliah | 2022 |
28 | Dr. Joko Mulyanto | Hubungan Hormon Melatonin dan Gangguan Tidur | Ekonomi Kesehatan | Pengayaan materi kuliah | 2022 |
29 | Dr. Joko Mulyanto | Optimalisasi Layanan PROLANIS | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Pengayaan materi kuliah | 2023 |
30 | Dr. Joko Mulyanto | Profiling Micro-RNAs Thalassemia Minor | Epidemiologi Tidak Menular | Pengayaan materi kuliah | 2023 |
31 | Dr. Joko Mulyanto | Pengaruh Intervensi Relaksasi Nafas Dalam | Mutu Pelayanan Kesehatan | Pengayaan materi kuliah | 2023 |
32 | Dr. Lantip Rujito | Faktor Penghambat dan Pendukung Kontrol Glikemik | Epidemiologi Penyakit Menular | Pengayaan materi kuliah | 2022 |
33 | Dr. Lantip Rujito | Gangguan Emosi dan Tidur terhadap Hormon Melatonin | Epidemiologi Penyakit Tidak Menular | Pengayaan materi kuliah | 2022 |
34 | Dr. Lantip Rujito | Profiling Micro-RNAs Thalassemia Minor | Epidemiologi Penyakit Tidak Menular | Pengayaan materi kuliah | 2023 |
No. | Nama Dosen | Nama Kegiatan PkM | Mata Kuliah | Bentuk Integrasi |
---|---|---|---|---|
1 | Prof. Dr. Dwi Sarwani Sri Rejeki, SKM, M.Kes (Epid) | Peningkatan Kapasitas Kader dalam Surveilans COVID-19 di Desa Kedungbanteng | Model Pemberdayaan Masyarakat | Materi CBL pertemuan ke-14 |
Optimalisasi peran keluarga sebagai upaya peningkatan kualitas hidup penderita TB di Kab. Banyumas | Model Pemberdayaan Masyarakat | Materi CBL pertemuan ke-13 | ||
Pemberdayaan Kader dalam Pelacakan Kontak Covid-19 di Desa Linggasari | Model Pemberdayaan Masyarakat | Materi CBL pertemuan ke-12 | ||
Manajemen Terpadu Pengendalian Hipertensi pada Petani | Pemberdayaan Masyarakat | Materi CBL pertemuan ke-11 | ||
Workshop Jumantik Cilik di Kabupaten Banyumas | Pemberdayaan Masyarakat | Materi CBL pertemuan ke-11 | ||
Dukungan Sosial bagi Penderita TB Paru dan Peran PMO | Pemberdayaan Masyarakat | Materi CBL pertemuan ke-11 | ||
Pentingnya membawa bekal untuk anak (Siaran RRI Purwokerto) | Pemberdayaan Masyarakat | Materi CBL pertemuan ke-11 | ||
2 | Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si., M.Kes., Ph.D | Optimalisasi Peran Keluarga dalam Peningkatan Kualitas Hidup Penderita TB | Epidemiologi Penyakit Menular | Pengayaan bahan ajar (PPT) |
Peningkatan Kapasitas Kader Surveilans COVID-19 | Model Pemberdayaan Masyarakat | Contoh model pemberdayaan (Pertemuan 13) | ||
Pemberdayaan Kader dalam Contact Tracing Covid-19 | Surveilans Epidemiologi | Tambahan bahan ajar teknik penyelidikan (Pertemuan 14) | ||
Intervensi Terpadu Posbindu PTM | Epidemiologi Penyakit Tidak Menular | Tambahan bahan ajar program STEPWISE WHO (Pertemuan 4) | ||
3 | Suratman, S.KM., M.Kes., Ph.D | Cara Penularan dan Pencegahan TB Paru | Epidemiologi Kesehatan Lingkungan | Materi perkuliahan / CBL |
Cara Penularan dan Pencegahan Pneumonia pada Anak | Epidemiologi Kesehatan Lingkungan | Materi perkuliahan / CBL | ||
Penyakit Tular Vektor dan Pencegahannya | Epidemiologi Kesehatan Lingkungan | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 13) | ||
Faktor Risiko DBD dan Pencegahannya | Epidemiologi Kesehatan Lingkungan | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 13) | ||
Faktor Risiko Hipertensi dan Pencegahannya | Epidemiologi Kesehatan Lingkungan | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 9) | ||
Faktor Risiko Lingkungan dalam Kejadian Stunting | Kesehatan Lingkungan & K3 | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 9) | ||
4 | Prof. Dr. Budi Aji, SKM, M.Sc | Pencegahan Low Back Pain pada Pekerja Home Industri | Manajemen Program Kesehatan Desa | Materi perkuliahan (Pertemuan 2) |
Tantangan Car Free Day dalam Pengurangan Emisi CO2 | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Pengayaan bahan diskusi | ||
Kolaborasi Kesehatan dalam Pengendalian Gangguan Persendian | Manajemen & Kebijakan Kesehatan | Pengayaan bahan diskusi | ||
5 | Dr. Eri Wahyuningsih, S.Ked., M.Kes | PKM Berbasis Riset: Teknik KIE dalam Pengembangan PIK Remaja | Ilmu Sosial dan Perilaku | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 14) |
Posyandu Remaja untuk Anak Pekerja Migran | Kesmas Perdesaan | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 13) | ||
Optimalisasi Bahan Pangan Lokal untuk Gizi Balita | Kesmas Perdesaan | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 2) | ||
Parenting: “Bullying No, Sayang Teman Yes!” | Ilmu Sosial & Perilaku | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 12) | ||
Pelatihan Konselor Sebaya Mahasiswa FISIP | Ilmu Sosial & Perilaku | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 14) | ||
Pelatihan Teknik Dasar Konseling untuk Dosen PA | Ilmu Sosial & Perilaku | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 14) | ||
Narasumber Seminar Sendika 2023: Anti Perundungan | Ilmu Sosial & Perilaku | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 14) | ||
6 | Dr. Arih Diyaning Intiasari, S.K.M., MPH | Keluarga Peduli Hipertensi pada Lansia | Sistem Kesehatan | Referensi perkuliahan (Pertemuan 12) |
Pemberdayaan Ibu Hamil dan Kader Cegah Hipertensi | Manajemen Kebijakan Kesehatan | Materi perkuliahan (Pertemuan 13) | ||
Dialog Lintas Purwokerto: Hari DBD Asean | Advokasi & Politik Kebijakan Kesehatan | Materi perkuliahan (Pertemuan 5) | ||
7 | Dr. dr. Lantip Rujito, M.Si.Med | Pengembangan Perbup Banyumas: Pencegahan Thalassemia | Epidemiologi Penyakit Tidak Menular | Materi perkuliahan / CBL (Pertemuan 13) |
Fasilitasi YTI dalam Implementasi Pencegahan Thalassemia | Epidemiologi Penyakit Tidak Menular | Materi perkuliahan (Pertemuan 13) | ||
8 | dr. Joko Mulyanto, M.Sc., Ph.D | Sosialisasi Pencegahan COVID-19 di Kelurahan Rejasari | Mutu Pelayanan Kesehatan | Materi perkuliahan (Pertemuan 6) |
Sosialisasi Pencegahan COVID-19 di Purwokerto Lor | Mutu Pelayanan Kesehatan | Materi perkuliahan (Pertemuan 7) | ||
Revitalisasi Posbindu “Mugi Waras” | Mutu Pelayanan Kesehatan | Materi perkuliahan (Pertemuan 8) |
Berdasarkan hasil tracing alumni Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu- Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman:
Jumlah lulusan tahun 2023 sebanyak 6 alumni.
Sebanyak 83,3% alumni bekerja dan 16,7% berwirausaha.
Seluruh alumni memperoleh pekerjaan kurang dari 6 bulan setelah lulus (rata-rata 1 bulan sebelum kelulusan).
Alumni bekerja di Kabupaten Banyumas sebesar 66,7% dan 23,3% bekerja di luar negeri.
Jalur Reguler : https://pasca.bapendik.unsoed.ac.id/
Jalur RPL : https://rpl.unsoed.ac.id/
Sebagai catatan untuk RPS Prodi Magister Kesmas yang dibuka hanya untuk Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan dan diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang punya pengalaman sebagai Pimpinan di Instansi Tempat Kerja dan telah memenuhi persyaratan.
Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan
We firmly believe that the internet should be available and accessible to anyone, and are committed to providing a website that is accessible to the widest possible audience, regardless of circumstance and ability.
To fulfill this, we aim to adhere as strictly as possible to the World Wide Web Consortium’s (W3C) Web Content Accessibility Guidelines 2.1 (WCAG 2.1) at the AA level. These guidelines explain how to make web content accessible to people with a wide array of disabilities. Complying with those guidelines helps us ensure that the website is accessible to all people: blind people, people with motor impairments, visual impairment, cognitive disabilities, and more.
This website utilizes various technologies that are meant to make it as accessible as possible at all times. We utilize an accessibility interface that allows persons with specific disabilities to adjust the website’s UI (user interface) and design it to their personal needs.
Additionally, the website utilizes an AI-based application that runs in the background and optimizes its accessibility level constantly. This application remediates the website’s HTML, adapts Its functionality and behavior for screen-readers used by the blind users, and for keyboard functions used by individuals with motor impairments.
If you’ve found a malfunction or have ideas for improvement, we’ll be happy to hear from you. You can reach out to the website’s operators by using the following email
Our website implements the ARIA attributes (Accessible Rich Internet Applications) technique, alongside various different behavioral changes, to ensure blind users visiting with screen-readers are able to read, comprehend, and enjoy the website’s functions. As soon as a user with a screen-reader enters your site, they immediately receive a prompt to enter the Screen-Reader Profile so they can browse and operate your site effectively. Here’s how our website covers some of the most important screen-reader requirements, alongside console screenshots of code examples:
Screen-reader optimization: we run a background process that learns the website’s components from top to bottom, to ensure ongoing compliance even when updating the website. In this process, we provide screen-readers with meaningful data using the ARIA set of attributes. For example, we provide accurate form labels; descriptions for actionable icons (social media icons, search icons, cart icons, etc.); validation guidance for form inputs; element roles such as buttons, menus, modal dialogues (popups), and others. Additionally, the background process scans all of the website’s images and provides an accurate and meaningful image-object-recognition-based description as an ALT (alternate text) tag for images that are not described. It will also extract texts that are embedded within the image, using an OCR (optical character recognition) technology. To turn on screen-reader adjustments at any time, users need only to press the Alt+1 keyboard combination. Screen-reader users also get automatic announcements to turn the Screen-reader mode on as soon as they enter the website.
These adjustments are compatible with all popular screen readers, including JAWS and NVDA.
Keyboard navigation optimization: The background process also adjusts the website’s HTML, and adds various behaviors using JavaScript code to make the website operable by the keyboard. This includes the ability to navigate the website using the Tab and Shift+Tab keys, operate dropdowns with the arrow keys, close them with Esc, trigger buttons and links using the Enter key, navigate between radio and checkbox elements using the arrow keys, and fill them in with the Spacebar or Enter key.Additionally, keyboard users will find quick-navigation and content-skip menus, available at any time by clicking Alt+1, or as the first elements of the site while navigating with the keyboard. The background process also handles triggered popups by moving the keyboard focus towards them as soon as they appear, and not allow the focus drift outside of it.
Users can also use shortcuts such as “M” (menus), “H” (headings), “F” (forms), “B” (buttons), and “G” (graphics) to jump to specific elements.
We aim to support the widest array of browsers and assistive technologies as possible, so our users can choose the best fitting tools for them, with as few limitations as possible. Therefore, we have worked very hard to be able to support all major systems that comprise over 95% of the user market share including Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, Opera and Microsoft Edge, JAWS and NVDA (screen readers), both for Windows and for MAC users.
Despite our very best efforts to allow anybody to adjust the website to their needs, there may still be pages or sections that are not fully accessible, are in the process of becoming accessible, or are lacking an adequate technological solution to make them accessible. Still, we are continually improving our accessibility, adding, updating and improving its options and features, and developing and adopting new technologies. All this is meant to reach the optimal level of accessibility, following technological advancements. For any assistance, please reach out to