Perkuat Mutu dan Pendidikan, Gizi FIKes Unsoed Sukses Selenggarakan Workshop Portofolio, RTM dan RTL

Jurusan Gizi UNSOED mengadakan Pendampingan Penyusunan Portofolio di Aula Dekanat. Dalam acara ini, Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Dr. Sc. Hum. Budi Aji, M.Sc ikut hadir memberikan sambutan awal. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para dosen dalam menyusun portofolio matakuliah berbasis Outcomes Based Education (OBE). Konsep OBE ini perlu diterapkan dalam rangka peningkatan kualitas Pendidikan di jurusan Ilmu Gizi. Acara ini diikuti oleh para dosen Ilmu Gizi dan mengundang Ibu Leny Budhi Harti, S.Gz, M.Si.Med. selaku Ketua tim kurikulum Departemen Gizi Universitas Brawijaya untuk membagikan pengalaman baik penerapan OBE di UB.  Dalam pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu mengevaluasi hasil pembelajaran yang diampunya berdasarkan model OBE sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, Dalam rangka meningkatkan pemahaman civitas akademik serta mengevaluasi proses penyusunan dokumen RTM serta RTL, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen RTM RTL pada Hari Selasa, 21 Maret 2023.

Narasumber pada workshop ini adalah Dr. Nurul Muslihah, SP., M.Kes, Dosen Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Universitas Brawijaya yang memberikan materi terkait Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal  menuju Program Studi Unggul. Selanjutnya dilakukan pemaparan RTM Prodi Ilmu Gizi Unsoed yang dilakukan oleh Dr. Iwan Purnawan, S.Kep.,Ns.,MKep sebagai ketua GPM FIKes Unsoed. Kegiata ini dihadiri oleh Dekan FIKes Dr. Sc. Hum. Budi Aji, SKM., M.Sc., Wakil Dekan I  Yunitasari, Ph.D., Wakil Dekan II  Siti Harwanti, S.Kp., M.Kes., tim GPM Fakultas serta tim GKM dari setiap jurusan di FIKes.

Penyusunan RTM dari temuan AIMA merupakan bentuk penerapan Continuous Quality Improvement dalam upaya penjaminan mutu. Kegiatan Workshop Penyusunan Dokumen RTM RTL diharapkan mampu untuk meningkatkan budaya mutu dalam rangka penerapan/ melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) guna memastikan kelanjutan, kesesuaian, kecukupan, efektifitas SMM, serta sistem pelayanan.