Jurusan Ilmu Gizi,  Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman Memperoleh 2 Penghargaan pada Acara RAKERNAS Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI)

Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) melaksanakan agenda rutin tahunan berupa Workshop dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) tahun 2023 pada hari Kamis sampai Sabtu, 16 – 18 Februari 2023 di Fave Hotel, Bogor. Workshop dan RAKERNAS ini dihadiri oleh Pengurus AIPGI, Dekan Fakultas yang menaungi Program Studi Gizi, Para Ketua Departemen/Jurusan/Program Studi Gizi  Anggota AIPGI seluruh Indonesia baik jenjang Sarjana Gizi, Profesi Dietisien, Magister Ilmu Gizi dan Doktor Gizi. Rangkaian kegiatan RAKERNAS dibagi menjadi beberapa pleno yang mengundang Narasumber baik dari Pemerintah maupun Swasta untuk memberikan pandangan terkait update ilmu gizi serta peluang dan kompetensi lulusan mahasiswa gizi yang diperlukan baik di sektor pemerintah maupun swasta. Narasumber dihadirkan pada RAKERNAS ini antara lain dari Wageningen University and Research, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, BKKBN, Kementerian Kesehatan, PERSAGI dan Narasumber dari unsur akademisi.

Kegiatan Rapat Kerja Nasional

Kegiatan RAKERNAS yang dilakukan selama 3 hari ini membahas beberapa agenda diantaranya : 1) Hybrid International Webinar memperingati Hari Gizi Nasional; 2) Ceramah dan Diskusi dengan Stakeholder Pemerintah; 3) Laporan Kegiatan AIPGI tahun 2022; 4) Final Review Bahan Kajian Sarjana Gizi; 5) Persiapan Pendirian Prodi Dietisien; 6) Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal; 7) Penyusunan Panduan Bridging Dietisien; 8) Penyusunan Panduan Penerimaan Mahasiswa Program Pascasarjana; 9) Persiapan RPL Dietisien; dan 10) Paparan rencana program AIPGI 2023.

Pada kegiatan ini, FIKes UNSOED mengirimkan 4 perwakilan yang terdiri atas Dr sc Hum Budi Aji, SKM, MSc (Dekan FIKes UNSOED), Indah Nuraeni, STP, M.Sc (Ketua Jurusan Gizi), Hesti Permata Sari, S.Gz, M.Gizi (Sekretaris Jurusan Ilmu Gizi) dan Teguh Jati Prasetyo, S.Gz, M.Si (Dosen Gizi, Pengurus AIPGI). Pada kegiatan ini, Dekan FIKes juga berkesempatan untuk berdiskusi mengenai proses penjaminan mutu dalam persiapan Akreditasi Program Studi.

Dekan FIKes Berdiskusi bersama Narasumber
Delegasi FIKes UNSOED bersama narasumber Penjaminan Mutu

Selain berdiskusi, pada kegiatan ini Jurusan Gizi , FIKes, UNSOED juga memperoleh dua penghargaan berkaitan dengan pelaksanaan Uji Kompetensi Nutrisionis 2022 lalu. Penghargaan tersebut adalah

1. Prodi dengan tingkat Kelulusan 90-99%

2. Peserta Terbaik ke-6 Tingkat Nasional a.n Sri Najiha.

Pencapaian ini tidak lepas dari Kerjasama dan kolaborasi yang baik seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.