Tim Mahasiswa Fikes Mendapat Medali Perak di Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Prestasi baru kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu- Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) pada event Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Kali ini, tim FIKES UNSOED yang diwakili oleh Ruth Christine Simatupang (Jurusan Keperawatan Kelas Internasional 2021), Usamah Takhiyudin (Jurusan Kesehatan Masyarakat 2021), Serta Angelita Syahsiah Sasikirana (Jurusan Gizi 2021) berhasil mendapatkan juara II dan meraih mendali perak pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Mahasiswa di Universitas Andalas pada Sabtu (8/2).

Lomba karya tulis ilmiah yang bertema “Peran Teknologi dan Pengaruh Kebudayaan Lokal Dalam Mitigasi Bencana” ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ini diselenggarakan oleh Komite Siaga Bencana Mahasiswa Universitas Andalas. Perlombaan diadakan di Padang pada tanggal 9-11 Februari yang diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Tim Fikes Unsoed menyusun ide berjudul “D-SAVOR APP : Disability Savior Application Inovasi Literasi Bencana Alam Anak Disabilitas Dengan Translate Bahasa Isyarat.

Setelah melalui beberapa seleksi yang ketat dan penjurian, Tim Fikes Unsoed Berhasil Memendapatkan Juara ke II dan berhasil mendapatkan mendali Perak, dalam perlombaan ini juga keluar sebagai juara I yaitu mahasiswa dari Universitas Udayana, dan Universitas Gadjah Mada keluar Sebagai Juara ke III acara perlombaan ini sendiri bagian dari rangkaian kegiatan Disaster Manajement Event (DME) Ke VII Tahun 2022.

Menurut Ruth, pencapaian yang didapatkan ini dapat memberikan kebangaan bagi Fikes Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan bisa diikuti dengan lebih terpacu lagi oleh adik-adik kelasnya. Ia menganggap ini sebagai satu batu loncatan untuk menunjukkan keunggulannya, mahasiswa jangan takut untuk bersaing dengan mahasiswa lain pada level nasional.