Dosen Kesmas UNSOED Berbagi Pengalaman Studi di Luar Negeri di RRI Pro 4 Jakarta

Selasa 23 Maret 2021, Siwi Pramatama Mars Wiyajanti, S.Si, M.Kes., Ph.D, Dosen yang juga merupakan Sekretaris Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKes UNSOED menjadi narasumber dalam bincang sore tentang pengalaman studi di luar negeri di RRI Pro 4 Jakarta. Acara yang dimoderatori oleh penyiar Tiara Adinda ini dikemas dalam bentuk talkshow. Berbagai topic dibahas dalam sesi bincang sore yang berlangsung selama 1 jam, diantaranya perbedaan system kuliah di Indonesia dan di luar negeri, proses adaptasi diri, kesan terhadap masyarakat setempat, kesan dan persepsi masyarakat setempat terhadap Indonesia, dan kegiatan kebudayaan yang ada di luar negeri serta pesan-pesan untuk mereka yang ingin dan atau akan menempuh studi di luar negeri.

Perbedaan yang paling dirasakan saat Ibu Siwi pertama kali datang di Glasgow adalah cuaca karena wilayah Inggris Raya bagian utara ini memang lebih berangin dan dingin, terlebih saat sudah memasuki musim gugur. Menurut penuturan beliau, warga setempat bersikap ramah, hangat, dan mau menyapa serta tidak sungkan mengucapkan kata terimakasih, selamat pagi, dan sebagainya. Berkaitan dengan persepsi warta setempat terhadap Indonesia, mereka lebih mengenal Bali dan Borneo serta menganggap Indonesia adalah negeri yang indah. Mereka juga mengenal Indonesia sebagai Negara dengan komunitas Muslim yang besar. assassins creed 1 pc game

Selanjutnya terkait kegiatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia selama di luar negeri secara rutin diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Glasgow. Setiap tahunnya ada acara rutin yaitu Indonesian Cultural Day dan menampilkan berbagai ragam budaya Indonesia mulai dari tari-tarian, lagu daerah serta makanan khas Indonesia seperti nasi kuning, sate ayam, rendang, bakwan dan martabak. Kegiatan ini diisi oleh mahasiswa serta warga negara Indonesia yang tinggal di Glasgow. Kegiatan lainnya seperti batik day dan kelas bahasa Indonesia. Di akhir sesi, Ibu Siwi menyampaikan pesan untuk mereka yang tertarik studi di luar negeri diantaranya rajin mencari informasi, harus siap menerima perbedaan, dan komunikasi dengan PPI setempat, serta rencana keuangan selama disana.

Untuk informasi lebih lengkapnya terkait bincang sore ini, pembaca dapat mengunjungi link berikut:

Bincang Sore Tentang Pengalaman Studi di Luar Negeri di RRI Pro 4 Jakarta

Salam sehat, tetap semangat, dan sukses selalu