Vivin Listia Putri, Mahasiswa Jurusan Kesmas Juarai Pilmapres FIKES

Vivin Listia Putri yang merupakan mahasiswa Jurusan Kesmas berhasil menjuarai pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Unsoed pada seleksi yang diadakan Tanggal 8 Maret 2019. Seleksi tingkat fakultas ini diikuti oleh wakil mahasiswa berprestasi tiap jurusan dimana FIKES terdiri dari Jurusan Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Gizi, Farmasi dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi/PJKR). Seleksi dilakukan pada 3 bidang yakni Karya Tulis Ilmiah (KTI), kemampuan bahasa Inggris dan Prestasi yang dilakukan oleh juri-juri tingkat fakultas. Sebelumnya telah juga diadakan seleksi Pilmapres tingkat masing-masing jurusan, yang juaranya menjadi wakil seleksi di tingkat Fakultas.

Pada seleksi Pilmapres FIKES kali ini, Vivin Listia Putri berhasil menjadi juara dengan mengusung KTInya yang berjudul : Model Deteksi dan Promosi Pencegahan Stunting Melalui Aplikasi “Mata Elang”berbasis Android Menuju tercapainya SDGs (Sustainable Development Goals) di Era 4.0. Aplikasi ini merupakan inovasi baru untuk deteksi dini dan promosi kesehatan untuk mencegah stunting dengan memanfaatkan teknologi terbaru melalui aplikasi "Mata Elang" (Mari Pantau Stunting dengan Elektronik Antropometri Gizi) berbasis Android. Aplikasi ini dapat digunakan oleh kader atau ibu untuk mendeteksi stunting sejak dini. Dengan menggunakan aplikasi ini, kader kesehatan dapat memasukkan panjang dan berat bayi secara berkala dan kemudian sistem dapat secara otomatis mendeteksi apakah anak dalam status normal atau berisiko terhambat pertumbuhan. Aplikasi ini ramah pengguna dan data bersifat real time sehingga intervensi untuk anak-anak yang berisiko stunting dapat dilakukan dengan cepat dan optimal. Aplikasi Mata Elang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan Posyandu untuk mengoptimalkan proses pencatatan nutrisi antropometri. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu upaya partisipasi untuk mencegah dan menurunkan kejadian stunting di Indonesia

            Sementara untuk Juara Kedua diraih oleh Sahra Anisa dari Jurusan Keperawatan dan Juara ketiga diraih oleh Ayu Nabilah dari Jurusan Farmasi. Selanjutnya, juara tingkat FIKES ini akan maju untuk menghadapi seleksi tingkat Universitas yang akan dilaksanakan 28-29 Maret nanti. Semoga wakil mahasiswa berprestasi FIKES mendapat hasil terbaik pada seleksi tingkat Universitas **.