Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2020 adalah suatu program yang bertujuan untuk Membantu mengatasi permasalahan di desa dengan berbagai aspek melalui upaya peningkatan kesadaran/sikap, wawasan/pengetahuan dan keterampilan, menerapkan konsep pembinaan dan pemberdayaan masyarakat melalui inovasi teknologi yang dilaksanakan dalam tim kerja yang bersifat multidisipliner dan kolaboratif, membangun kemitraan dengan stakeholder terkait dalam mewujudkan program, menjadikan lokasi PHP2D sebagai desa binaan kampus yang berkelanjutan, menjadi sarana rekomendasi kepada perguruan tinggi untuk kegiatan PHP2D dikonversi sebagai mata kuliah. Program PHP2D merupakan program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pada tahun 2020 Tim PHP2D BEM KBMIK UNSOED sukses dan lolos dalam pendanaan program PHP2D. Tim PHP2D BEM KBMIK Unsoed Tahun 2020 dengan Judul “Neonisasi Jalan Dan Pengembangan Fasilitas Pendidikan Anak-Anak Desa Karangendep Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas”. Tujuan program ini adalah mewujudkan neonisasi jalan dan pengembangan fasilitas pendidikan anak-anak Desa Karangendep, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. Tim PHP2D BEM KBMIK Unsoed dibimbing oleh Bapak Suryanto S.KM., M.Sc dengan anggota terdiri dari 11 orang :

  1. Firmanda Danang Kurniawan I1A017064      ( Ketua )
  2. Wahyu Irfan Rojali I1E017044      ( Anggota )
  3. Salma Saffanah Hermawah I1A017099      ( Anggota )
  4. Ajeng Rizqi Ramadhani I1B018032      ( Anggota )
  5. Akhira Fajriati I1D019010      ( Anggota )
  6. Muhamad Rizqi Al Ayyubi I1A019111      ( Anggota )
  7. Nadia RafaPutri I1D019007      ( Anggota )
  8. Neysa Karenina Kalila I1D019001      ( Anggota )
  9. Nila Azizatul Mudawammah I1B019021      ( Anggota )
  10. Rahma Hardianti I1B019019      ( Anggota )
  11. Rifa Khairunnisa Hana I1C019081      ( Anggota )

Permasalahan di Desa Karangendep ini salah satunya adalah minimnya penerangan jalan di jalan penghubungan antara Dusun 1 dan Dusun 2 sehingga warga yang melintas di jalan tersebut memiliki resiko bahaya. Letak Dusun 1 dan Dusun 2 yang ada di perbukitan membuat akses jalan harus ada lampu penerangan jalan. Struktur jalan sebelah kanan dan kiri jalan ini adalah jurang sehingga warga sekitar memiliki resiko bahaya saat melintas di malam hari. Warga sekitar juga lebih banyak mengakses jalan pada pagi hari dan saat petang hari karena rata-rata warga desa pekerja sebagai buruh, karyawan, dan petani.

Permasalahan selanjutnya di Desa Karangendep adalah kurangnya fasilitas pendidikan anak yang layak. Permasalahan ini terjadi di Taman Kanak-kanak Pertiwi 2 Desa Karangendep yang terletak di Dusun 2. Dusun 2 ini terletak di atas perbukitan sehingga akses pendidikan di Dusun 2 kurang memadai. Apalagi ditambah kondisi pandemi membuat guru dan peserta didik di  Taman Kanak-kanak Pertiwi 2 Desa Karangendep kurang mendapat pendidikan.

Solusi dalam pemecahan masalah ini Tim PHP2D BEM KBMIK Unsoed mengajukan program PHP2D sebagai solusi untuk:

  1. Mengatasi permasalahan penerangan jalan dengan membangun penerangan jalan di perbukitan yang memisahkan Dusun I dengan Dusun II di Desa Karangendep, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas.
  2. Menciptakan pemberdayaan penduduk desa dan terfasilitasinya anak-anak di desa melalui kelompok belajar di Desa Karangendep, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas
  3. Menjalin kerjasama dengan karang taruna Desa Karangendep untuk dididik menjadi kader di kelompok belajar
  4. Menbentuk kelompok belajar dengan memberdayakan masyarakat
  5. Membentuk penanggungjawab perawatan penerangan jalan.

Pelaksanaan Program PHP2D 2020 dilaksanakan selama 6 bulan dimulai dari bulan Agustus 2020 sampai Februari 2021. Pelaksanaan ini meliputi survei lokasi dan membangun mitra dengan Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, dan PT PLN Persero untuk melaksanakan program PHP2D. Dalam melakukan proses pelaksanaan program Tim PHP2D semaksimal mungkin memberdayakan masyarakat desa untuk membangun penerangan jalan dan mengembangkan fasilitas pendidikan yang layak bagi anak-anak di Desa Karangendep. Sasaran pemberdayaan dari program ini adalah karang taruna, orang tua murid, dan masyarakat lain.

Silaturrahim dengan Perangkat Desa Karangendep

Mengembangkan Fasilitasi Pendidikan bersama Karang Taruna

Pembangunan Penerangan Jalan dengan Masyarakat Desa

Survey Lokasi dengan Dinas Perhubungan Kab Banyumas

Musyawarah Desa

Keberhasilan Program:

  1. Program pertama ini berhasil membangun penerangan jalan penghubung antara Dusun 1 dan Dusun di Desa Karangendep sepanjang kurang lebih 500 meter. Selain pembangunan neonisasi, masyarakat desa diberikan informasi melalui sosialisasi terkait pentingnya penerangan jalan dan pembentukan kelompok penanggungjawab untuk merawat penerangan jalan.
  2. Program kedua berhasil mengembangkan fasilitas pendidikan di Taman Kanak-kanak Desa Karangendep yang lebih layak dan nyaman. Tim PHP2D dan Dinas Pendidikan juga memberikan sosialisasi kepada orang tua peserta didik terkait pentingnya pendidikan parenting kepada anak terutama di masa pandemi Covid-19. Kemudian untuk mempermudah peserta didik mendapat pendidikan, maka Tim PHP2D bersama guru-guru di Taman Kanak-kanak membuat kelompok belajar online dengan materi yang inovatif sehingga peserta didik lebih tertarik dalam belajar.

Kami Tim PHP2D BEM KBMIK Unsoed berharap program ini bisa selalu bermanfaat untuk masyarakat serta mahasiswa Unsoed bisa melanjutkan Program PHP2D untuk membantu menyelesaikan masalah di masyarakat dengan konsep pemberdayaan dan pembinaan. Program PHP2D ini merupakan sebuah prestasi dan pengalaman mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat. Peran mahasiswa sesuai salah satu tujuan Perguruan Tinggi yaitu pengabdian, bisa terwujud dan PHP2D ini menjadi wadah mahasiswa untuk mewujudkan jiwa pengabdian.