Jurusan Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan sosialisasi peminatan kepada mahasiswa angkatan 2018 yang akan mengambil mata kuliah peminatan pada semester yang akan datang. Terdapat 7 peminatan yang dapat dipilih mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED yaitu peminatan Adminstrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), Biostatistik dan Sistem Informasi Kesehatan (SIK), Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), dan Promosi Kesehatan.

Acara sosialisasi diadakan secara online pada Hari Kamis, 4 Februari 2021 melalui platform eldiru dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2018 sejumlah 112 mahasiswa dan juga dosen-dosen perwakilan dari 7 peminatan yang ada di Jurusan Kesehatan Masyarakat. Pemaparan pertama disampaikan oleh pengelola jurusan kesehatan masyarakat selama 15 menit yang menjelaskan secara singkat daftar peminatan yang ada di kesmas dan timeline pendaftaran hingga pengumuman. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing peminatan yang secara garis besar terdiri dari deskripsi singkat peminatan, dosen pengampu, mata kuliah yang dapat diikuti, topic skripsi yang dapat diambil, daftar lokasi PKL, prospek kerja, dan strategi pembelajaran. Mahasiswa juga diberikan kesempatan bertanya kepada dosen perwakilan setiap peminatan.

Pemilihan peminatan akan menggunakan sistem yang sama dengan angkatan sebelumnya yakni kuota maksimal setiap peminatan adalah 20 mahasiswa, memberikan opsi pemilihan pada 2 peminatan dengan skala prioritas. Pendaftaran dimulai pada 6-11 Februari 2021 dengan mengisi formulir online melalui link berikut: https://docs.google.com/forms/d/1oZ0zoeL8l6VzXZoSJAFzH3P0yp5NWDGVvoEMxEJvDyg/edit

Adapun rapat finalisasi calon mahasiswa peminatan akan dilaksanakan pada 12 Februari 2021 dan selanjutnya akan diumumkan kepada mahasiswa.