Dosen Kesmas Berbagi Strategi dan Tips untuk Lulus Tepat Waktu

Lulus tepat waktu dengan kualitas yang baik merupakan salah satu target bagi mahasiswa dan juga orang tua yang mengkuliahkan anaknya ke jenjang Perguruan Tinggi. Perkuliahan di Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fikes Unsoed dirancang kurikulumnya untuk dapat diselesaikan selama 4 (empat) tahun, sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengikuti dan menyelesaikan studinya selama 4 tahun. Namun begitu, banyak juga mahasiswa yang belum bisa untuk mencapai target 4 lulus tahun ini. Berikut beberapa strategi dan tips bagi mahasiswa Jurusan Kesmas Unsoed untuk dapat lulus tepat waktu yang disampaikan oleh Ibu Siwi Pramatama Mars W., S.Si., M.Kes., Ph.D selaku Sekretaris Jurusan Kesehatan Masyarakat.

  1. Membuat rencana studi selama 4 tahun

Kunci dari studi lulus tepat waktu yakni merencanakan studinya dengan baik. Langkah ini seharusnya dilakukan pada saat mulai semester awal. Membuat rencana studi artinya mahasiswa tersebut sudah mulai aktif merencanakan strateginya dalam mengambil mata kuliah sampai skripsi. Penting untuk mengetahui kurikulum serta distribusi mata kuliah setiap semesternya untuk dalam membuat perencanaan. Jurusan Kesmas sudah merancang kurikulumnya sesuai dengan standar nasional dengan mengemas distribusi mata kuliahnya untuk mendukung ketepatan waktu studi. Buatlah rencana studi di kertas kemudian bisa ditempelkan di dinding kamar untuk dapat dilihat sebagai penyemangat. If you fail to plan, you are planning to fail.

2. Bina hubungan baik dengan Pembimbing Akademik (PA)

Pembimbing Akademik merupakan dosen yang ditunjuk sebagai pembimbing yang akan memberikan pendampingan selama mahasiswa kuliah di Jurusan Kesmas. Binalah hubungan dan komunikasi yang baik dengan Dosen PA karena dapat memperlancar studi mahasiswa. Mahasiswa dapat mengkonsultasikan rencana studi setiap semesternya kepada dosen PA. Selain itu manfaatkan dosen PA untuk dapat berkonsultasi ketika ada permasalahan akademik maupun juga non akademik. Mengutarakan permasalahan dalam studi ataupun dalam penyelesaikan skripsi akan membantu mahasiswa untuk menemukan solusi. Kebanyakan mahasiswa hanya memanfaatkan fungsi PA sebelum perkuliahan berlangsung untuk proses pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) saja, padahal fungsi dan peran PA dapat dimaksimalkan untuk dapat mendukung mahasiswa selama studinya.

3. Upayakan untuk dapat mengambil mata kuliah sesuai kurikulum setiap semesternya.

Salah satu penyebab keterlambatan kelulusan mahasiswa yakni ketika mahasiswa mempunyai Indeks Prestasi (IP) semester yang kurang baik sehingga konsekuensinya tidak dapat mengambil mata kuliah secara penuh untuk semester berikutnya. IP sangat penting karena menentukan jumlah mata kuliah yang dapat diambil semester berikutnya. Semakin tinggi IP, maka semakin banyak jumlah SKS (sistem kredit semester atau bobot mata kuliah) yang dapat diambil sehingga akan mempercepat studi. Apabila IP mahasiswa di bawah standar, terpaksa akan ketinggalan untuk dapat mengambil mata kuliah yang seharusnya sudah ditempuh. Oleh karena itu upayakan untuk paling tidak mempunyai IP yang dapat untuk mengambil mata kuliah sesuai dengan kurikulum setiap semesternya. Tentu saja, akan lebih baik apabila mempunya IP yang tinggi, karena membuat mahasiswa lebih leluasa untuk menambah mata kuliahnya dalam satu semester. Namun, keputusan untuk menambah mata kuliah juga perlu dipertimbangan baik baik, karena akan juga menambah beban studimu dalam satu semester. Biasakan untuk mengetahui posisi IP dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) mu, tulis dan tempelkan di dinding target IP atau IPK yang ingin kamu raih sehingga setiap kali melihatnya jadi lebih bersemangat.

4. Kenali strategi belajar sesuai dengan dirimu sendiri

Belajar merupakan suatu proses yang tidak bisa dipisahkan dari perkuliahan. Bagaimana strategimu untuk belajar juga menentukan keberhasilanmu nanti. Mulai dari awal semester, kenalilah strategi belajar yang efektif sesuai dengan kesesuaian dengan dirimu sendiri. Yang tahu bagaimana strategi belajar yang efektif tentu saja masing-masing pribadi. Ada yang lebih suka belajar pada waktu waktu tertentu misalnya dini hari, malam hari. Ataupun ada yang suka diiringi musik, ada yang lebih cenderung menyukai suasana yang tenang, ataupun ada juga yang lebih menyukai sistem belajar secara berkelompok. Setiap individu bisa berbeda-beda strateginya, sehingga kalian harus mengenali cara belajar yang efektif untuk diri kalian sendiri. Misalnya menulis catatan rangkuman, menulis hal hal yang penting di buku ketika dosen menerangkan dan sebagainya. Fokus selama perkuliahan juga akan membantu mahasiswa untuk dapat memahami materi yang diterangkan. Jangan sungkan untuk melontarkan pertanyaan kepada dosen yang mengajar ketika ada materi-materi yang belum jelas.

5. Pilihlah peminatan sesuai dengan minat dan kemampuanmu

Pada Jurusan Kesmas Unsoed, mulai Semester ke V mahasiswa akan dapat menentukan bidang Peminatannya. Jurusan Kesmas terdapat beberapa bidang peminatan yakni bidang Promosi Kesehatan, Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, Biostatistik dan Sistem Informasi Kesehatan, Administrasi Kebijakan Kesehatan/AKK dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja/K3. Setiap bidang peminatan biasanya mempunyai standar syarat tertentu untuk mahasiswa dapat memilihnya. Oleh karena itu, upayakan memilih bidang peminatan sesuai dengan minat dan kemampuanmu karena hal ini sangat penting untuk memperlancar proses studi. Apabila belajar sesuai dengan minat, maka akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan bila mahasiswa kurang menyukai mata kuliah yang dijalaninya. Selain itu, mahasiswa juga harus mempertimbangkan kemampuannya sendiri dalam menentukan bidang peminatannya. Jangan menentukan peminatan hanya karena banyak teman-temanmu yang memilih suatu peminatan tertentu. Kembali lagi, kalian memilih berdasarkan minat dan kemampuan masing masing. Mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen PA, orang tua ataupun orang-orang yang dianggap dapat memberikan pertimbangan. Bidang peminatan ini juga nanti akan sesuai dengan topik skripsi yang akan kamu ambil, jadi memilih bidang peminatan merupakan langkah penting dalam perjalanan studi.

6. Konsisten dan aktif dalam menyelesaikan skripsi

Menyelesaikan skripsi merupakan bagian yang sangat penting dalam proses penyelesaian studi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah dari mahasiswa yang merupakan salah satu syarat kelulusan. Proses skripsi merupakan perjalanan panjang dimulai dari mencari topik penelitian, menyusun proposal, seminar proposal, melakukan penelitian, menyusun laporan serta seminar hasil penelitian. Proses menyelesaikan skripsi biasanya merupakan suatu perjalanan yang kecepatannya seringkali tergantung dari diri mahasiswa itu sendiri. Berbeda dengan mengambil mata kuliah setiap semesternya yang sudah dirancang oleh kurikulum yang berlaku, sementara kemajuan skripsi tergantung dari seberapa aktif mahasiswa tersebut berupaya. Oleh karena itu proses penyelesaian skripsi sangat membutuhkan kekonsistenan dan keaktifan mahasiswa. Banyak kasus yang terjadi ketika mahasiswa seringkali “berhenti” berproses dengan berbagai alasan dan latar belakang, sehingga akan menghambat studinya. Dalam skripsi, mahasiswa mempunyai pembimbing skripsi 1 dan 2, kemudian penguji 1 dan 2. Oleh karena itu, upayakan untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pembimbing. Apabila akan kesulitan selama proses skripsi, konsultasikan dengan dosen pembimbing. Komunikasi yang baik dengan pembimbing dan penguji merupakan hal kunci yang dapat menentukan kelancaran skripsimu.

7. Mempunyai lingkaran pertemanan yang suportif dan komunikasi dengan orang tua yang baik.

Selama proses perkuliahan, sangat penting untuk mempunyai lingkaran pertemanan yang supportif. Selama kuliah, kalian akan bertemu dengan banyak teman-teman sehingga memilih teman yang suportif juga penting untuk memperlancar studimu. Teman yang mendukung untuk terus belajar dan berkembang akan membuatmu merasa mempunyai support system yang baik selama proses perkuliahan.  Selain itu, komunikasi yang baik dengan orang tua juga sangat penting. Upayakan untuk mengkomunikasikan proses perkuliahanmu dengan orang tua, sehingga mereka mempunyai informasi yang cukup tentang proses yang sedang kamu jalani. Apabila ada kesulitan ataupun permasalahan juga komunikasikan dengan orang tua.

Proses penyelesaian studi S1 merupakan langkah-langkah yang akan membuat mahasiswa belajar dan bertumbuh sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing. Proses perkembangan individu yang terjadi selama proses kuliah akan menjadi pondasi bagi perjalanan hidup ke depan baik ketika melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun ketika bekerja nantinya. Manfaatkan dan maksimalkan masa masa kuliah untuk membentuk karakter pribadi yang unggul dan berkualitas.