Resmi Menjadi Jurusan, Komisi Skripsi Jurusan Ilmu Gizi dan Pendidikan Jasmani Berkolaborasi Mengadakan Pelatihan Mendeley untuk Mahasiswa

Memasuki masa penulisan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Komisi Skripsi Jurusan Ilmu Gizi berkerjasama dengan Komisi Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani untuk melaksanakan “Pelatihan Mendeley untuk Penulisan Skripsi dan Artikel Ilmiah Mahasiswa”. Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi dan Pendidikan Jasmani terutama yang telah memasuki masa penulisan tugas akhir atau skripsi.

Pelaksanaan kegiatan ini yaitu pada Hari Selasa, 15 September 2020 pada pukul 15.30 hingga 17.00. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan media aplikasi Zoom Cloud Meeting milik Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. Pembicara dalam pelatihan ini adalah dosen dari Jurusan Pendidikan Jasmani, Bapak Arfin Deri Listiandi, S.Pd., M.Pd yang merupakan Mendeley Advisor resmi. Bapak Arfin telah mendalami dan mensosialisasikan penulisan menggunakan aplikasi Mendeley sejak kegiatan Pelatihan Dasar CPNS dan sudah membuat modul serta Video Tutorial Penggunaan Aplikasi Mendeley sebagai Reference Manager.

Kegiatan Pelatihan ini berlangsung lancar dan dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan beberapa dosen dari kedua Jurusan. Pengisian presensi mahasiswa dalam kegiatan ini juga menggunakan link yang terintegrasi dengan website Mendeley. Sebagai umpan balik dan syarat diperolehnya sertifikat peserta kegiatan, pelatihan ini mewajibkan mahasiswa mengumpulkan tugas sitasi dengan minimal lima referensi dengan format yang telah ditentukan kemudian diupload pada link yang disediakan paling lambat pada tanggal 20 September 2020. Semangat terus adik adik Mahasiswa!