Memasuki Masa Transisi New Normal, Program Studi Ilmu Gizi Meluncurkan Enam Webinar Series

Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan The Nutrition Webinar Series dengan Tema Besar : “Gizi dan Pangan untuk Hidup Sehat Berkelanjutan di Era New Normal”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam enam seri kegiatan Webinar yang diawali pada hari Senin, 22 Juni 2020 dan seri enam akan dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Juli 2020. Keenam Webinar ini akan dilaksakan dengan waktu yang sama disetiap serinya, yaitu pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Menggunakan media aplikasi Zoom Cloud Meeting Fikes Unsed yang berkapasitas 500 peserta, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui akun Channel Youtube PSIG FIKES UNSOED pada setiap serinya.

Kegiatan Webinar ini merupakan kegiatan kolaborasi antara akademisi dan praktisi gizi dari berbagai institusi sebagai salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian masyarakat yang dilakukan para dosen Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman. Sebanyak 18 Dosen Prodi Gizi terlibat untuk menjadi Narasumber maupun Moderator kegiatan webinar ini.

Seri perdana Webinar Gizi Unsoed ini bersub-tema “Peran Zat Gizi dan Produk Pangan dalam Menunjang Imunitas”. Kegiatan ini menghadirkan Guru Besar Ilmu Gizi IPB, Prof. Dr. Hardinsyah MS untuk menjadi pembicara pembuka dalam serangkaian kegiatan The Nutrition Webinar Series. Pembicara selanjutnya adalah Dr. Hery Winarsi MS dan Ibu Indah Nuraeni S.TP., M.Sc, yang merupakan salah satu dosen senior dan koordinator Program Studi Ilmu Gizi, menyampaikan webinar terkait pangan dan gizi yang menunjang imunitas serta berbagai hasil penelitian beliau dalam mengembangan produk pangan dan gizi. Beberapa kolom komentar para peserta webinar menyampaikan bahwa peserta terkesan dan terinspirasi dengan hasil penelitian narasumber, terutama dengan pengembangan produk pangan lokal yang dipaparkan. Kegiatan yang dibuka oleh Bapak Wakil Dekan Bidang Akademik, Bapak Dr. sc.hum. Budi Aji, SKM ini berjalan lancar dan dihadiri sekitar 1970 peserta daring melalui aplikasi zoom maupun Youtube.

Kegiatan Webinar Seri 2 dengan sub tema : “Bumil Sehat-Balita Kuat selama New Normal” dilaksanakan pada Hari Kamis, 25 Juni 2020. Kegiatan ini menghadirkan Ahli Gizi RSCM Jakarta yang juga Pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI), Bapak Yudhi Andriyanto, S.Gz. Didampingi oleh tiga dosen muda Prodi Gizi yang bergelut pada bidang Gizi Kesehatan Ibu dan Anak yakni Ibu Hesti Permata Sari, S.Gz, M.Gizi ; Ibu Farida S.Gz., M.P.H ; dan Ibu Katri Andini Surijati, S.Si.T., M.Gizi. Meskipun pada webinar ini panitia membatasi peserta yang hadir melalui zoom, total peserta daring webinar Seri 2 mencapai 2000 peserta yang sebagian besar mengikuti kegiatan secara langsung melalui channel Youtube PSIG FIKES UNSOED.

Pelaksanaan Webinar Seri 3 dengan sub Tema : “Upaya Peningkatan Status Gizi Masyarakat Melalui Peran Organisasi Profesi, Optimalisasi Gizi dan Pengembangan Produk Pangan di Tatanan Baru” memiliki penonton daring terbanyak dibandingkan dua webinar sebelumnya. Peserta yang mengikuti webinar melalui Channel Youtube PSIG FIKES UNSOED ini mencapai 1800an peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di hari Sabtu, 27 Juni 2020 yang menghadirkan pembicara utama Ketua Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI), Dr. Entos Zainal, MPHM. Narasumber lainnya adalah Dosen Prodi Gizi yang mendalami Stunting, Ibu Erna Kusuwa Wati, SKM., M.Si ; Ibu Friska Citra Agustia, S.TP., M.Sc yang mendalami tentang pengembang produk pangan dan sebagai narasumber penutup Ibu Hiya Alfi Rahmah, S.Gz., MPH yang membahas pentingnya konsumsi berbagai makanan sumber Vitamin C di masa new normal.

Pelaksanaan webinar selanjutnya pada tanggal pertama Bulan Juli 2020 dengan sub Tema “Pentingnya Zat Gizi Dan Aktivits Fisik Dalam Upaya Pengendalian Pola Makan Guna Menjaga Imunitas”. Webinar kali dihadiri oleh pembicara pembicara gizi muda yang bersinar di layar Webinar Series 4. Menghadirkan Dosen muda luar yang ahli di bidang Gizi Olahraga, Bapak Mury Kuswary, M,Si, didampingi oleh empat dosen Prodi Gizi yaitu Ibnu Zaki,S.Gz., M.Gizi sebagai pembuka, dilanjutkan dengan pemaparan topik bahasan tentang pengendalian Pola Makan di masa Pandemi oleh Ibu Dika Betaditya,S.Gz., MPH dan Izka Sofiyya Wahyurin,S.Gz., MPH. Kegiatan ini mencapai peserta 2100 peserta yang mengisi presensi dalam waktu tidak lebih dari 15 menit. Kegiatan ini banyak dihadiri peserta melalui akun Youtube   channel PSIG FIKES UNSOED.

Menjelang berakhirnya serangkaian Webinar Series Prodi Gizi Fikes Unsoed, Kegiatan webinar yang dilaksanakan tanggal 7 Juli 2020 ini menghadirkan narasumber terbanyak sepanjang rangkaian Webinar Series. Kegiatan dimulai lebih pagi dari sebelumnya dan terbagi menjadi dua sesi kegiatan. Sesi pertama dimulai dari Narasumber yang merupakan Kepala Instalasi Gizi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dan merupakan DPC PERSAGI Kabupaten Banyumas. Beliau menyampaikan terkait Obesitas dan Metabolismenya kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait Menu Sehat dari Rumah di Era New Normal oleh Ibu Yovita Puri S S.Gz., MPH, RD. Sesi pertama ditutup oleh Ibu Izzati Nur Khoiriani, S.Gz., MPH yang menyampaikan terkait tips dan protokol Kesehatan di tempat makan.

Sesi kedua dimulai dengan pemaparan dari dosen UPN, Bapak M.Nur Hasan S S.Gz., M.Kes yang mengangkat Mindful Eating selama New Normal. Selanjutnya Ibu Gumintang Ratna S.Tp., M.Si menyampaikan materi terkait Memilih, Mengolah dan Mengonsumsi Pangan yang Aman. Sesi ini ditutup oleh Pembahasan unik berdasarkan sudut pandang Agama Islam, yaitu Bapak Munasib S.Pd., M.Pd.I yang mengkaji pangan dan gizi halal dan toyyib. Kegiatan ini berlangsung lancar dan peserta sangat antusias terhadap pemaparan yang disampaikan. Peserta kegiatan webinar Seri 5 ini juga mencapai angka 2000 peserta yang tergabung melalui Zoom dan Youtube.

Webinar terakhir Seri 6 dilaksanakan satu hari setelah webinar sebelumnya, yakni tanggal 8 Juli 2020 dengan sub-Tema “Tetap Fit dan Sehat Menjalani Tatanan Baru dengan Gizi Seimbang”. Kegiatan ini dibuka oleh pemateri Profesor Muda dari Universitas Brawijaya, Prof. Dian Handayani, PhD yang kemudian dilanjutkan pemaparan dari Ibu Afina Rachma S S.Gz., M.Sc. Pemateri lain di seri 6 adalah Teguh Jati Prasetyo, S.Gz, M.Si dan Pramesthi Widya Hapsari, SKM., M.Gizi yang membahas hygiene sanitasi makanan dan Coping Strategies anti Stres pada Rumah Tangga di Masa New Normal. Tidak Jauh berbeda dengan 6 Seri sebelumnya, kegiatan webinar seri terakhir ini juga mencapai 2000 peserta yang banyak mengakses materi menggunakan Youtube Channel PSIG FIKES UNSOED.

Kegiatan ini juga disukseskan oleh para moderator yang merupakan Dosen Prodi Gizi serta dua MC yang merupakan mahasiswa berbakat yakni Lilis Permatasari dan Novia Aisyatul Izza. Keseluruhan rangkaian Webinar Series ini dilaksanakan secara live dan dapat menyaksikan tayangan ulangannya pada YOUTUBE PSIG FIKES UNSOED dan link materi dapat diakses dari Instagram PSIG Unsoed. Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara dengan lancar dan antusiasme para peserta yang sangat tinggi.