Bersinergi dengan Himpunan Mahasiswa Gizi, Jurusan Ilmu Gizi Memperkenalkan Nutripreneurship pada Mahasiswa Baru 2020 dalam Bentuk Seminar Kewirausahaan Gizi

Jurusan Ilmu Gizi mengadakan Seminar Kewirausahaan bertemakan “Nutripreneurship in Industry 4.0” yang ditujukan kepada mahasiswa baru untuk memperkenalkan dan memperluas wawasan mahasiswa terhdap Ilmu Gizi di bidang Kewirausahaan. Pelaksanaan kegiatan ini berkerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Gizi sehingga bagi mahasiswa baru, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Orientasi Pengenalan Gizi secara Daring di hari yang sama sehingga persiapan pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan peran mahasiswa Gizi.

Dihadiri oleh mahasiswa Gizi setiap Angkatan, Alumni Gizi dan juga beberapa dosen Ilmu Gizi, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 September 2020 ini dimulai pukul 9.30 dan diakhiri pukul 11.30 WIB. Total peserta kegiatan ini sejumlah 220 peserta yang bergabung menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan Youtube Channel PSIG FIKES UNDSOED. Seminar ini memperkenalkan kegiatan kewirausahaan di bidang Gizi oleh alumni dan narasumber di Bidang Pangan dan Gizi.

Setelah Sambutan dari Ketua Jurusan Ilmu Gizi, Ibu Indah Nuraeni, S.TP., M.Sc, Seminar Kewirausahaan Gizi dibuka oleh Bapak Wakil Dekan I, Bapak Dr. sc.hum. Budi Aji, SKM. Narasumber pertama adalah Vairus Akmala Putri, S.TP yang juga mahasiswa magister pada Ilmu Pangan FAPERTA Unsoed. Vairus merupakan seorang CEO dan Adaruz Home Custom & Almond House yang salah satu usahanya adalah mengembangkan produk pangan sehat dan memiliki berbagai patner dalam mengembangkan usahanya.

Narasumber kedua merupakan alumni dari Jurusan Ilmu Gizi, Adani Taqiyyah Nur Zaman,S.Gz. Adani adalah alumni yang mengembangkan bisnis MOCAVA Indonesia, yang merupakan topik penelitiannya ketika menyusun skripsi pada Jurusan Ilmu Gizi FIKES Unsoed. Adani mengembangkan pangan cookies berbahan dasar tepung MOCAF dan kelor untuk alternatif pangan penambah asupan zat besi. Adani juga menceritakan kisahnya mengembangkan bisnis ini hingga impiannya untuk mendapatkan beasiswa berkuliah di Luar Negeri.

Narasumber ketiga merupakan Dosen Gizi dari Universitas Esa Unggul yang merupakan Founder dari Gizi Kebugaran, Bapak Nazhif Gifari, S.Gz., M.Si. Bapak Nazhif yang sudah sejak mahasiswa mendalami tentang kebugaran dan Gizi Olahraga telah bertahun tahun mengembangkan usaha bisnis dibidang Jasa untuk meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran masyarakat melalui berbagai program yang berkelanjutan. Kegiatan Bapak Nazhif juga sering mendapatkan tawaran dari berbagai sponsor yang bersedia mendanai kegiatan usaha tersebut.

Ketiga kisah sukses dari narasumber telah mengantarkan lancarnya kegiatan ini hingga selesai. Diskusi berjalan dengan aktif dan besar harapannya mahasiswa dapat mengambil ide inspiratif dari kegiatan ini untuk mengembangkan diri dibidang kewirausahaan Gizi. Tayangan ulang seminar kewirausahaan gizi ini dapat diakses pada Youtube Channel PSIG FIKES Unsoed.