Memasuki hari terakhir pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap 2019/2020, segenap mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi mengikuti sosialisasi skripsi atau tugas akhir yang dilaksanakan oleh Komisi Skripsi Prodi. Kegiatan ini memberikan arahan dan gambaran sebagai persiapan mahasiswa Prodi Gizi Angkatan 2017 yang akan mengambil skripsi dalam menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Unsoed. Tahapan selanjutnya setelah sebagian besar mahasiswa yang baru saja menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN-Covid) ini adalah melaksanakan Praktek Kerja Lapang dan Skripsi dalam satu tahun ke depan.

(Kegiatan Sosialisasi Skripsi Mahasiswa Gizi Menggunakan Google Meet)

Pemaparan terkait aturan dan penjelasan tentang skripsi disampaikan oleh Ibu Izka Sofiyya W, S.Gz., MPH ini dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Juli 2020 dengan menggunakan media daring Google Meet. Dalam menentukan topik skripsi dan mengajukan usulan karya ilmiah, mahasiswa telah menjalani proses belajar dan bimbingan selama satu semester pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian oleh dosen pengampu. Kemudian mahasiswa diminta mengumpulkan proposal penelitian sebagai output akhir dari matakuliah tersebut dan juga sebagai input awal perjalanan skripsi mahasiswa yang selanjutnya akan diberikan dosen pembimbing berdasarkan usulan topik masing-masing. Tim Komisi juga memberikan batasan waktu tertentu kepada mahasiswa yang ingin melakukan pergantian judul atau topik penelitian mereka dengan mengirimkan usulan penelitian berupa outline kepada Tim Komisi Skripsi.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antar mahasiswa dalam pelaksanaan serangkaian kegiatan teknis dalam penyusunan karya ilmiah tugas akhir. Mahasiswa akan melakukan bimbingan awal secara online dengan dosen pembimbing masing-masing dalam mendiskusikan dan mempersiapkan penelitian yang akan dilakukan. Mahasiswa juga diminta menghadiri minimal lima kali seminar proposal lain untuk memberikan gambaran terkait pelaksanaan seminar proposal. Mahasiswa juga perlu melakukan pengecekan plagiarisme karya mereka dengan software TURNITIN sebelum mengajukan seminar hasil.

 

Segala jenis informasi dan ketentuan Tugas Akhir mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan  dapat dilihat melalui laman http://fikes.unsoed.ac.id/tugas-akhir/.