Webinar Kesehatan: Penerapan Kebiasaan Baru di Tempat Kerja

Merespon penerapan new normal di Indonesia, Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan acara webinar dengan tema “Penerapan Kebiasaan Normal Baru di Tempat Kerja”. Webinar ini dilaksanakan pada Kamis, 18 Juni 2020 melalui aplikasi video telekonferensi dan diikuti dengan antusiasme tinggi dari para peserta webinar. Webinar dibuka oleh sambutan dari Dr. Arih Diyaning Intiasari, S.K.M. MPH, Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKes Unsoed yang menyampaikan tujuan diselenggarakannya webinar.

Acara ini menghadirkan Wakil Bupati Kabupaten Banyumas, Bapak Drs. Sadewo Tri Lastiono sebagai keynote speaker yang menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah baik dari tingkat pusat juga di Kabupaten Banyumas sendiri, diantaranya peraturan yang harus dipatuhi oleh instansi dan perusahaan dan peraturan daerah mengenai operasi masker di seluruh wilayah Kab.Banyumas. Beliau juga menyampaikan bagaimana penerapan operasi masker tersebut dan tingkat kepatuhan masyarakat Kabupaten Banyumas. Sesi ini semakin menarik dengan terlaksananya diskusi antara Bapak Wakil Bupati dengan Bapak Dono Widiatmoko, S.KM., M.Sc, yang merupakan salah satu pembicara juga pada sesi webinar ini.

Webinar ini juga dihadiri oleh 3 pemateri yaitu Sadiyanto, SKM, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas), Nur Ulfah, S.KM., M.Sc (Dosen Bidang K3 Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED), dan Dono Widiatmoko, S.KM., M.Sc (Dosen di University of Derby, UK dan Pengurus Pusat IAKMI) yang membahas mengenai kenormalan baru di tempat kerja mulai dari strategi penerapannya, protokal penerapan, dan peran kesehatan masyarakat dalam penerapan kenormalan baru. Pemaparan materi dilaksanakan secara panel dan dimoderatori oleh Bu Eri Wahyuningsih, S.Ked., M.Kes.

Webinar yang berlangsung dari pukul 13.00 – 15.30 ini menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan di tempat kerja baik sektor kerja formal ataupun informal. Tempat kerja perlu menyusun SOP sesuai dengan jenis, jumlah dan risiko kegiatan yang dilakukan pun termasuk upaya monitoring dan evaluasi tingkat kepatuhan tenaga kerjanya. Komitmen dan kedisiplinan yang tinggi menjadi kunci keberhasilan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19, berkontribusi dalam menekan dampak COVID-19 serta mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Webinar kali ini ditutup dengan sesi diskusi dua arah dari peserta dan pembicara. Harapannya, webinar kali ini bisa memberikan pengetahuan mengenai protokol kenormalan baru di tempat kerja baik sector formal ataupun informal bagi para peserta, mahasiswa, tenaga kerja, praktisi kesehatan masyarakat, dan masyarakat pada umumnya. (LN)

 

Materi Webinar dapat didownload disini:

  1. Materi Pak Sadiyanto
  2. Materi Bu Ulfah
  3. Materi Pak Dono