Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap Dosen dan instansi pendidikan. Hal ini sesuai dengan unsur tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah. Dengan hal tersebut Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Seminar Online dengan tema “Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Publikasi Artikel Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan Pada Jurnal Internasional”  dengan narasumber Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd dari Universitas Negeri Malang, Melalui Media Platform Google Meet, pada Rabu (29/04/20).

Ketua Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Jenderal Soedirman, Dr. Ngadiman, M.Kes.AIFO pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk memfasilitasi para dosen dalam meningkatkan publikasi pada jurnal nasional bahkan hingga jurnal internasional dengan harapan jurnal yang terpublikasi sesuai dengan target yang diharapkan.

Kegiatan Seminar Online ini, didukung penuh oleh pimpinan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman. Pada kegiatan ini selaku Ketua Panitia Penyelenggara adalah Didik Rilastiyo Budi, S.Pd, M.Pd dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Jenderal Soedirman sekaligus Chief Editor dari Jurnal PAJU.

“Kegiatan seminar online ini merupakan yang pertama di lakukan di Prodi Penjas dan juga Fikes pada situasi CoVid 2019. Hal ini merupakan terobosan yang sangat baik untuk tetap menjaga eksistensi kita sebagai akademisi, dalam melakukan berbagai kegiatan akademik tanpa mengurangi substansi dan urgensitas keilmuan. Seminar publikasi jurnal penting dilakukan karena dapat mendorong rekan-rekan dosen untuk meningkatkan jumlah publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi.yang pada ujungnya tidak hanya meningkatkan kompetensi dosen secara pribadi tetapi juga peningkatan mutu institusi” Ujarnya.

Seminar Online ini dihadiri setidaknya sejumlah 75 Peserta yang berasal dari sebagian Universitas-Universitas di Indonesia.

Tampilan Pelaksanaan Seminar Online

Menurut salah satu peserta seminar online yaitu Mury Kuswari dari Universitas Esa Unggul acara yang dibuat oleh Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Jenderal Soedirman ini merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas jurnal olahraga yang ada di Indonesia Kegiatan seperti ini perlu didukung dan menjadi inspirasi untuk pengelola jurnal / kita semua agar bisa terus mengupdate pengetahuan dengan cara yang efektif, sementara, salah satu peserta lainnya yaitu Yulingga Nanda Hanief dari UNP PGRI Kediri yang merupakan Chief Editor dari Jurnal Sportif menyampaikan “Kegiatannya positif, brainstorming bagi dosen pemula untuk mulai berkarya ke level internasional, dan perlu ada kegiatan lanjutan dengan menampilkan narasumber-narusumber lain yang sama baiknya dengan narasumber kemarin” ujarnya. (RF/9)