Pelatihan pelatih fisik level 1 nasional untuk semua cabang olahraga kembali diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Jenderal Soedirman. Bertempat di Gedung Kuliah Prodi Pendidikan Jasmani, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dari tanggal 20 – 23 Februari 2020, hal ini menjadi bentuk nyata dari sebuah dedikasi dan dukungan Program Studi Pendidikan Jasmani kepada perkembangan dunia olahraga di Indonesia.

Ketua Panitia Penyelenggara, Rifqi Festiawan, S.Pd, M.Pd,AIFO mengatakan, peserta pelatihan kali ini berjumlah 46 orang, yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia.

“Peserta pelatihan ini berjumlah 46 orang yang berasal dari berbagai Provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Riau, NTT, Bali, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan yang terjauh dari Provinsi Papua, Pelatihan serupa juga diselenggarakan di beberapa Daerah, akan tetapi antusiasme tinggi dari peserta yang datang dari berbagai daerah menunjukkan bahwa Kota Purwokerto khususnya Program Studi Pendidikan Jasmani, Universitas Jenderal Soedirman memiliki daya tarik tersendiri bagi peserta. “kata Rifqi Festiawan, S.Pd, M.Pd”.

Menariknya, dari pelatihan ini, terdapat satu nama peserta paling senior diantara yang lainnya.

Purwanto Iman Santoso berjabat tangan dengan Dr. Ria Lumintuarso, M.Si

Peserta paling tua ini adalah Purwanto Iman Santoso. Pria berusia 65 tahun ini adalah koordinator Mitra Devata, sebuah komunitas legenda sepakbola Indonesia yang bermukim di Bali, keikutsertaan Purwanto Iman Santoso menjadi pelecut semangat para peserta lainnya yang rata-rata usianya jauh lebih muda.

Selain Purwanto, kata Rifqi, juga ada nama-nama beken mantan atlet Nasional, seperti Siti Nurjanah, mantan atlet nasional bola voli yang 16 tahun menghuni Tim Nasional Voli Indonesia, Subagja (atlit Tarung Derajat Jateng) yang juara PON Riau 2012 dan PON Jabar 2016, Antonius Tri Atmaka (eks pemain PSS Sleman), Muhammad Dian Nafi Putra (Pelatih Taekwondo Jateng), dan Bambang Walelang (mantan Persiba Balikpapan, Saat ini Asisten pelatih Persiba Balikpapan).

Pelatihan pelatih fisik level 1 tingkat nasional tahun 2020 tersebut langsung dipandu oleh dua instruktur yaitu Dr. Lia Lumintuarso, M.Si, Direktur ADC Asia Tenggara dan Asia Selatan, serta Ketua Indonesian Conditioning Coach Association (ICCA), Dr. Devy Tirtawirya, M.Or. Keduanya merupakan dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta.

sementara itu Koordinator Program Studi Pendidikan Jasmani, Dr. Ngadiman, M.Kes.AIFO mengatakan, “Pelatihan bertaraf Nasional ini merupakan salah satu bentuk upaya Program Studi agar masyarakat di Indonesia lebih mengenal kami, dan harapannya dapat meningkatkan jumlah pendaftar yang berasal dari luar daerah dan luar provinsi pada Program Studi kami”. (RF)