Purwokerto – Demi meningkatkan potensi dan kemampuan mahasiswa, Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Program Studi Tahun 2020, Sabtu (29/2/2020).

Menurut Ketua Panitia, Ajeng Dian Purnamasari, S.Pd, M.Or. “Tujuan kegiatan Pilmapres sendiri adalah untuk mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal agar dapat memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan Pendidikan tinggi, Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif yang menyeimbangkan antara hard skills dan soft skills.” Ungkapnya.
Dalam Pilmapres ini akan terseleksi mahasiswa yang memiliki prestasi unggul dan membanggakan pada ketiga kegiatan baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler  secara selaras dan seimbang. Mahasiswa harus mampu menyelaraskan diri dengan fenomena Revolusi Industri 4.0  dalam pembelajaran.
Hasil pembelajaran harus mampu menanamkan dan mendemonstrasikan penerapan nilai-nilai kreativitas dan inovasi, pemikiran kritis dan pemecahan masalah yang tepat, komunikasi aktif, dan kolaborasi agar mahasiswa mampu menyintas disrupsi yang tengah terjadi di berbagai bidang. Begitu juga Nilai-nilai luhur kebangsaan Indonesia yang harus dimiliki oleh mahasiswa.

Sementara itu, Icha Aurel, salah satu peserta mengaku keikutsertaannya merupakan upaya untuk meningkatkan potensi diri dalam bidang akademik.

“Untuk terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi tentu bukan hal yang mudah, Kita harus mempersiapkan diri baik dari segi akademik maupun non akademik. Salah satunya adalah pemahaman mengenai karya tulis serta kemampuan berbahasa Inggris,” ungkap Mahasiswa yang masuk di dalam tim futsal FIKes saat berjaya di level Kabupaten sampai dengan Nasional ini.

Icha Aurel (Berdiri, Paling Kanan), Saat membela Tim Futsal Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan

Pada Pilmapres 2020 ini melibatkan beberapa Dewan Juri yakni Ajeng Dian Purnamasari, S.Pd, M.Or (Penilaian Portofolio), Rifqi Festiawan, S.Pd,M.Pd (Penilaian KTI), Arfin Deri Listiandi, S.Pd, M.Or (Penilaian Bahasa Asing), dan Fuad Noor Heza, S.Pd, M.Kes. (Penilaian Prestasi Non Akademik).
Adapun hasil dari seleksi Pilmapres Prodi Penjas tahun 2020 yaitu : Peringkat 1 (Icha Aurel Fresyana), Peringkat 2 (Dimas Agung Dzaki Arrafif) dan Peringkat 3 (Anang Kusuma). Peringkat 1 pada Pilmapres tingkat Prodi akan maju menjadi wakil Prodi pada pemilihan Pilmapres tingkat Fakultas Tahun 2020. (RF).