Foto Bersama dengan Staff dan Mahasiswa Sirindhorn College of Public Health, Yala

 

Institusi pendidikan pada era sekarang ini dituntut untuk semakin meningkatkan kerjasama internasional dengan berbagai institusi di luar negeri. Kerjasama internasional seperti riset bersama, pertukaran mahasiswa dan berbagai kegiatan lain yang dapat dilakukan dalam kerjasama internasional dapat meningkatkan kualitas institusi pendidikan. Bahkan, kerjasama internasional merupakan salah satu poin penting dalam akreditasi institusi pendidikan. Oleh karena itu, Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Unsoed terus berupaya untuk meningkatkan kerjasama internasionalnya. Salah satunya dengan melakukan study visit ke Sirindhorn College of Public Health Yala, Thailand. Kunjungan ini dilaksanakan pada Tanggal 19-20 Desember 2019 ini dilakukan oleh 2 orang staff dosen dan 10 orang mahasiswa yang terseleksi untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pada kegiatan kunjungan tersebut, berbagai aktivitas dilakukan antara lain pengenalan masing-masing institusi kemudian diskusi tentang kegiatan kerjasama antara kedua belah pihak. Memorandum of Understanding (MOU) telah ditandatangani pada November tahun lalu, sehingga perlu ditindaklanjuti dengan pembahasan kegiatan-kegiatan ke depan yang akan dilakukan. Pada diskusi tersebut, disepakati beberapa kegiatan bersama seperti kolaborasi riset, pertukaran guest lecture setiap kali kunjungan antar institusi serta kunjungan ilmiah mahasiswa. Kesepakatan kerjasama untuk lima tahun depan ini diharapkan dapat membawa kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. Kegiatan lain yang dilakukan yakni kunjungan ke berbagai fasilitas kampus dan Bhum Thai Clinic serta beberapa department dimana mahasiswa dapat mengetahui fasilitas serta sistem pembelajaran yang ada di Sirindhorn College of Public Health, Yala.

Pada hari kedua dilakukan presentasi riset yang dilakukan oleh 2 staff dosen Jurusan Kesmas yakni Dr. Arih Diyaning Intiasari dengan judul “ Implementation of social health insurance in Indonesia” dan Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si., M.Kes.,Ph.D dengan topik “Epidemiology of Dengue Virus Transmission in Indonesia” serta juga presentasi riset dua dosen dari pihak Sirindhorn. Selain itu mahasiswa Jurusan Kesmas juga melakukan presentasi hasil inovasi di bidang kesehatan berupa aplikasi untuk pencegahan stunting serta e-KMS untuk posyandu lansia. Presentasi mahasiswa tersebut mendapat banyak perhatian dari pada dosen dan mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu juga terdapat presentasi poster yang menampilkan beberapa poster hasil penelitian dan inovasi mahasiswa. Di akhir kegiatan, dilakukan community visit pada beberapa institusi kesehatan masyarakat di Sirindhorn. Pada tahun ini, direncanakan akan dilakukan kunjungan balasan dari Sirindhorn College of Public Health, Yala ke Jurusan Kesmas Unsoed. Semoga kerjasama antara kedua belah pihak dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bersama. ***