Teliti tentang Jaminan Kesehatan Nasional Dosen Kesmas UNSOED Raih Best Policy Brief di Ajang Internasional

Peneliti Kebijakan Pembiayaan Kesehatan Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKes Universitas Jenderal Soedirman berhasil meraih Best Policy Brief and Best Poster Presentation on The 3rd Syah Kuala International Conference on Medicine and Health Sciences in Conjunction with The 2nd National Public Health Forum and The 1st Family Medicine Forum 2019 di Banda Aceh, 9-10 Oktober 2019.

Policy Brief yang ditulis oleh Dr. Arih Diyaning Intiasari, SKM, MPH ini berjudul : “Suing The Single Pooling System in Nasional Health Insurance : How is The Equity of Health Insurance Utility among Indonesian People?”dinilai mampu memberikan kritik solutif kepada stakeholder kebijakan Jaminan Kesetana Nasional saat ini.

Perjalanan 5 tahun pertama pelaksanaan JKN terekam apik melalui serangkaian peneltian terdahulu yang sudah beliau lakukan. Policy brief ini merupakan buah pemikiran dari beberapa kajian yang telah dilakukan sebelumnya. Keprihatinan terhadap defisit anggaran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia. JKN yang merupakan sistem asuransi kesehatan sosial terbesar di dunia saat ini adalah sebuah karya anak bangsa yang bertujuan mulia dalam pencapaian kesejahteraan warga negara Indonesia. Sehingga sudah selayaknya apabila saran dan rekomendasi membangun ditujukan sebagai kepedulian akademisi. Semoga raihan prestasi ini semakin menginpirasi seluruh civitas akademika untuk memperkaya output solutif dan aplikatif dalam capain riset riset yang dilakukan